sejarah internet1

Sejarah adanya Internet dari Waktu ke Waktu [Versi Lengkap]

Posted on 34 views

Sebagai orang setiap hari menggunakan internet, tahukah Anda jika sejarah internet ini dimulai lebih dari 50 tahun yang lalu? Artinya akses informasi dan komunikasi yang saat ini bisa kita gunakan dengan mudah, diawali dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan setengah abad lalu.

Seperti yang Anda sudah sadari, kini internet menjadi bagian dari hidup hampir semua orang di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Terlebih sejak dikembangkannya smartphone dan gadget pintar lainnya yang membutuhkan akses internet ketika digunakan.

Tetapi tidak banyak orang yang paham sejarah internet sejak pertama kali dikembangkan. Bahkan mungkin hanya sedikit masyarakat Indonesia yang tahu bahwa internet awalnya dikembangkan oleh ilmuwan Amerika Serikat. Nah, agar Anda tidak hanya bisa menggunakan internet, sebaiknya ketahui juga sejarah dan perkembangannya hingga saat ini.

Daftar ISI

Pengertian Internet

Sebelum membahas tentang sejarah internet, kita awali dulu dengan mengetahui pengertian internet. Secara umum, internet bisa diartikan sebagai alat atau media penghubung antara satu komputer atau gadget dengan komputer lainnya.

Media internet yang digunakan di dunia menggunakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite atau TCP/IP.

sejarah internet

Dengan TCP/IP, Anda bisa bertukar paket, informasi, data, foto, video atau pesan apapun dengan seluruh pengguna internet di dunia. Kegiatan tersebut dikenal dengan istiliah Internetworking, alias proses dihubungkannya rangkaian internet beserta penerapan protokolnya.

Sejarah Internet di Dunia

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sejarah internet di dunia dimulai sekitar 50 tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 1957, dimana pada saat itu terjadi peristiwa bernama Space Race antara 2 negara besar yaitu Uni Soviet (Rusia) dan Amerika Serikat.

arpa net

Buntut dari kekalahan Amerika Serikat yang gagal meluncurkan wahana luar angkasa miliknya dan Uni Soviet yang berhasil mengirimkan Sputnik ke luar angkasa, membuat Amerika Serikat membantuk ARPA (Advanced Research Projects Agency). Organisasi inilah yang menjadi bagian penting dalam sejarah internet di dunia.

Awal Mula Dilakukannya Penelitian Tentang Komunikasi Jarak Jauh

Awal mula penelitian tentang internet dilakukan di tahun 1957 -1958, dimana pada tahun tersebut beberapa negara besar, khususnya Amerika Serikat, sudah memiliki teknologi komputer yang cukup mumpuni. Sehingga dimulailah penelitian tentang alat komunikasi yang bisa dilakukan meskipun dengan jarak ratusan ribu kilometer.

 

Konsep dan Tujuan Awal Ditelitinya Internet

Konsep awal dari internet dan komunikasi jarak jauh diawali oleh penelitian yang dilakukan oleh J. C. R. Licklider. Ia memperkenalkan hasil penelitiannya yang berjudul “Man-Computer Symbiosis”, dimana ia menjelaskan ketika komputer bisa terhubung satu sama lain dan mengumpulkan seluruh informasinya dalam satu tempat layaknya perpustakaan.

Licklider bersama peneliti lain bernama Welden Clark kemudian juga menerbitkan penelitian berikutnya yang berjudul “On-Line Man-Computer Communication”. Isi dari penelitian tersebut adalah pandangan Licklider terhadap kehidupan manusia bila semua komputer bisa saling terhubung dan menjadi alat komunikasi baru.

 

Telegraf Sebagai Inspirasi Awal Internet

Sebelum Licklider membuat penelitian tentang komunikasi yang bisa dilakukan secara jarak jauh bila komputer saling terhubung, sudah ada alat komunikasi jarak jauh yang lebih dulu digunakan. Alat ini bernama telegraf yang juga dianggap sebagai pendahulu dari internet.

telegraf

Tetapi telegraf hanya bisa menghubungkan 2 komputer saja menggunakan media kabel. Sehingga ruang komunikasinya jauh lebih terbatas, khususnya bila ingin digunakan untuk kebutuhan militer.

Sehingga dibuatlah penelitian tentang media atau jaringan yang bisa menghubungkan lebih dari 2 komputer tanpa harus mengandalkan kabel.

 

Dibentuknya ARPANET oleh Amerika Serikat

Dua tahun kemudian, Licklider mendapakan tawaran dari Jack Runia untuk menjadi bagian dari IPTO (Information Processing Techniques Office), salah satu bagian dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency). Tujuan dari IPTO ini adalah menghubungkan 3 komputer dari 3 departemen DARPA di Amerika Serikat.

arpanet

Meskipun pada 1964 Licklider keluar dari IPTO, namun ia masih menjadi bagian penting dari perkembangakn internet di dunia. Sebab tidak lama setelahnya, tepatnya pada tahun 1969, ARPANET dibuat khusus untuk mengembangkan internet dengan tujuan yang sama dengan IPTO. Kemudian pada tahun 1972, Licklider menjadi pemipin ARPANET selama 2 tahun.

 

Penelitian Tentang Menghubungkan Lebih dari 1 Komputer Dalam Satu Jaringan Terpadu

ARPANET yang dibuat di tahun 1969 kemudian dibagi menjadi 2 divisi, yaitu ARPANET yang ditugaskan dalam mengembangkan internet untuk kebutuhan umum dan MILNET yang ditugaskan dalam pengembangan internet untuk kebutuhan militer.

history arpanet

ARPANET dan MILNET kemudian disatukan atas nama DARPA Internet agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Dari sinilah asal kata Internet digunakan.

 

Tujuan Dikembangkannya Internet Untuk Kebutuhan Militer

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sejarah internet diawali dengan digunakannya telegraf sebagai alat komunikasi jarak jauh untuk militer dan departemen pertahanan Amerika Serikat. Namun karena menggunakan media kabel sebagai penghubung, telegraf hanya bisa menghubungkan 2 departemen saja.

 

Selain itu, telegraf punya satu kekurangan yang sangat fatal untuk ketahanan militer. Yaitu mudah disabotase dan diputus ketika berada di tengah perang. Bila hal ini terjadi, tentunya jalur komunikasi akan terputus seluruhnya.

 

Oleh karena itu, internet dikembangkan dengan harapan bisa tetap digunakan untuk komunikasi meskipun ditengah perang nuklir. Selain itu, internet juga dibuat agar informasi bisa ditempatkan secara menyebar, bukan terpusat di satu titik komputer saja.

internet for militer

 

Sehingga bila satu titik hancur, titik komputer di daerah lain masih bisa mengakses komputer tersebut beserta seluruh data yang ada di dalamnya.

 

Proyek Menghubungkan 4 Komputer di Tahun 1969

Di thaun 1969, ARPANET membuat proyek pertama dengan menghubungkan 4 komputer di 4 universitas yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah.

 

Dalam menghubungkan keempat situs ini, ARPANET menggunakan terminal yang sudah dipasang oleh IPTO di tempat yang berbeda. Yaitu satu terminal di System Development Corporation, Santa Monica, satu di Project Genie di University of California, Berkeley, dan satu di the Compatible Time-Sharing System project at Massachusetts Institute of Technology (MIT).

arpanet 1969

 

Terminal – terminal yang dipasang di tengah 4 universitas inilah yang menjadi penghubung dan pengirim data antara satu komputer dengan lainnya. Dari sinilah awal sejarah internet yang siap digunakan dimulai.

 

Asal Mula Kata “Login”

Kata “Login” di dunia internet juga memegang peran yang sangat penting. Sebab kata inilah pesan pertama yang berhasil dikirim, meskipun pada saat itu belum seluruh hurufnya terikirim.

kata login

Di tanggal 29 October 1969 jam 22.30, ARPANET membuat percobaan penghubungan komputer pertama antara University of California, Los Angeles (UCLA) dengan Stanford Research Institute (SRI).

 

Untuk memastikan keduanya bisa saling terhubung dan berkomunikasi, ARPANET juga menyiapkan telepon antara UCLA dan SRI. Sehingga keduanya bisa memberi informasi tentang apa yang mereka lihat setelah tiap tindakan dilakukan.

 

Jadi ketika peneliti di UCLA menekan tombol L, mereka akan mengabarkan peneliti dari SRI tentang apa yang terlihat di layar komputer mereka. Begitupun ketika mereka menekan huruf O.

 

Namun ketika masuk ke huruf ketiga, G, server yang digunakan tiba – tiba mati. Meskipun begitu, para peneliti percaya bahwa mereka sudah berada selangkah lebih maju menuju revolusi dan era komunikasi yang baru.

 

Perkembangan Internet di Amerika Serikat Setelah Percobaan ARPANET Yang Pertama

Meskipun tidak seluruh pesan terkirim, para peneliti dari ARPANET percaya bahwa tetap percaya bahwa percobaan tersebut adalah awal yang meyakinkan untuk membuat alat komunikasi baru.

perkembangan internet di US

Hal ini disampaikan langsung oleh Leonard Kleinrock, seorang matematikawan yang juga bagian dari ARPANET,  dalam sebuah interview yang ia lakukan. Kleinrock mengatakan, ” the system crashed … Yet a revolution had begun”.

 

Dan benar saja, hanya butuh waktu 3 bulan hingga keempat komputer yang ada di UCLA, SRI, University of Utah dan Santa Barbara benar – benar terhubung dan bisa berkomunikasi satu sama lain dengan jaringan yang cukup stabil.

 

Dalam waktu 3 tahun jumlah komputer yang terhubung bertambah 5x lipat

Masih di tahun yang sama, 1969, salah satu murid dari Licklider bernama Robert Taylor membantu penggalangan dana untuk alat komunikasi yang dilakukan oleh ALOHAnet. Penggalangan dana ini dilakukan untuk membuat alat komunikasi antar pulau pertama di Hawaii.

 

Meskipun bukan signal radio, tetapi alat komunikasi ini menggunakan konsep yang sama dengan komunikasi menggunakan internet. Dari yang awalnya hanya ada 4 pulau yang terhubung di Hawaii, jumlahnya bertambah hingga lebih dari 200 pulau pada tahun 1981.

 

ARPANET juga terus mengembangkan teknologi yang baru ia temukan. Tercatat dalam waktu 3 tahun, tepatnya pada tahun 1972, jumlah komputer yang terhubung di Amerika Serikat sudah meningkat hingga 5x lipat.

 

Ada 23 komputer yang terdiri dari universitas, kantor, departemen pertahanan, kantor militer, serta kepolisian yang saling terhubung satu sama lain dalam layanan terpadu. Pada masa – masa ini, para peneliti semakin percaya bahwa internet akan sangat membantu kehidupan manusia, khususnya dalam berkomunikasi jarak jauh.

 

Direkrutnya Vinton Cerf, Bapak Internet Dunia

Perlu Anda semua ingat, metode penghubungan komputer yang digunakan pada masa tersebut belum menggunakan TCP/IP seperti yang kita gunakan saat ini. Pada masa awal penggunaan internet, ARPANET masih menggunakan metode packet switching.

 

Hingga pada tahun 1970, salah satu anggota dari ARPANET bernama Robert E Khan mengajak Vinton Cerf dari Stanford Bridge dalam mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol.

 

Bob Khan dan Vint Cerf menggunakan konsep desain dari proyek CYCLADES yang dibuat oleh salah satu ilmuwan komputer asal Perancis bernama Louis Pouzin. Dan hasil penelitian dari Vint Cerf inilah yang digunakan sebagai Internet Protocol Suite hingga saat ini.

 

Sehingga Vint Cerf dinobatkan sebagai bapak internet dunia. Jadi bila Anda bisa menikmati internet hari ini, berterima kasihlah kepada Vint Cerf sebagai bagian penting dari sejarah internet.

 

Beberapa Perusahaan Berbasis Data Mulai Mendaftarkan ke ARPANET

Di tahun 1972, mulai banyak perusahaan berbasis data yang mendaftarkan datanya ke ARPANET melalui sistem Dial Up. Salah satu perusahaan yang pertama kali mendaftar adalah The New York Times Databank. Beberapa perusahaan lain seperti Lexis, Dialog dan SDC Orbit juga mendaftarkan datanya ke ARPANET.

 

Di tahun 1974, Vint Cerf dan Bob Khan juga mulai mempublikasikan hasil kerjanya tentang pengembangan TCP/IP sebagai interent protokol baru yang bisa digunakan di seluruh dunia.

 

Internet Mulai Keluar Dari Amerika Serikat

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, internet pertama kali dikembangkan oleh ilmuwan di Amerika Serikat. Artinya dari pertama kali ditemukan pada tahun 1969 hingga tahun 1974, belum ada negara lain yang bisa menggunakan teknologi komunikasi ini.

 

Hingga dipertengahan tahun 1974 barulah internet mulai keluar dari negri Paman Sam. Orang luar Amerika Serikat pertama yang menggunakan internet adalah Ratu Inggris Queen Elizabeth. Dalam percobaan pertamanya, ia mengirimkan surat elektronik atau email dari Inggris.

 

Mulai Digunakannya Sebutan “Internet”

Ada banyak pendapat mengenai awal mula digunakannya istilah “internet”. Menurut Drew Heywood, istilah penyebutan Internet ini sudah digunakan sejak awal mula penelitian yang dilakukan pada tahun 1960.

 

Namun terdapat pula sumber yang mengatakan bahwa istilah internet hadir di sekitar tahun 1976, dimana pada saat itu terdapat mahasiswa dari Imperial College London yang tengah mencoba akses internet di universitasnya.

 

Tetapi seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kata “Internet” berasal dari DARPA Internet, divisi dalam departemen pertahanan Amerika Serikat yang memiliki tugas khusus dalam mengembangkan teknologi ini pada jaman dulu.

 

Internet Mulai Digunakan Untuk Kebutuhan Universitas

Di tahun 1974, jumlah universitas yang terhubung dengan ARPANET juga terus bertambah. Bahkan hampir semua universitas besar yang ada di Amerika Serikat sudah terhubung ke dalam jaringan ini.

 

Beberapa universitas di luar Amerika juga mulai ikut masuk di dalamnya. Selain University College of London dari Inggris, terdapat pula Royal Radar Establishment dari Norwegia yang masuk ke dalam jaringan ARPANET.

 

Di tahun yang sama, BBN (Bolt, Beranet & Newman) juga membuat layanan ARPANET khusus untuk komersial pertama kali. Mereka menargetkan perusahaan – perusahaan besar sebagai pelanggannya, khususnya perusahaan berbasis data yang sudah punya cabang di sekitar Amerika Serikat.

 

Hingga tahun 1977, total sudah ada 111 komputer dari seluruh Amerika Serikat yang terhubung dengan ARPANET. Jumlah ini terdiri dari perusahaan, militer dan universitas.

 

Munculnya TCP/IP Hasil Temuan Vint Cerf dan Bob Khan

Protokol internet baru yang tengah dikembangkan oleh Vint Cerf dan Bob Khan pertama kali siap di gunakan pada tahun 1978. Pada saat itu, Transmission Control Protocol dibagi menjadi dua bagian, yaitu TCP dan IP atau Internet Protocol.

 

Hal ini juga menjadi salah satu momen besar dalam sejarah internet di dunia. Sebab protokol TCP/IP yang dikembangkan oleh Vint Cerf masih digunakan hingga saat ini.

 

Dibandingkan layanan internet protokol sebelumya, TCP/IP dinilai lebih mudah untuk digunakan dan diakses oleh seluruh dunia. Sehingga bukan hanya Amerika Serikat, namun negara – negara di sekitarnya pun bisa ikut merasakan.

 

Meskipun begitu, TCP/IP tidak langsung digunakan sebagai protokol internet utama. TCP/IP baru digunakan secara resmi pada tahun 1982.

 

ARPANET justru membuka layanan baru yaitu BITNET (Because It’s Time Network) sebagai layanan mailing list dan FTP (File Transfer Protocol) untuk kebutuhan masyarakat umum dan universitas. Sebab pada tahun 1980, mulai banyak masyarakat umum yang terhubung dengan ARPANET secara pribadi.

 

Pada tahun tersebut, tengah banyak pula pembelian PC atau Personal Computer alias komputer pribadi. Sehingga makin banyak orang yang penasaran bagaimana rasanya bisa mengakses internet.

 

Penggunaan Internet di Luar Amerika Serikat Semakin Merata

Sejak diterapkannya TCP/IP, penggunaan internet di luar Amerika Serikat semakin merata, khususnya di negara – negara Eropa. Di tahun 1982, dimana TCP/IP sudah digunakan sebagai protokol internet universal, mulai dikembangkan juga Name Server.

 

Dengan Name Server, pengguna internet bisa terhubung langsung dengan host tanpa perlu mengerti jalur host tersebut. Sebab pada masa itu, sudah ada sekitar 1000 host di seluruh dunia yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

 

Dikembangkannya World Wide Web (WWW) di Tahun 1990

Di tahun 1986, mulai dikembangkan layanan DNS atau Domain Name Server. Dengan DNS, tiap komputer bisa mencantumkan namanya masing – masing. Sehingga pengguna internet bisa membedakan mana host yang mereka miliki atau host milik orang yang ia cari.

 

Di tahun 1990, barulah tercipta layanan World Wide Web atau WWW. Layanan ini dikembangkan oleh CERN, salah satu organisasi di Eropa yang bertugas dalam pengembangan teknologi dan riset nuklir. Dan sesuai dengan namanya, WWW dikembangkan agar pengguna dari luar negeri bisa mengakses situs dalam negeri dengan lebih mudah.

 

World Wide Web dibuat dengan 2 pilar utama, yaitu HTTP yang menjadi protokol pertukaran Hypertext dan HTML yang menjadi bahasa pemrograman untuk mengetahui keberadaan website.

 

Berkat dikembangkannya World Wide Web, dibuatlah mesin pencarian pertama di dunia yaitu Mosaic pada tahun 1993.

 

Mulai Dikembangkannya Jejaring Sosial

Bila Anda berpikir Facebook dan My Space merupakan generasi awal dari sejarah internet yang berhubungan dengan media sosial, mungkin Anda perlu melihat lebih ke belakang lagi. Sebab sebelum keduanya mulai dibuat, sudah ada satu grup diskusi atau forum internet bernama Usenet yang dikembangkan pada tahun 1979.

 

Usenet dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari University California. Dari sini jugalah pertama kalinya fitur emoticon dibentuk atas saran dari Kevin Mckenzie.

 

Dibuatnya Thefacebook.com pada Tahun 2003

Di tahun 2003, salah satu media sosial paling terkenal di dunia, Facebook, diluncurkan oleh Mark Zuckerberg. Tetapi pada waktu peluncuran pertamanya, Facebook menggunakan domain bernama Thefacebook.com. Selain itu, situs ini awalnya juga dibuat sebagai forum khusus di antara para mahasiswa Havard.

 

Namun seiring berjalannya waktu, Facebook terus berkembang hingga bisa digunakan oleh orang diluar Universitas Havard. Selain itu, Mark Zuckerberg juga keluar dari universitas tersebut dan memfokuskan pikirannya pada pengembanga media sosial ini.

 

Hasilnya, Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia. Bahkan hanya dalam waktu beberapa tahun sejak perilisannya, sudah ada lebih dari 2 juta orang yang mendaftar untuk menggunakan media sosial ini. Kini jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 2,3 miliar orang.

 

Setengah Penduduk Inggris Sudah Mengakses Internet di Tahun 2007

Di tahun 2007, hampir setengah penduduk Inggris sudah mengakses internet. Bukan hanya universitas dan departemen kenegaraan, seluruh masyarakat umum di Inggris juga sudah mendapatkan akses internet yang sangat mudah, khususnya di kota – kota besar.

 

Di tahun yang sama, internet juga mulai dikembangkan untuk membantu kehidupan masyarakat selain komunikasi dan informasi. Hal ini ditandai dengan keluarnya hiburan – hiburan seperti game online, media sosial berbasis foto dan video, hingga alat elektronik pintar yang dioperasikan dengan bantuan internet.

 

Perkembangan internet di negara Asia pun semakin pesat dan merata, termasuk juga di Indonesia. Mulai banyak perkantoran yang memanfaatkan internet dalam komunikasi jarak jauh.

 

Meskipun pada saat itu, belum banyak akses internet umum dan gratis untuk masyarakat serta harganya masih terbilang mahal. Sehingga internet baru bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas.

 

Munculnya Telpon Pintar Pertama, iPhone

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, makin banyak orang dan perusahaan yang mengembangkan internet untuk memabantu kebutuhan manusia yang lain. Salah satunya adalah dengan diluncurkannya telpon pintar pertama yaitu iPhone.

 

Pada tanggal 9 Januari 2007, iPhone generasi pertama diumumkan ke publik dengan harapan bisa membantu seluruh kegiatan manusia hanya dalam satu telepon genggam. Meskipun belum sepenuhnya tercapai, nyatanya hal ini benar – benar terjadi, dimana smartphone kini bisa digunakan sebagai alat serba guna.

 

Sejarah Internet di Indonesia

Bisa dibilang, masuknya internet ke Indonesia agak terlambat. Tetapi bukan berarti Indonesia menjadi negara tertinggal yang baru mendapatkan akses internet ketika negara lain sudah mengembangkan teknologi baru.

 

Pertama Kali Internet Masuk di Indonesia

Hingga tahun 1997, media komunikasi dan penyampaian berita yang digunakan di Indonesia masih hanya menggunakan koran. Sebab hingga akhir era 90’an, internet baru bisa diakses oleh beberapa universitas besar saja. Dan pada saat itupun, sebutan internet diganti dengan nama Paguyuban Network.

 

Didaftarkannya nama UI-NETLAB di tahun 1988

Universitas sekaligus tempat pertama yang mendapatkan akses internet di Indonesia adalah Universitas Indonesia atau UI. Pada tanggal 24 Juni 1988, UI mendaftarkan jaringan komputernya dengan nama UI-NETLAB (192.41.206/24).

 

Hal ini bisa dilakukan berkat kolaborasi beberapa nama ilmuwan komputer legendaris asal Indonesia seperti Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo.

 

Dari tahun 1992 hingga 1994, mereka semua memperjuangkan akses internet agar bisa masuk ke Indonesia dan digunakan oleh masyarakatnya.

 

Media Kompas juga pernah melakukan liputan pada November 1990 dengan judul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio”.

 

Didirikannya ISP Pertama di Indonesia Tahun 1994

ISP atau Internver Service Provider yang pertama kali dibangun di Indonesia adalah IndoNet. ISP komersial pertama ini berdiri dari tahun 1994 di bawah pimpinan Sanjaya.

 

Sanjaya bisa mendahului Postel dalam membangun bisnis internet di bidang ISP ini sebab ayahnya merupakan salah satu dosen UI. Sehingga ia bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai dunia internet.

 

Pada saat itu, IndoNet juga hanya bisa beroperasi di kawasan komplek dosen UI di Rawamangun. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, internet baru bisa dinikmati oleh kalangan tertenu saja, salah satunya adalah kalangan para dosen.

 

Internet Untuk Kehidupan Masyarakat Indonesia

Kini, internet sudah menjadi bagian terpenting di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Sebab hampir semua aktifitas yang Anda semua lakukan umumnya bergantung pada akses internet. Khususnya di tengah masa pandemi seperti saat ini.

 

Namun masuknya internet dalam kehidupan manusia juga terjadi secara bertahap. Dari yang awalnya hanya bisa digunakan oleh profesional dan perkantoran, menjadi bisa digunakan oleh masyarakat umum dan semua kalangan.

 

Internet Mulai Banyak Digunakan Oleh Perusahaan Di Tahun 2000

Memasuki tahun 2000 hingga 2007, sudah mulai banyak perkantoran yang memanfaatkan internet. Khususnya kantor yang bergerak di bidang media dan berita. Selain itu, terdapat pula layanan ISP komersil lain setelah Indonet yang bernama Radnet.

 

Masyarakat Umum Mulai Bisa Menikmati Internet

Tahun 2007 dan seterusnya, layanan internet di Indonesia menjadi semakin merata. Di  waktu yang berdekatan, muncul pula salah satu smartphone Blackberry yang mana membutuhkan akses internet untuk bisa digunakan sepenuhnya. Mulai bermunculan pula internet cafe atau warung internet di beberapa kota besar di Indonesia.

 

Kini pastinya Anda sudah sadar bahwa penggunaan internet sudah tidak bisa dilepas dari kehidupan masyarakat modern di Indonesia maupun di luar negeri. Sebab memang sejak awal sejarah internet dimulai, teknologi ini dikembangkan untuk mempermudah kehidupan manusia dalam segala aspek, khususnya komunikasi.

 

 

reference

https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-internet/

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4713807/sejarah-internet-dan-perkembangannya-hingga-kini

[collapse]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *