sejarah sepak bola

Asal mula sepak bola yang saat ini menjadi olah raga yang banyak penggemarnya [Sejarah Lengkapnya]

Posted on 81 views

Sebelum menjadi salah satu olahraga paling diminati di dunia, terdapat sejarah sepak bola yang sangat panjang dari masa ke masa. Bahkan meskipun tidak ada catatan resmi mengenai kapan pertama kali sepak bola ditemukan, namun terdapat bukti bahwa olahraga ini sudah ada sejak jaman Romawi kuno.

Sejarah sepak bola
sumber gambar : wikimedia.org

Saat ini, pemain maupun pendukung olahraga sepak bola sudah tersebar di seluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Dari mulai anak – anak, orang dewasa, hingga orang tua suka menyaksikan pertandingan dari tim favorit mereka. Apalagi di masa pandemi ini, menyaksikan sepak bola menjadi salah satu hiburan yang bisa Anda nikmat dari rumah.

Dan kini sepak bola tidak hanya dimainkan oleh laki – laki saja. Terdapat pula pertandingan sepak bola khusus untuk wanita dengan aturan yang sedikit berbeda.

Pengertian Sepak Bola

Sesuai dengan namanya yaitu “Sepak” dan “Bola”, sepak bola adalah sebuah olahraga yang dimainkan dengan cara menendang sebuah bola dari karet maupun dari bahan lainnya. Pada umumnya, sepak bola dimainkan oleh 22 orang yang dibagi menjadi 2 tim atau kelompok.

Kedua tim harus bertanding dalam memasukan bola ke gawang milik tim lawan untuk mendapatkan atau score. Tim dengan poin paling banyak lah yang memenangkan pertandingan.

Terdapat perbedaan dalam penyebutan sepak bola menggunakan Bahasa Inggris. Sebab di Amerika Serikat, kata “Football” artinya permainan “American Football” sedangkan sepak bola adalah “Soccer”. Negara di luar Amerika Serikat menyebut sepak bola dengan nama “Football”

 

Sejarah Sepak Bola Kuno

Pada jaman dulu, tepatnya sebelum abad pertengahan. kata “foot ball” atau sepak bola bisa diartikan sebagai banyak jenis permainan. Salah satunya adalah rugby, handball dan sepak bola modern itu sendiri.

sepak bola jaman romawi
sumber gambar:rogueclassicismus.files.wordpress.com

Negara dan daerah yang berbeda juga memainkan sepak bola dengan cara yang berbeda pula. Meskipun begitu, semuanya menggunakan cara yang secara umum sama, yaitu memainkan bola dengan salah satu anggota tubuh dan secara berkelompok.

 

Sepak Bola Pertama di Jaman Yunani Kuno dan Romawi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, permainan menggunakan bola ini pertama kali dikenal di jaman Romawi dan Yunani kuno. Beberapa dari Anda mungkin juga sudah tahu bila jaman tersebut melahirkan banyak olahraga hingga terciptalah nama olimpiade yang berasal dari kata Olympic.

Berdasarkan catatan sejarah, sepak bola yang dilakukan pada jaman Yunani kuno menggunakan banyak bola dan jumlah pemainnya tidak terbatas. Salah satu olahraga yang mengadaptasi sepak bola kuno asal Yunani ini adalah Harpastum.

Selain itu, sepak bola jaman Yunani dan Romawi ini juga memiliki banyak versi. Salah satunya menyebutkan bahwa permainan ini diberi nama Episkyros atau “ἐπίσκυρος”, permainan sepak bola yang dilakukan secara berkelompok dengan jumlah pemain 12 hingga 14 orang.

Salah satu jejak dari sejarah sepak bola di jaman Romawi ditulis oleh Marcus Tullius Cicero. Di tahun 106 – 43 sebelum masehi, ia menulis bahwa pernah ada seorang pria yang terbunuh karena terpotong ketika bola yang ditendang mengenai tukang cukur.

sepak bola kuno
sumber gambar : sepak bola kuno

Episkyros kemudian berkembang dan menyebar ke belahan dunia lain dengan model permainan dan aturan yang dimodifikasi sesuai daerahnya.

 

Sepak Bola di Tiongkok & Jepang

Dari Romawi, berkembanglah permainan olahraga bernama Cuju atau 蹴鞠 yang ditemukan di kerajaan Tiongkok jaman dulu. Cuju dimainkan dengan cara berkelompok dimana masing – masing tim harus menendang bola ke sebuah jaring yang terbuka.

Berdasarkan catatan sejarah, Cuju sudah dimainkan sejak jaman Dinasty Han dan Dinasty Qin. Oleh karena itu, FIFA mengakui permainan ini sebagai bentuk paling awal permainan sepak bola modern.

Sedangkan di Jepang, terdapat olahraga yang bentuknya juga serupa. Olahraga ini disebut Kemari dan dimainkan sejak periode Asuka. Kemari dimainkan oleh para bangsawan dan kaum imperial di Kyoto. Namun tata cara bermain Kemari ini agak berbeda.

sepak bola di cina dan jepang
sumber gambar : alexanderseamon.files.wordpress.com

 

Meskipun sama – sama dimainkan dengan cara menendang bola, namun di Kemari para pemain yang berpartisipasi harus berdiri secara melingkar. Kemudian para pemain akan menendang bola ke arah satu sama lain dan bola tidak boleh menyentuh tanah. Olahraga Kemari di era modern dikembangkan menjadi Keepie Uppie.

 

Sepak Bola di Amerika

Sejarah sepak bola di Amerika memiliki banyak versi yang berbeda – beda. Sebab terdapat beberapa permainan tradisional menggunakan bola yang dianggap mengadaptasi permainan Episkyros maupun Cuju.

Salah satunya pada tahun 1586, dimana seorang pelaut bernama John Davis berlayar dan menjelajahi lautan untuk bermain sepak bola bersama suku Eskimo atau Inuit di Greenland. Penduduk Eskimo menyebut permainan tersebut sebagai Aqsaqtuk, dimana kedua tim berhadapan dengan posisi parallel dan saling memasukan bola ke gawang lawan.

Kemudian di tahun 1610, seorang colonist asal Jamestown, Virginia bernama William Strachey juga melihat permainan menggunakan bola yang dimainkan di Australia. Penduduk lokal menyebut permainan ini dengan nama “Pahsaheman”.

“Pahsaheman” kemudian dikembangkan menjadi Marn Grook, olahraga mirip sepak bola yang dimainkan oleh suku Aborigin di Australia.

sepak bola di amerika
sumber gambar : stillmed.olympic.org

Marn Grook ini juga disebukan oleh Richard Thomas pada tahun 1841 dalam buku berjudul “The Aborigines of Victoria” karya Robert Brough-Smyth. Ia mengatakan bahwa terdapat suku Aborigin yang bermain bola dari kulit possum yang dilempar ke arah pemain lain.

Beberapa sejarawan berpendapat bahwa Marn Grook ini menjadi bentuk awal dari permainan Australian Football yang masih dimainkan hingga saat ini.

 

Kemudian terdapat catatan lain yang mengatakan bahwa penduduk Selandia Baru juga memiliki permainan tradisional serupa dengan nama “Ki-o-rahi”. Permainain ini dimainkan oleh suku Maori, penduduk asli Selandia Baru.

 

Suku Maori memainkan Ki-o-rahi dengan cara membuat lapangan dengan bentuk bulat. Kemudian akan ada 7 orang pemain yang menendang bola ke target tertentu atau disebut “pou”. Tiap pemain yang bisa mengenai pou akan mendapat poin.

 

Sepak Bola di Kerajaan Turki

Meskipun tidak banyak jejak dan bukti permainan sepak bola, namun ada satu catatan yang cukup kuat mengenai olahraga ini dalam masyarakat Turki dan Asia Tengah. Catatan ini ditulis oleh Mahmud al-Kashgari dalam buku berjudul “Dīwān Lughāt al-Turk”.

sepak bola turki
sumber gambar : encrypted-tbn0.gstatic.com

Dalam bukunya, Mahmud al Kashgari menceritakan mengenai permainan tradisioinal “Tepuk” yang dilakukan oleh masyarkat Turki. dalam permainan ini, orang – orang akan menyerang kerajaan lain dengan cara menendang bola yang dibuat dari kulit domba.

 

Sejarah Sepak Bola di Abad Pertengahan

Memasuki awal abad pertengahan, sepak bola memiliki makin banyak bentuk dan cara permainan yang berbeda – beda. Salah satu yang paling berpengaruh dalam sepak bola modern adalah yang dimainkan di Eropa dan Inggris. Meskipun pada masa itu, sepak bola sempat dilarang dan digolongkan sebagai tindak kriminal.

 

Sepak Bola di Awal Abad 12

Awal abad 12 bisa dibilang sebagai salah satu masa awal dari sepak bola modern. Walapun pada masa ini, sepak bola belum memiliki aturan yang tetap seperti sekarang.

 

Dilaksanakannya Kejuaraan Shrovetide Football

Shrovetide Football bisa dibilang merupakan kejuaraan atau perlombaan sepak bola pertama di dunia yang digelar di Inggris. Tercatat dalam Historia Brittonum atau The History of Britons, Shrovetide Football ini dilaksanakan sejak tahun 1154’an, tepatnya sejak pemerintah Raja Henry II yang menjabat hingga tahun 1589.

Shrovetide Football
sumber gambar:birminghammail.co.uk

Kejuaraan Royal Shrovetide Football dilaksanakan untuk memperingati hari Shrove Tuesday dan Ash Wednesday di Ashbourne, Derbyshire.

 

Jenis sepak bola yang dimainkan di Shrovetide Football mengadaptasi dari permainain tradisional di Utara Perancis dengan nama La Soule atau Choule. Dimana dalam permainain tersebut, pemain bisa merebut bola menggunakan tangan, kaki, badan, dan tongkat kayu.

 

Penggambaran Sepak Bola di Inggris Oleh William FitzStephen

Salah satu orang yang bisa membuat bukti peninggalan mengenai sejarah sepak bola yang paling jelas adalah William FitzStephen. Dalam catatannya yang ditulis di tahun 1174 hingga 1183, William FitzStephen menjelaskan tentang bagaimana masyarakat Inggris berpartisipasi dan bermain sepak bola dalam Shorve Tuesday.

 

Ia menuliskan bahwa di siang hari setelah jam makan siang, orang – orang membawa bola ke dalam lapangan untuk bertanding. Anak – anak dan murid sekolah membawa bola mereka masing – masing. Begitu pula dengan para pekerja dan orang yang bekerja dalam proyek pembangunan kota.

Penggambaran Sepak Bola di Inggris Oleh William FitzStephen
sumber gambar : slideplayer.com

Sedangkan para bapak dan orang tua menunggangi kuda untuk menyemangati anak muda yang bertanding.

 

Meskipun begitu, kalimat yang digunakan oleh Wiliam FitzStephen adalah “Playing at ball” atau bermain bola. Sehingga tidak ada kalimat spesifik yang menjelaskan bahwa masyarakat Inggris pada masa tersebut bermain bola dengan cara disepak atau ditendang.

 

Pelarangan Sepak Bola Oleh Raja – Raja di Eropa di Akhir Abad 12

Meskipun digemari banyak orang, namun sepak bola pernah sempat dicekal oleh raja – raja di Inggris. Sebab hingga tahun 1300, para pemain sepak bola bermain dengan brutal hingga mencelakakan banyak orang. Di Tahun 1300’an, Sepak Bola Dimainkan Tanpa Aturan Yang Jelan dan Mencelakakan Banyak Pemain

 

Memasuki tahun 1300’an, sepak bola menjadi olahraga yang sangat populer dikalangan para pria. Namun seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tidak ada aturan yang jelas dalam permainan tersebut. Sehingga banyak pemain maupun penonton yang terluka bahkan hingga meninggal.

 

Salah satu kasusnya terjadi dalam Shrovetide Football, dimana pada masa itu bola yang digunakan lebih keras dibandingkan bola saat ini. Pada bergelaran kerjuaraan tersebut, salah satu pemain menendang bola yang mengenai kepala penonton hingga mengalami cedera parah.

 

Kasus ini kemudian diperpanjang hingga pemain tersebut mendapatkan hukuman mati atau eksekusi mati.

 

Hal yang serupa juga terjadi pada tahun 1308 di Irlandia. Dimana pada masa itu salah satu penonton bernama John McCrocan dihukum karena tanpa sengaja menusuk salah satu pemain bernama William Bernard di Newcastle, County Down.

 

Pelarangan Sepak Bola Oleh Nicholas de Farndone di Tahun 1314

Dengan banyaknya kasus kecelakaan maupun kekerasan akibat sepak bola di London, pemerintah saat itu yang dipimpin oleh Nicholas de Farndome secara resmi melarang segala permainan bola yang diadaptasi dari Perancis layaknya Shrovetide Football.

 

Dalam salah satu kutipan sejarah, Nicholas de Farndone mengeluarkan aturan yang melarang sepak bola karena kerusuhan yang banyak terjadi atas nama raja dan atas nama Tuhan. Nicholas de Farndone juga melanjutkan tentang pelarangan olahraga ini dengan menangkap dan memenjarakan semua orang yang masih melanggar.

 

Pelarangan Sepak Bola oleh Raja Edward III di Inggris pada Tahun 1363

Hal yang sama juga dilanjutkan hingga pemerintahan Edward III di London pada tahun 1363. Namun kali ini alasan dibalik pelarangan sepak bola di London sedikit berbeda.

 

Pemerintah dan masyarakat menganggap sepak bola sebagai penghalang para pria ketika ingin berlatih memanah. Sebab pada tahun tersebut, semua orang, khususnya pria, wajib bisa memanah untuk sebagai pertahanan negara.

 

Ketika sepak bola populer di tahun 1300’an, para penduduk kota London menjadi lebih jarang berlatih memanah dan lebih memilih sepak bola. Sehingga raja Edward III dan Edward IV melakukan pelarangan terhadap segala jenis permainan yang menggunakan bola. Termasuk hookey, voli, bola tangan, dan lain – lain.

 

Pelarangan Sepak Bola oleh Raja Skotlandia pada Tahun 1424

Di Skotlandia, pelarangan sepak bola baru dilakukan pada tahun 1424 oleh Raja James 1 dari Skotlandia. Salah satu bukti peninggalan akan kejadian ini tercatat dalam dalam buku Football Act of 1424 yang dibuat oleh raja yang menjabat pada masa itu.

 

Salah satu kutipan yang paling jelas dalam Football Act of 1424 tentang pelarangan sepak bola adalah “Na man play at the fut ball” yang artinya tidak ada orang yang bermain sepak bola.

 

Aturan ini kemudian juga diperpanjang pada tahun 1457 yang melarang sepak bola dan golf secara bersamaan.

 

Dokumentasi Tentang Istilah – Istilah Dalam Sepak Bola

Memasuki abad ke 15 dan 16, sepak bola masih dimainkan di kota – kota tertentu. Bahkan meskipun dilarang, terdapat beberapa kelompok masyarakat yang memainkan olahraga ini secara sembunyi – sembunyi. Bahkan di masa inilah tercipta banyak istilah dalam sepak bola yang Anda gunakan sekarang.

 

Di tahun 1636, Muncul Istilah – Istilah Dalam Sepak Bola. Berdasarkan catatan sejarah, adanya istilah – istilah dalam sepak bola dimulai di kota Aberdeen, Skotlandia tahun 1636 (Dalam catatan lain dari tahun 1633). Pada masa itu, ketika pemerintah sudah melarang sepak bola, masih banyak anak sekolah yang memainkan olahraga ini.

 

Pada masa itu, para pemain menggunakan kata “huc percute” atau “repercute pilam” yang artinya oper atau “pass” ke arah sini. Dalam Bahasa Inggris, “huc percute” diartikan sebagai “Strike it here” dan “repercute pilam” diartikan sebagai “Strike the ball again”.

 

Penggunaan Kata “Dribbling” di Awal Abad 15

Penggunaan kata “dribbling” atau menggiring bola juga ditemukan pada abad ke 15. Meskipun untuk kata yang satu ini, belum ada catatan sejarah yang menjelaskan tahun berapa kata “drippling pertama kali digunakan.

 

Namun “dribbling” pertama kali ditemukan di catatan Latin di Caunton, Nottinghamshire yang mencantumkan kata “kicking game” dalam mendeskripsikan “dribbling”.

 

Dalam kutipan lengkapnya, “dribbling” dijelaskan sebagai cara seorang pria atau pelaku olahraga dalam bermain di lapangan menggunakan bola namun bukan dengan cara dilempar. Melainkan dengan cara ditaruh di tanah dan ditendang berulang – ulang ke arah lawan.

 

Catatan yang sama juga menjelaskan sedikit mengenai lapangan sepak bola pada masa itu. Catatan tersebut menjelaskan bahwa ada tanda atau garis di lapangan sebelum pertandingan dimulai.

 

Munculnya istilah “Goal” di tahun 1584 dan 1602

Kata “Goal” juga diperkenalkan pada tahun 1584 dari catatan  John Norden, seorang pembuat peta Inggris, serta pada tahun 1602 oleh Richard Crew.

 

Richard Crew menyebut kata “Goal” pada permainan Cornish hurling yang kemudian diadaptasi ke dalam permainan sepak bola. Ia juga menciptakan kata “goalkeeper” atau penjaga gawang.

 

Kembali Dikembangkannya Olahraga Sepak Bola di Tahun 1800’an

Sejarah sepak bola berlanjut ke tahun 1800’an, dimana pada saat itu mulai banyak pelonggaran dalam aturan ketika ingin bermain sepak bola. Selain karena olahraga ini semakin populer, beberapa daerah juga sudah punya aturan lokal yang membuat jalannya pertandingan menjadi lebih damai.

 

Sepak Bola Pertama Digelar Secara Terbuka di Freemason Tavern tahun 1863

Setelah aturan yang keluar di tahun 1314, sepak bola kebanyakan dimainkan dengan cara sembunyi – sembunyi. Hingga akhirnya pada tahun 1863, digelar kembali kejuaraan sepak bola lokal secara terbuka di Freemason Tavern, Great Queen Street, London.

 

Dalam pertandingan tersebut, banyak kota kecil di London dan sekitarnya yang ikut berpartisipasi. Kejuaraan ini juga menjadi awal dibentuknya Football Association yang menjadi cikal bakal organisasi FIFA.

 

Di Awal Abad 19, Sepak Bola Diadakan di Sekolah Untuk Melatih Sisi Kompetitif Pemuda

Memasuki awal abas ke 19, sepak bola justru mulai dianjurkan dan banyak diterapkan di sekolah – sekolah. Salah satunya adalah di Cambridge dan Uppingham School.

 

Hal ini dilakukan demi melatih sisi kompetitif anak – anak dan pemuda khususnya yang laki – laki. Kebanyakan sekolah juga menerapkan aturan sendiri yang berbeda dengan sekolah lainnya.

 

pertandingan yang digelar hanya boleh diikuti oleh murid sekolah tersebut dan warga lokal di sekitarnya saja.

 

Sepak Bola Dibawa oleh Nelayan dan Tentara pada tahun 1800’an

Sepanjang tahun 1800, sepak bola dipopulerkan oleh nelayan dan tentara dari Inggris ke berbagai belahan negara lainnya. Termasuk pula ke Belanda, Asia, dan Indonesia.

 

Dalam beberapa catatan, terdapat nelayan dan pelaut yang rela berlayar ke daerah tertentu untuk bermain bola bersama suku setempat. Sedangkan para tentara umumnya bermain bola di waktu – waktu santai mereka. Sehingga para warga lokal setempat banyak yang bergabung dan bermain bersama.

 

Pedagang dan saudagar juga menjadi salah satu kelompok yang menyebarkan sepak bola dari Inggris ke negara lain. Sebab dimasa itu, Inggris menjadi salah satu jalur pusat perdagangan dari berbagai negara.

 

Sejarah Sepak Bola Modern

Titik evolusi sepak bola modern dimulai pada tahun 1863, dimana pada saat tersebut mulai diterapkan aturan baku untuk permainan sepak bola di seluruh Inggris yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

sepak bola modern
sumber gambar : amazonaws.com

Karena sebelumnya, sepak bola masih dimainkan berdasarkan aturan lokal di sekolah atau universitas masing – masing.

 

Aturan Sepak Bola Berdasarkan Cambridge

Salah satu universitas yang memiliki aturan sepak bola sendiri adalah University of Cambridge di London. Bisa dibilang, universitas ini juga lah yang mempopulerkan sepak bola hingga diperbolehkan kembali untuk dimainkan ketika memasuki abad ke 19.

 

Aturan sepakbola ala Cambridge atau yang disebut Cambridge Rules juga mengalami banyak perubahan. Namun salah satu yang paling berpengaruh dalam aturan sepak bola modern adalah Cambirdge Rules of 1863.

 

Dimana pada tahun tersebut, mulai diperjelas akan larangan memegang bola menggunakan tangan. Hal ini juga menjadi pembeda antara American Football atau rugby dengan sepak bola biasa.

 

Aturan Sepak Bola Berdasarkan Sheffield

Berikutnya ada aturan sepak bola ala Sheffield yang dibuat dari tahun 1858. Namun Sheffield bukan sebuah universitas maupun sekolahan, melainkan sebuah kelompok atau organisasi yang memang dibuat khususu untk mengatur sepak bola lokal.

 

Bahkan bisa dibilang, Sheffield merupakan asosiasi sepak bola pertama di dunia yang hingga kini menjadi nama klub sepak bola yang juga terkenal dan bermain di liga Inggris.

 

Sheffield masih menggunakan aturan sepak bola lokal yang mereka tetapkan hingga tahun 1877. Meskipun di tahun 1863, sudah terbentuk asosiasi sepak bola di Inggris yang mana Sheffield Football Club juga menjadi bagian di dalamnya.

 

Aturan Sepak Bola Khusus di Australia

Meskipun tidak termasuk bagian dari Inggris, namun Australia juga terkenal akan sepak bolanya sendiri sejak tahun 1858. Sebab di tengah abad ke 19, sepak bola khas Australia juga menjadi salah satu olahraga yang populer di kalangan masyarakat khususnya anak muda.

 

Namun Australian Football punya aturan yang jauh berbeda dengan sepak bola di Inggris. Aturan yang digunakan di Australian Football justru lebih mirip dengan American Football atau rugby.

 

Sebab pemain boleh menggunakan tangan dan bola yang digunakan tidak berbentuk bulat, melainkan melonjong. Australian Football juga dimainkan dengan jumlah pemain yang lebih banyak, yaitu hingga 18 pemain per timnya.

 

Dibentuknya Footbal Association Pada Tahun 1860’an

Di tahun 1860’an, Inggris sudah mulai meanggap olahraga sepak bola sebagai sesuatu yang lebih serius. Oleh karena itu, dibentuknya Football Association atau FA yang hingga saat ini juga masih berdiri.

 

Asosiasi sepak bola ini dibentuk dalam mengatur semua jenis pertandingan dan aturan tertulis dalam permainan. Sehingga seluruh masyarakat Inggris bisa bermain sepak bola dalam satu aturan yang sama.

 

Terciptanya Aturan Tetap Sepak Bola Bedasarkan The Football Association

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, terbentuknya The Football Association dan ditetapkannya aturan baku mengenai sepak bola di Inggris terjadi pada 26 Oktober 1863 di Freemason Tavern’s.

 

Dalam pertemuan terbuka ini, terdapat lebih dari 10 asosiasi sepak bola lokal yang ikut bergabung dan mendiskusikan bersama mengenai aturan sepak bola universal. Sehingga hasil aturan yang keluar dan ditetapkan oleh Football Association adalah hasil gabungan dari berbagai asosiasi sepak bola lokal di Inggris.

 

Selain itu, ditetapkan pula penggunaan kata “Football” sebagai sebuat sepak bola di Inggris yang dimainkan menggunakan kaki. Sedangkan American Football disebut sebagai rugby atau cricket.

 

Terbentuknya FIFA di Tahun 1904

Setelah dibentuknya FA atau Football Association, perkembangan sepak bola di Inggris dan negara – negara sekitarnya menjadi semakin cepat. Hingga di tahun 1904, dibentuklah asosiasi sepak bola untuk seluruh dunia yaitu FIFA.

 

Pada awalnya, FIFA dibentuk dengan beranggotakan 4 negara yaitu Belanda, Belgia, Jerman dan Perancis sebagai pemimpinnya. Bahkan nama FIFA sendiri merupakan akronim dalam bahasa Perancis yaitu Fédération Internationale de Football Association.

 

Digelarnya Piala Dunia Sepak Bola Pertama di Tahun 1930

Setelah 26 tahun terbentuk, akhirnya FIFA mengadakan kejuaraan seluruh dunia pertamanya yaitu FIFA World Cup atau piala dunia. Pada masa itu, ada 13 negara yang ikut berkompetisi di dalam kejuaraan tersebut.

 

Mulai Banyak Dibuat Kejuaraan Sepak Bola

Memasuki tahun 1935 hingga 1950’an, mulai banyak kejuaraan sepak bola yang diadakan di berbagai negara. Salah satunya adalah piala FA Cup yang pada saat itu pertama kali disiarkan di televisi BBC di tahun 1938.

 

Kemudian 16 tahun kemudian UEFA dibentuk, tepatnya pada tahun 1954. AFC atau Asian Football Federation juga dibentuk pada tanggal 8 Mei di tahun yang sama.

 

Lalu di tahun 1958, piala dunia akhirnya bisa disiarkan di seluruh dunia dan membuat olahraga sepak bola menjadi semakin populer.

 

Demikianlah sejarah sepak bola sejak pertama kali ditemukan. Ternyata olahraga yang selama ini kita lakukan sudah mengalami banyak evolusi dari masa ke masa.

 

 

reference

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-sepak-bola.html
https://www.cryptowi.com/sejarah-sepak-bola/

https://www.kompasiana.com/totokl/55123bbf8133118254bc6263/sepakbola-sejarah-sepak-bola-indonesia

[collapse]

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *