Tidak Perlu Panik, Lakukan Hal Ini Jika Terkena Siraman Air Keras

Tidak Perlu Panik Lakukan Hal Ini Jika Terkena Siraman Air Keras

Tidak Perlu Panik, Lakukan Hal Ini Jika Terkena Siraman Air Keras – Masih ingat peristiwa kasus penyiraman air keras yang dialami oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan. Meski kasus ini sampai sekarang belum tuntas siapa pelakunya, namun tetap menjadi bahan perbincangan yang menarik untuk disimak.

Hal yang bisa kita petik hikmah dari peristiwa menyedihkan itu adalah soal siraman air keras ke bagian tubuh.

Tentu saja korban yang terkena siraman air keras mengalami pembengkakan kulit dan melepuh. Bahkan jika terlambat dalam menanganinya, bisa-bisa tingal tulang saja, alias kulit daging lenyap dari tubuh.

Sekilas Air Keras

Air keras adalah bahan kimia berupa cairan asam klorida. Cairan ini tergolong berbahaya jika mengenai tubuh karena sifatnya korosif. Keluhan yang timbul saat terkena air keras adalah gatal-gatal, luka bakar, radang, jaringan bengkak hingga melepuh hitam.

Jika air keras ini masuk ke aliran darah, maka yang terkadi adalah kerusakan pada organ vital. Penanganan medis sangat diperlukan untuk mengatasi gejala yang timbul setelah terkena siraman air keras ini.

Hal yang wajar Jika Terkena Siraman Air Keras tersebut merasa panik diri dan orang-orang sekitar. Tentu saja hal ini bukanlah solusi yang baik, justru malah menambah masalah baru bagi si korban.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda atau orang di sekitar anda terkena siraman air keras. Apa saja yang sebaiknya dilakukan segera. Mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Lepas Bagian yang Terkena

Jika siraman air keras tersebut mengenai baju, maka segera lepas. Agar tidak terjadi kontaminasi lebih lanjut dengan cairan kimia yang menempel.

Demikian halnya jika terkena pada bagian celana, topi, tas dan sebagainya, karena bahan-bahan yang menempel kebagian tubuh kita tersebut jika terkena air keras juga dapat mengalami reaksi yang tidak segera dilepas dari tubuh reaksinya dapat mengenai tubuh kita..

  1. Hapus Jejak

Segera hapus jejak area kulit yang terkena siraman air keras dengan cara membasuhnya menggunakan air yang mengalir deras dan bervolume besar. Semprotkan secara merata di bagian yang terkena air keras selama setengah jam untuk menetralisir dan melarutkan cairan kimia tersebut.

  1. Hubungi Dokter Terdekat

Jika terjadi keluhan lebih lanjut seperti sesak nafas, pusing, nyeri dada dan gejala keluhan lainnya, segeralah menghubungi dokter terdekat. Jangan tunda waktu agar penanganan yang tepat dan cepat dapat  segera dapat dilakukan oleh tim medis.

Demikianlah tadi pembahasan kita kali ini mengenai hal -hal yang harus kitahui saat terjadi accident dengan air keras.

Kesimpulannya, sebisa mungkin sebaiknya kendalikan diri anda agar tetap tenang dan tidak panik adalah hal utama yang harus dilakukan Jika Terkena Siraman Air Keras. Jika sudah tenang, segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat sebagai bagian dari penanganan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *