Sejarah Komputer : Perkembangan dari Masa ke Masa [Lengkap]

Posted on 44 views

Meskipun komputer sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari, tidak banyak orang yang mengetahui sejarah komputer sejak pertama kali ditemukan. Anda mungkin termasuk salah satu orang yang pandai dalam mengoperasikan komputer namun tidak tahu bagaimana sejarahnya.

Memang komputer sudah dikembangkan sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Bahkan berdasarkan sejarah, konsep penggunaan komputer sederhana sudah digunakan sejak sebelum abad ke 20 di benua Eropa dan Tiongkok.

Dan pada saat itu bentuk komputer belum seperti yang anda gunakan saat ini. Ukuran komputer jaman dulu justru sangat besar dan bentuknya mirip lemari pakaian. Namun seiring perkembangan tekonologi, kini komputer menjadi semakin kecil bahkan ada yang ukurannya lebih kecil dari telapak tangan.

 

Daftar ISI

Sejarah Komputer Sejak Pertama Kali Digunakan

Meskipun tidak ada yang tahu kapan tahun pasti ditemukannya konsep komputer atau komputasi pertama kali, namun diperkirakan konsep dari komputer sederhana sudah digunakan sejak masa sebelum masehi.

Komputer Sederhana dari Masa Sebelum Masehi

Berdasarkan sejarah perkembangan komputer, konsep perhitungan yang digunakan dalam membuat komputer pertama kali sudah digunakan di Eropa dan Tiongkok sebelum tahun masehi. Jejak peninggalan yang paling kuat adalah penggunaan Abacus dan Suanpan.

Penggunaan Abacus di Eropa

Abacus merupakan alat yang mempermudah masyarakat Eropa jaman dulu dalam menghitung angka dengan nominal atau jumlah yang banyak. Seperti ribuan, puluh ribu, ratus ribu, hingga juta dan seterusnya.

Bentuk abacus ini mirip dengan sempoa yang banyak digunakan di Indonesia. Dan beberapa jenis abacus bisa dilengkapi dengan fungsi yang berbeda. Misalnya dalam menghitung angka desimal seperti 0,7 atau angka pecahan seperti 7/10.

Pengguaan abacus di Eropa juga terus dikembangkan dari masa ke masa. Salah satu yang paling berpengaruh ke dalam sejarah komputer adalah ketika digunakannya Binary Abacus, yang mana menjadi konsep komputasi komputer moden saat ini yang sedang kita gunakan.

Penggunaan Suanpan di Tiongkok dan Sekitar Asia

Suanpan juga memiliki konsep penggunaan dan bentuk yang mirip dengan Abacus. Perbedaanya adalah, asal mula abacus benar – benar tidak terlacak oleh sejarah, sedangkan suanpan pertama kali muncul dalam buku Eastern Han Dynasty pada tahun 190 masehi. Meskipun alat ini dipercaya sudah digunakan jauh sebelum buku tersebut ditulis.

saunfan

Konsep dari suanpan ini lebih mirip dengan sempoa yang digunakan di Indonesia. Karena terdapat sistem perhitungan dasar seperti pembagian, penjumlahan, perkalian dan pengurangan di dalamnya.

Meskipun bentuk dan konsep dasarnya sama, cara penggunaan abacus dan suanpan ini agak berbeda. Karena tiap biji dari suanpan tidak dihitung dalam kelipatan 10 seperti 10, 100, 1000, 10000, dan seterusnya. Melainkan kelipatan 5 seperti 5, 10, 15, 20, 25, dan seterusnya.

Penemuan Konsep Komputer Pertama di Akhir Abad 19

Dari tahun sebelum masehi, kita melompat ke awal abad 19 – 20’an. Dimana pada masa ini, konsep komputer dan komputasi modern pertama kali dikembangkan dalam bentuk yang lebih jelas.

Terciptanya Desain Mesin Komputasi Pertama oleh Charles Babbage

Konsep awal dari komputer pertama kali diciptakan oleh ilmuwan Polymath asal Inggris bernama Charles Babbage. Beliau kini dikenal sebagai Father of Computer atau Bapak Komputer di dunia.

komputer pertama

Meskipun ditemukan pada akhir abad 19, Charles Babbage baru bisa merealisasikan desain komputer pertamanya di awal abad 20. Atau tepatnya di tahun 1833.

Charles Babbage membuat desain mesin yang bisa menghitung angka secara automatis dengan program khusus. Dalam membuat mesin ini, Charles Babbage menggunakan konsep dasar dari perhitungan yang menggunakan Abacus dan Suanpan.

Proyek Gagal yang Memicu Ilmuwan Lain

Bisa dibilang, desain pertama yang dibuat oleh Charles Babbage gagal direalisasikan. Salah satu alasan utamanya adalah karena ia membuat semua komponen dari mesin komputasi tersebut menggunakan tangan secara manual. Sedangkan ada ratusan bahkan ribuan komponen berukuran kecil dan besar yang dibutuhkan.

Banyak orang berpendapat bahwa konsep yang dimiliki Charles Babbage ini melampaui kemampuan teknologi yang ada pada masa tersebut. Sebab meskipun dengan bantuan dari pemerintah British, ia masih belum bisa merealisasikan mesin penghitung automatisnya.

Tetapi meskipun gagal, konsep dari mesin komputasi yang dibuat oleh Charles Babbage ini berhasil memicu ilmuwan dan ahli matematika dalam membuat penelitian mengenai mesin komputasi mekanik.

 

Munculnya Generasi Komputer Analog Pertama di Akhir Abad 20

Perkembangan sejarah komputer berlanjut ke masa akhir abad 20, dimana pada saat tersebut Sir William Thompson menciptakan mesin komputer analog pertama di dunia.

komputer analog pertama

Sebelumnya, konsep mesin komputasi yang dibuat oleh Charles Babbage adalah berjenis mekanik atau mechanical computer. Dimana semua perangkatnya digunakan secara mekanik menggunakan tuas dan tombol, tanpa ada bantuan energi listrik.

 

Sedangkan konsep komputer analog yang ditemukan oleh Sir William Thompson menggunakan prinsip yang lebih modern dengan bantuan listrik dalam mengoperasikannya.

 

Komputer Analog Pertama Ciptaan Sir William Thompson untuk Memprediksi Ombak

Di tahun 1872, Sir Wiliam Thompson berhasil membuat trobosan baru yang mengganti mesin komputasi mekanik menjadi analog dengan desain yang baru. Mesin komputasi yang satu ini menggunakan bantuan energi listrik, cakram, dan roda dalam melakukan penghitungan.

 

Mesin komputasi analog pertama yang diciptakan oleh Sir Wiliam Thompson digunakan sebagai alat prediksi gelombang air laut atau ombak. Pada masa itu, mesin ini sangat membantu pelaut dan nelayan dalam menjelajahi lautan lepas.

 

Sir William Thompson, atau dikenal juga sebagai Lord Kelvin, terus mengembangkan mesin komputasinya. Ketika pertama kali dipamerkan di Inggris pada tahun 1873, mesin ini hanya bisa memprediksi 6 titik gelombang air laut. Kemudian dikembangkan menjadi 10 titik gelombang laut dan dipamerkan ke Paris Exhibition pada tahun 1878.

 

Hingga puncaknya, Lord Kelvin membuat mesin komputasi yang bisa memprediksi 24 titik gelombang air laut sebagai pesanan dari pemerintah India.

 

Puncak Pengembangan Komputer Analog yang Lebih Multifungsi

Sejak ditemukannya mesin komputasi buatan Sir William Thompson atau Lord Kelvin, makin banyak komputer – komputer yang dibuat oleh ilmuwan lain.

 

Misalnya pada tahun 1876, James Thomson membuat mesin komputasi analog modern pertama di dunia. Mesin komputer yang ia buat bisa digunakan untuk menghitung persamaan secara automatis. Ia juga masih menggunakan konsep yang sama dengan Sir William Thompson, yaitu dengan memanfaatkan energi listrik dan bantuan cakram serta roda.

komputer analog

Selain itu, H. W. Nieman juga berhasil menciptakan mesin komputasi analog yang digunakan dalam menyelesaikan masalah seputar torsi atau Torque Amplifiers pada tahun 1925. Dan puncak pengembangan komputer analog ini terjadi di tahun 1927.

 

Dimana  pada saat itu, H. L. Hazen dan Vannevar Bush berhasil membuat mesin komputasi yang lebih kompleks dan rumit. Mereka menggabungkan prinsip dan desain yang digunakan oleh James Thomson dalam memecahkan masalah seputar persamaan dan desain buatah H. W. Nieman untuk menyelesaikan masalah seputar Torque Amplifiers.

 

Hasilnya, komputer analog ini digunakan untuk berbagai kebutuhan hingga 1950, sebelum komputer analog tergantikan oleh komputer digital. Salah satu peran penting dari komputer ciptaan Hazen dan Bush ini adalah dalam mengatur Slide Rule dalam pesawat.

 

Konsep Dasar Komputer Sir William Thompson Berbeda dengan Ciptaan Charles Babbage

Meskipun Sir William Thompson mengadaptasi konsep dari Charles Babbage, namun ia memiliki sistem komputasi dan desain yang berbeda dengan apa yang diinginkan oleh Babbage.

 

Sejak awal, Charles Babbage ingin membuat programmable computer, artinya komputer dengan satu desain dan konsep yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal sesuai program yang dimasukan. Sedangkan Lord Kelvin membuat sistem komputasi yang berbanding terbalik.

 

Hampir semua komputer analog yang dibuat berdasarkan konsep dari Sir William Thompson dibuat tidak dalam bentuk programmable. Artinya satu jenis komputer hanya bisa digunakan untuk satu kegiatan pemecahan masalah. Sehingga penggunaannya lebih terbatas dan tida serbaguna.

 

Hal ini kemudian dikaji dan diteltiti ulang hingga akhirnya, generasi berikutnya dari dunia komputasi kembali menggunakan konsep yang diciptakan Charles Babbage.

 

Generasi Pertama Komputer Modern dari Tahun 1938

Meskipun hingga tahun 1950 komputer analog masih banyak digunakan, namun sudah banyak pula penelitian mengenai komputer modern atau digital. Konsep komputer bertipe digital inilah yang hingga sekarang masih kita gunakan.

 

Namun pada masa awal generasi pertama, komputer digital belum berbentuk seperti sekarang. Bahkan bisa dibilang bentuknya berbanding terbalik dengan apa yang kita gunakan saat ini. Salah satunya dari segi ukuran.

 

Electromechanical Komputer Pertama di Tahun 1938 oleh US Navy

Di tahun 1838, dimana tengah ada ketegangan politik yang memicu Perang Dunia II, sebuah komputer elektromekanik pertama berhasil dikembangkan dan digunakan oleh US Navy. Dibandingkan versi komputer analog temuan Lord Kelvin, komputer electromechanical ini berukuran lebih kecil dan tidak membutuhkan banyak daya.

 

Komputer elektromekanik milik US Navy diberi nama Torpedo Data Computer atau TDC. Meskipun bila dibandingkan dengan komputer modern saat ini, sudah pasti TDC punya ukuran 10 kali lebih besar.

 

Namun pada saat itu, ukuran TDC sudah dianggap kecil hingga bisa dimasukan ke dalam kapal selam milik tentara Amerika Serikat. Fungsi utama dari TDC adalah menyelesaikan masalah trigonometri dalam menembakan torpedo atau rudal di bawah air ke target bergerak.

 

Bahkan ketika Perang Dunia II tengah berlangsung pun, komputer dengan cara kerja yang mirip dengan TDC ini juga banyak digunakan untuk kebutuhan militer.

 

Penggunaan Tabung Vakum Raksasa dan Digital Electronic Circuit Sebagai Perangkat Keras

Komputer digital yang masih menggunakan sistem kerja elektormaknetik dinilai terlalu lambat dalam menyelesaikan tugas – tugas penting, apalagi yang berhubungan dengan kekuatan militer. Oleh karena itu, digantilah sistem elektromaknetik ini dengan tabung vakum dan digital electronic circuit.

 

Bila anda pernah melihat foto peninggalan sejarah komputer generasi pertama, mungkin anda tau bagian tabung besar tempat menyimpan berbagai macam kabel yang mengirimkan data dari tiap komponen.

 

Salah satu contoh komputer generasi pertama yang menggunakan tabung vakum raksasa sebagai tempat transmisi data adalah Z2, komputer yang dibuat oleh Konrad Zuse pada tahun 1939. Dibandingkan dengan komputer yang masih menggunakan sistem electromechanical, Z2 dinilai bisa bekerja dengan lebih cepat dalam melakukan kalkulasi.

 

Eniac, Komputer Elektronik yang Bisa Diprogram Pertama di Dunia

Meskipun sudah dianggap lebih cepat dalam melakukan kalkulasi, komputer Z2 buatah Zuse masih memiliki satu kekurangan yang sangat fatal. Yaitu besarnya tenaga yang dibutuhkan serta biaya komponen yang tidak sesuai dengan apa yang didapat.

 

Tercatat komputer Z2 ini membutuhkan tenaga hingga lebih dari 100 kilowatt untuk bisa menyalakan dan mengoperasikannya. Selain itu, biaya pembuatan yang dibutuhkan juga hingga lebih dari 1 juta dollar AS pada masa itu.

 

Oleh karena itu di tahun 1942 dan 1943, dibuatlah 2 komputer bernama Atanasoff–Berry Computer atau ABC dan Colossus. ABC merupakan automatic electronic digital computer pertama, sedangkan Colossus merupakan electronic digital programmable computer pertama yang keduanya digunakan dalam Perang Dunia II.

 

Kemudian tidak lama setelah itu, muncullah ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. Eniac ini adalah komputer elektronik yang bisa diprogram dengan cepat pertama di seluruh dunia.

 

Meskipun sebenarnya Colossus juga merupakan jenis komputer programmable atau yang bisa diprogram, namun ENIAC ini bisa mengubah program di dalamnya hanya dengan mengganti saluran kabel antar komponen yang digunakan. Selain itu, ENIAC juga bisa dioperasikan lebih cepat dan kegunaan yang lebih banyak.

 

Dalam Perang Dunia II, ENIAC dioperasikan oleh 6 orang wanita yang disebut ENIAC Girls. Komputer ini bisa menghitung hingga 5000 kali dalam satu detik dan sudah dilengkapi dengan perhitungan perkalian, pembagian, hingga akar pangkat.

 

Meskipun begitu, penggunaan ENIAC hanya bertahan selama 2 tahun, dari tahun 1943 ke 1945. Sebab dengan segala kecanggihannya, komputer ini masih membutuhkan sekitar 200 kilowatt untuk dinyalakan dengan berbagai macam resistor serta capacitor di dalamnya. Bahkan tercatat total berat ENIAC adalah 30 ton.

 

Pengembangan Konsep Komputer Modern di Generasi Kedua

Sejarah komputer modern terus berlanjut ke generasi dua. Tercatat pengembangan generasi kedua ini dimulai dari tahun 1948 hingga 1965 dengan salah satu perubahan utamanya adalah mengganti tabung vakum menjadi transistor dengan ukuran yang lebih kecil.

 

Konsep Komputer Modern oleh Alan Turing di Tahun 1936

Sebenarnya konsep komputer modern generasi kedua sudah mulai dibuat oleh Alan Turing sejak tahun 1936. Namun proyek ini baru bisa mulai dikembangkan sekitar tahun 1945 hingga 1948.

 

Dalam hasil penelitiannya yang ia beri judul On Computable Numbers, Alan Turing membuat konsep yang ia sebut Universal Computing machine atau yang kemudian berhasil direalisasikan dengan nama universal Turing machine atau UTM.

 

Alan Turing mengatakan bahwa UTM akan bisa melakukan komputasikan hitungan apapun yang bisa dilakukan oleh semua jenis mesin komputasi. Untuk melakukannya, mesin Universal Computing Machine ini membutuhkan Stored Program, atau sebuah program yang disimpan dalam mesin komputasi sesuai kebutuhan.

 

Hasil penelitian Alan Turing ini menjadi akar dari banyak konsep teori komputasi yang bahkan masih digunakan hingga saat ini. Salah satunya adalah pembuatan algoritma dalam komputer.

 

Ditemukannya Komputer dengan Stored Program Pertama di Tahun 1948

Sebelumnya, komputer yang dibuat di generasi pertama masih memiliki program yang disimpan secara paten. Meskipun beberapa komputer yang muncul di akhir generasi pertama seperti ENIAC bisa menjalankan banyak program dalam satu perangkat, namun semuanya masih harus diganti secara manual.

 

Cara mengganti program dalam ENIAC adalah dengan menghubungkan perangkat utama dengan perangkat tempat menyimpan program melalui kabel. Hal ini tentunya sangat memakan waktu dan tidak efisien.

 

Oleh karena itu, Alan Turing mencoba merealisasikan konsep UTM – nya dengan cara membuat penelitian mengenai Digital Stored Program pada tahun 1945 bersama Nasional Physical Laboratory Inggris.

 

Kemudian di tahun 1948, komputer pertama dengan sistem Stored Program berhasil dibuat dengan sebutan nama The Manchester Baby. Komputer ini dibuat oleh Frederic C. Williams, Tom Kilburn dan Geoff Tootill di Victoria University of Manchester.

 

The Manchester Baby juga menjadi komputer pertama yang digunakan sebagai tes penemuan Random Access Memory atau RAM yang dibuat oleh Williams Tube. Dan bisa dibilang, Manchester Baby merupakan komputer pertama yang bisa melakukan segala kegiatan layaknya komputer saat ini.

 

Mengganti Tabung Vakum Raksasa dengan Transistor

Di akhir tahun 1950’an, terjadi juga terobosan baru yang sangat besar dalam sejarah komputer. Yaitu digantikannya tabung vakum raksasa yang digunakan sebagai media dalam transmisi data menjadi sebuah transistor yang ukurannya jauh lebih kecil.

 

Tentunya bentuk transistor pada era tersebut juga belum sekecil transistor saat ini. Namun dengan digantikannya tabung vakum dengan transistor, tembat yang dibutuhkan dalam mengoperasikan komputer menjadi jauh lebih kecil. Bukan hanya itu, biaya pembuatan komputer juga menyusut drastis.

 

Keunggulan lainnya dari penggunaan transistor adalah daya yang dibutuhkan lebih kecil serta komponennya yang lebih tahan lama. Komputer pertama yang menggunakan transistor ini dibuat di University of Manchester oleh Tom Kilburn.

 

Pengembangan Komputer Generasi Ketiga dari Tahun 1968

Sejarah komputer di generasi ketiga bisa dibilang merupakan cikal bakal dari komputer yang kita gunakan saat ini. Sebab di generasi inilah komponen – komponen komputer mulai semakin kecil dan bisa ditaruh dimeja. Dari yang awalnya berbobot 30 ton menjadi kurang dari 30 kilogram.

 

Kekurangan Transistor yang Mulai Disadari

Meskipun punya ukuran yang lebih kecil dan daya listrik yang dibutuhkan lebih sedikit, namun ada satu kekurangan dari transistor. Yaitu suhu panas yang dihasilkan sangat tinggi. Sehingga dalam pemakaian jangka panjang, transistor beresiko merusak komponen lainnya di dalam komputer.

 

Oleh karena itu, dilakukan lagi penelitian untuk mengganti transistor dengan komponen lain yang lebih aman meskipun digunakan dalam jangka panjang.

 

Penggunaan Integrated Circuit Sebagai Pengganti Transistor

Akhirnya, Jack Kilby, insinyur dari Texas Instrument, mencetuskan trobosan baru sebagai pengganti Transistor. Yaitu dengan menggunakan IC atau integrated Circuit.

 

Tetapi bukan berarti transistor tidak digunakan lagi di dalam komputer. Justru transistor ini disatukan bersama resistor dan capacitor di dalam Integrated Circuit agar lebih aman ketika digunakan.

 

Mulai Mengecilnya Berbagai Komponen Utama dalam Komputer

Seiring berjalannya waktu, ukuran dari komponen utama di dalam komputer juga semakin mengecil. Dari yang awalnya hanya terdapat resistor, capacitor, dan transistor dalam satu circuit, kini komponen dasarnya bertambah banyak.

 

Hal ini membuat ukuran komputer semakin lama semakin mengecil. Meskipun hingga akhir generasi ketika dalam sejarah komputer, belum ada komputer yang bisa disimpan di atas meja. Kebanyakan masih disimpan dalam tempat khusus dan sulit untuk dipindahkan.

 

Pengembangan Mikroprosesor yang Kita Gunakan Saat Ini

Kini masuk ke generasi keempat dalam sejarah komputer. Sebagian besar komputer yang kita gunakan saat inilah produk dari komputer generasi keempat. Meskipun sebenarnya, generasi keempat dimulai sejak tahun 1971.

 

Pada tahun tersebut, penggunaan komputer untuk kebutuhan non militer semakin banyak. Dari yang awalnya komputer hanya digunakan oleh scientist, tentara dan badan pertahanan negara, kini komputer semakin banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan. Bahkan masyarakat biasa sekalipun sudah bisa menggunakannya.

 

Pengaruh Intel Dalam Sejarah Komputer Setelah Menciptakan Intel 4004

Pengembangan kegunaan Integrated Circuit atau IC terus dilakukan. Dari yang awalnya hanya bisa memasukan 3 komponen, jumlahnya berkembang menjadi ratusan atau disebut LSI (Large Scale Integrated). Kemudian jumlahnya terus bertambah menjadi VLSI (Very Large Scale Integrated) hingga ULSI ( Ultra Large Scale Integrated).

 

Puncak perkembangan IC adalah ketika Intel menciptakan produk Intel 4004. Dimana dalam IC tersebut terdapat seluruh komponen yang setara dengan 30 ton tabung vakum raksasa di komputer generasi pertama.

 

Artinya komputer yang awalnya hanya bisa dioperasikan menggunakan mesin berukuran 30 ton, kini berubah ukurannya hanya sebesar satu kepingg uang logam. Bahkan tenaga dan kemampuan dari Intel 4004 dinilai hingga ratusan kali lebih baik dibandingkan ENIAC.

 

Komputer Untuk Kebutuhan Umum Pertama di Tahun 1971

Di tahun 1971, penggunaan komputer semakin merata di hampir seluruh dunia, khususnya negara – negara besar seperti Rusia, German, Inggris dan Amerika Serikat. Bukan hanya perusahaan – perusahaan besar yang bisa menggunakan bantuan komputer, namun juga perusahaan perintis hingga bisnis rumahan.

 

Kemudian di tahun 1981, IBM atau International Business Machine mulai menggunakan istilah PC atau Personal Computer untuk komputer – komputer yang digunakan untuk pribadi. Baik itu untuk pekerjaan, belajar, maupun kegiatan di rumah yang lain.

 

Permintaan komponen komputer juga melonjak tajam. Dari yang awalnya berjumlah 2 juta di tahun 1981, pengguna komputer menjadi berjumlah 5,5 juta di tahun 1982. Kemudian 10 tahun kemudian, jumlahnya menjadi 65 juta di seluruh dunia, termasuk Asia dan Indonesia.

 

Macintosh Pertama buatan Apple di Tahun 1984

Bersaing dengan IBM, Apple juga mengeluarkan produk miliknya sendiri bernama Macintosh atau sekarang dikenal dengan nama Mac. Macintos generasi pertama keluar pada tahun 1984 dengan dipresentasikan langsung oleh pendiri Apple yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne.

 

Tidak butuh waktu lama hingga Macintosh terkenal dan menjadi pesaing dari IBM serta seluruh produsen komponen PC lainnya. Sebab Macintosh memiliki kemampuan yang lebih berfokus pada sistem grafis di dalam komputernya.

 

Munculnya Aksesoris dan Perkembangan dari Komputer dengan Ukuran Lebih Kecil

Sejarah komputer berlanjut ke munculnya aksesoris tambahan dari perangkat ini. Salah satunya adalah mouse yang kini justru menjadi perangkat utama dari komputer modern.

 

Selain itu, mulai bermunculan pula komputer yang dibuat khusus untuk kebutuhan lain. Salah satunya adalah Atari 2600, konsol game pertama di dunia yang kini menjadi barang langka.

 

Ukuran komputer di generasi ke empat juga terus mengecil. Dan pada generasi ini, mulai dikembangkan laptop atau komputer portable yang bisa dibawa kemana saja. Hingga akhirnya, kita tiba di era modern, dimana komputer sudah menjadi bagian hidup dari hampir semua orang di dunia.

 

Perkembangan AI dalam Generasi Komputer Kelima

Sejarah komputer belum selesai hingga generasi keempat saja. Meskipun banyak orang berpendapat saat ini kita ada di generasi keempat, tetapi faktaanya kita sudah ada di masa peralihan antara generasi IC dan generasi AI.

 

Artinya tidak kurang dari 10 tahun lagi, hampir semua komputer sudah dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Bahkan pastinya anda semua sudah sadar bila kini banyak perangkat elektronik sehari – hari seperti kulkas, smartphone, TV hingga kompor yang sudah dilengkapi dengan AI.

 

Sudah banyak pula jasa AI dalam membantu kehidupan kita. Misalnya kini kita bisa menggunakan smartphone dengan mengandalkan suara, sehingga memudahkan orang – orang yang tidak bisa melihat. Atau adanya subtitle automatis yang dibuat oleh AI untuk membantu orang – orang yang tidak bisa mendengar.

 

Demikianlah sejarah komputer lengkap sejak awal dibuat hingga saat ini. Ternyata komputer berukuran kecil yang sekarang kita gunakan, berasal dari tabung vakum raksasa yang beratnya 30 ton ratusan tahun yang lalu.

Referensi

http://www.mpssoft.co.id/
https://techno.okezone.com/
https://www.dewaweb.com/

[collapse]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *