Tenggorokan Panas, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya! 

Tampil Cantik Dengan Rambut Pendek Anda
Tampil Cantik Dengan Rambut Pendek Anda
November 30, 2019
Awas 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek
Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek
Desember 3, 2019
Show all

Tenggorokan Panas, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya! 

Tenggorokan Panas, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tenggorokan Panas, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya! – Tenggorokan panas mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang.  Karena biasanya dapat sembuh dengan sendirinya.

Akan tetapi ada juga yang merasa terganggu dengan keadaan panas didalam tenggorokan mereka. Saya sendiri juga baru saja mengalami panas dalam tenggorokan yang rasa nya seperti terbakar.

Dan rasa itu terjadi disaat saya sedang sibuk bekerja sehingga membuat saya tidak focus dan tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya. Mungkin anda pernah mengalami atau sedang mengalami kejadian seperti saya.

Jangan kuatir karena disini saya akan membagikan secara lengkap tentang Penyebab Tenggorokan Panas Dan Cara Mengatasinya.

Rasa panas didalam tenggorokan bermacam macam. Ada yang panasnya menjalar sampai ke dada, ada yang cuma panas di leher, bahkan ada pula yang disertai batuk, suara serak dan mual.

Maka dari itu wajib kita ketahui apakah rasa panas di tenggorokan yang sedang dialami itu hal wajar ataukah tanda tanda sebuah penyakit.

Alangkah baiknya bila kita mengobatinya dengan cara yang tepat dan sebaiknya kita juga mengetahui penyebab tenggorokan panas agar dapat menghindari terjadinya panas dalam.

Penyebab Tenggorokan Panas.

  1. Tenggorokan panas karena Radang.

Radang tenggorokan sebagai salah satu penyebab tenggorokan panas. Hal yang sering dianggap sepele ini sebenarnya sangat mengganggu dan menyiksa san penderitanya.

Bahkan banyak yang sampai serak, sakit dan susah untuk berbicara karena radang tenggorokan yang mendekati pita suara. Penyakit ini bisa di alami oleh siapa saja dan di semua umur.

  1. Dehidrasi.

Penyebab panas pada tenggorokan yang kedua adalah Deidrasi. Deidrasi adalah kondisi saat tubuh kekurangan cairan. Air sangat penting untuk tubuh kita. Banyak manfaat dan fungsi air bagi tubuh kita. Rasanya mustahil bila kita hidup tanpa air.

Dan tentu saja kekurangan cairan dapat menyebabkan tenggorokan kering  dan panas. Menurut pengamatan Institute of medicine pria dewasa pada umumnya meminum 3 liter air dalam sehari dan untuk wanita dewasa sekitar 2,2 liter dalam sehari.

Tapi hal itu tidak dapat dipastikan karena semakin banyak tubuh mengeluarkan cairan semakin banyak pula air yang dibutuhkan tubuh.

  1. Radang Amandel.

Amandel adalah salah satu system kekebalan tubuh yang menjaga tubuh dari infeksi kususnya dibagian tenggorokan. Amandel terletak di bagian sisi kiri dan kanan bagian belakang rongga mulut. Sedangkan radang amandel adalah peradangan pada amandel yang mengakibatkan amandel membengkak.

Selain menyebabkan tenggorokan panas, radang amandel biasanya di ikuti oleh demam dan gangguan pita suara. Amandel disebabkan karena seringnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, terlalu pedas dan panas.

  1. Asam lambung atau GERD (Gastro Esophageal Refluk Disease).

Asam lambung adalah hal yang umum dan pernah dialami banyak orang. Asam lambung atau GERD ini adalah gangguan yang terjadi di lambung karena meningkatnya asam lambung.

Asam lambung yang berfungsi untuk mengurai makanan ini dapat naik hingga ke tenggorokan dan menyebabkan rasa panas di tenggorokan.

Biasanya hal ini disebabkan oleh banyak factor misalkan strees, obesitas, makanan, dan masih banyak lagi. Gejala yang ditimbulkan adalah rasa panas sperti terbakar di dada dan leher, mual, muntah, sering sendawa

  1. Kanker kelenjar ludah.

Sakit dan panas pada tenggorokan bisa jadi gejala kanker kelenjar ludah. Jenis kanker yang satu ini memang kurang akrab ditelinga kita. Akan tetapi penyakit kanker kelenjar ludah ini sama berbahayanya dengan kanker lainnya dan tidak bisa diremehkan.

Kelenjar ludah yang bertugas memproduksi ludah yang membuat makanan dan minuman jadi gampang ditelan. Apabila terjadi gangguan pada kelenjar ini, bisa mengakibatkan susah menelan dan akhirnya terjadi gesekan yang menyebabkan iritasi. Pada akhirnya akan timbul rasa sakit dan panas di tenggorokan.

Pencegahan Tenggorokan Panas.

  • Makan dengan teratur sesuai jam makan. Karena bila telat makan bisa menyebabkan naiknya asam lambung dan menyebabkan panas tenggorokan atau gangguan lambung lainnya.
  • Pilihlah makanan yang tepat. Jangan terlalu sering makan makanan pedas dan terlalu panas. Karena hal itu berpotensi menyebabkan tenggorokan panas.
  • Sering berolah raga juga dapat menurunkan resiko terkena panas dalam atau tenggorokan panas.
  • Strees dapat menimbulkan gangguan pada tubuh dan bisa menimbulkan banyak penyakit. Dan strees juga bisa meningkatkan asam lambung dan membuat tenggorokan panas.

Mengobati Panas Pada Tenggorokan Secara Alami.

  1. Berkumur menggunakan garam.

Garam dapat berfungsi untuk membunuh bakteri yang berada di tenggorokan. Caranya cukup gampang, campurkan garam dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

  1. Teh Jahe.

Teh jahe merupakan minuman yang menyehatkan dan enak  Jahe dapat menghilangkan panas dalam atau tenggorokan panas karena kasiat jahe dengan ekspektorannya yang mampu melegakan tenggorokan dan hangat di perut.

  1. Madu Alami dan Melon.

Madu dipercaya memilik banyak manfaat bagi tubuh. Dan madu dan lemon juga dapat menyembuhkan rasa gatal, panas dan sakit pada tenggorokan.

Itulah beberapa hal mengenai Penyebab Tenggorokan Panas Dan Cara Mengatasinya. Pesan terakhir, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Salam sehat selalu, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *