Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan Lama

#7 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan Lama

Posted on 46 views

Ada beberapa tipe wajah manusia. Tipe wajah ada yang memiliki kulit kombinasi, kulit kering, dan kulit berminyak.

Tipe terakhir menjadi yang paling menantang karena membutuhkan perawatan ekstra terutama jika menggunakan make up. Memiliki kulit berminyak sangatlah menyusahkan, karena itu simak tips merawat kulit berminyak agar makeup tahan lama ketika digunakan sepanjang hari.

Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan Lama

1. Menggunakan Foundation Matte

Beberapa foundation memiliki finishing yang berbeda-beda. Ada yang memiliki finishing dewy yang berkilauan glowing, ada yanh menghasilkan finishing demi matte yang setengah lembab, dan ada yang memiliki finishing matte yang tidak berminyak.

Wajah yang berminyak cocok menggunakan foundation matte untuk menahan minyak pada wajah dan membuat make up menjadi tahan lama.

2. Menggunakan Loose Powder

Tips lainnya agar makeup bisa tahan lama pada wajah yang berminyak adalah dengan menggunakan loose powder. Loose powder memiliki tekstur yang lebih kering dibandingkan dengan compact powder sehingga bisa menempel lebih sempurna pada kulit wajah yang berminyak.

Selain itu loose powder juga bisa menyerap keringat berlebih di wajah.

3. Menggunakan Toner Wajah Berminyak

Sebelum mengaplikasikan makeup, gunakan toner khusus untuk wajah berminyak. Kegunaan toner adalah untuk menyeimbangkan pH wajah dan juga meratakan warna kulit sebelum menggunakan makeup.

Toner wajah berminyak dan anti jerawat juga bisa membantu mencegah penyumbatan pori-pori karena penggunaan makeup seperti foundation dan concealer yang teksturnya cukup padat.

4. Memakai Lipstik Matte

Wajah berminyak biasanya akan menghasilkan oksidasi dan kilauan pada wajah. Lipstik dengan finishing glossy hanya akan membuat wajah terlihat semakin berminyak.

Lipstik dengan finishing matte bisa membantu menyamarkan makeup yang berkilau pada wajah yang berminyak. Warna-warna yang kalem dan nude juga bisa membantu agar wajah terlihat lebih cerah dan segar.

Gunakan lip balm berwarna netral beberapa menit sebelum memakai lipstik matte agar bibir tidak kering.

5. Menggunakan Setting Spray

Setting spray sangat diperlukan dalam penggunaan makeup agar makeup bisa tahan lama seharian. Setting spray ada yang berbentuk air dan ada juga yang memiliki finishing matte pada wajah.

Setting spray digunakan setelah selesai mengaplikasikan makeup dengan menyemprotkannya ke seluruh wajah.

Gunakan setting spray dengan jarak 10-15 cm dari wajah dan semprotkan 1-2 kali agar makeup bisa tahan lama di kulit wajah yang berminyak. Penggunaan setting spray biasanya bisa membuat makeup tahan 6 hingga 8 jam tanpa touchup tambahan.

6. Menggunakan Tisu Minyak

Sebal dengan minyak yang banyak keluar setelah menggunakan makeup? Agar makeup tidak luntur maka jangan menggunakan tisu biasa. Gunakan tisu minyak untuk menyerap minyak pada wajah dan mempertahankan makeup.

Berbeda dengan tisu biasa, tisu minyak bisa menyerap minyak dan tidak mengangkat makeup yang sudah diaplikasikan di wajah.

7. Tidak Menggunakan Suncreen yang Memicu Kulit Berminyak

Beberapa produk suncreen menghasilkan white cast dan membuat kulit wajah terlihat lebih berminyak dari biasanya. Hal ini tentunya sangat tidak bagus bagi wajah yang memang memiliki tipe mudah berminyak.

Oleh karena itu gunakan sunscreen yang memang sudah terbukti tidak menghasilkan minyak dan juga white cast pada wajah.

Suncreen yang hanya melindungi wajah dari sinar UV sudah cukup dibanding harus menggunakan suncreen dengan fungsi lain yang justru dapat merusak makeup pada wajah dan membuatnya tidak tahan lama.

Itulah tips merawat kulit berminyak agar makeup tahan lama di wajah dan menghasilkan finishing yang lebih matte dan segar tanpa perlu khawatir minyak berlebih pada wajah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *