5 Inspirasi Desain Dengan Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga (Memaksimalkan Pemanfaatan Ruang)

Posted on

Saat ini rumah sudah tidak lagi melebar. Untuk memperluas atau menambah ruangan, orang lebih suka menambah lantai keatas, sehingga ke mana pun pergi akan menemui rumah berlantai dua. Tentu saja pemilik rumah memerlukan tangga sebagai akses menuju lantai di atasnya.
Biasanya, desain tangga akan menyisakan ruangan kecil yang sering terbengkalai di bawah anak tangga. Ruangan tersebut sering luput dari perhatian dan dibiarkan begitu saja. Padahal ruang bawah tangga juga bisa dimanfaatkan sebagai bagian rumah yang baik.

  • Tempat Penyimpanan

Celah yang berada diantara lantai dan anak tangga bisa dialihfungsikan sebagai tempat penyimpanan barang. Ruang penyimpanan tersebut dapat dibuat tertutup agar tidak terlihat oleh tamu. ini menyebabkan orang lain tidak bisa melihat barang-barang pribadi.
Ada banyak barang-barang milik seluruh anggota keluarga yang bisa disimpan dengan mengubah ruangan di bawah tangga. Outfit yang sering dipakai di luar ruangan pun bisa disimpan pada area penyimpanan ini, seperti sandal dan sepatu.
Sebagai tempat penyimpanan, pemilik rumah bisa mendesain dengan bentuk lemari bukaan depan maupun pintu geser. Bahkan dengan perencanaan yang matang, bisa dibuat lemari yang mirip dengan laci sebagai tempat penyimpanan.
Tempat penyimpanan di bawah anak tangga ini pastinya lebih praktis, sekaligus bisa mempermanis tampilan rumah. Tersedianya area penyimpanan mencegah tercecernya barang yang diperlukan. Cara meletakkan barang pun tidak berantakan. Siapapun dapat mengambil barang yang diperlukan karena mudah dijangkau.

  • Ruang Kerja

Di zaman modern ini sudah tidak berlaku kata “Belajar harus di ruangan tertutup untuk meningkatkan konsentrasi”. Tidak selamanya kegiatan belajar dan bekerja harus berada di ruangan tertutup. Setiap orang hanya memerlukan tempat yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan.
Malah sebaliknya, bekerja di ruangan terbuka dapat membuat pikiran lebih segar. Dengan pikiran yang jernih, seseorang dapat memikirkan ide cemerlang. Bahkan memungkinkan untuk mengobarkan api semangat kembali.
Memanfaatkan ruangan kosong di bawah tangga sebagai tempat bekerja dan belajar merupakan ide bagus. Daripada membiarkan ruang kecil terbengkalai, sebaiknya mengubahnya menjadi tempat yang berguna.
Meja dengan ukuran panjang yang pas dengan lebar anak tangga bisa diletakkan hingga menempel dinding. Hal ini tidak akan menutupi jalan koridor yang berada di sebelah tangga. Kemudian peralatan kerja atau alat tulis bisa langsung diletakkan pada atas meja dengan rapi.

  • Ruang Keluarga

Setiap keluarga memerlukan tempat berkumpul untuk menjalin keakraban. Kehangatan dan komunikasi antar anggota keluarga dapat diciptakan dengan memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai ruang keluarga. Ini bisa menjadi ruangan yang nyaman karena sifatnya terbuka.
Televisi bisa diletakkan di atas meja kecil bawah anak tangga. Untuk lebih menghemat tempat, televisi LED bisa diletakkan dengan cara menggantungkannya di dinding. Ruang keluarga yang kecil akan terasa menyenangkan dengan memberi sentuhan ornamen.
Karena ukuran ruang yang terbatas karena ukuran tinggi tangga, maka peletakan televisi perlu disesuaikan. Ini akan membuat keluarga dapat menikmati tayangan dengan aman dan nyaman. Pastikan penyangga televisi terpasang dengan kuat.
Ornamen-ornamen kecil bisa dipajang menggunakan rak gantung. Apabila memiliki beberapa foto, tidak ada salahnya memajang foto tersebut menggunakan bingkai sederhana. Foto yang menempel pada dinding di bawah anak tangga akan terlihat menarik dengan penataan yang baik.

  • Perpustakaan

Bagi keluarga atau anggota keluarga yang gemar membaca, tentu akan senang apabila tersedia ruang baca tersendiri di dalam rumah. Keberadaan perpustakaan mini di bawah tangga ini tentu akan menampilkan kesan tersendiri.
Tempat kosong bawah tangga bisa diubah menjadi perpustakaan mini dengan area baca yang nyaman. Tidak perlu menempatkan sofa atau tempat duduk yang lebar. Cukup dengan membentangkan karpet, ruang kosong ini akan terlihat lebih luas.
Apabila ingin membaca dengan santai, bisa menempatkan sofa kecil atau bean bag pada salah satu bagian. Akan lebih baik apabila terdapat jendela di sebagai pencahayaan agar memberi kesan luas. Pencahayaan dari sinar matahari dapat membantu penerangan saat siang hari.
Sebagai tempat penyimpanan koleksi buku, dapat menerapkan rak ambalan. Buku-buku yang tertata rapi pada desain rak tempel dinding menjadi solusi menghemat tempat. Ini karena penggunaan rak biasa hanya akan memakan tempat.
Perpustakaan semakin nyaman dengan furnitur yang ringan. Warna pastel pada dinding perpustakaan mini dapat diaplikasikan menyatu dengan ruang lain. Aktifitas membaca lebih asyik karena bisa dilakukan sambil bersantai.

  • Rumah Hewan Peliharaan

Bagi pemilik rumah yang memiliki hewan peliharaan, ruang kosong di bawah tangga bisa dijadikan solusi sebagai kamar. Ini akan memudahkan pemilik untuk merawat hewan peliharaannya, seperti kucing dan anjing. Kondisi hewan dapat terpantau setiap saat karena lebih dekat.
Anjing atau kucing peliharaan akan mendapatkan area tersendiri di bawah tangga. Hal ini akan memberikan kenyamanan terhadap seluruh anggota keluarga maupun tamu. Memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga membuat pemilik rumah tidak perlu repot-repot membuat ruang baru.
Pemanfaatan ruang bawah tangga bukan hanya akan menghemat biaya, tapi juga membuat tatanan rumah menjadi lebih bersih dan rapi. Dengan memanfaatkan ruangan yang ada, maka diri akan tergerak untuk memperhatikan kondisi ruangan tersebut. Hal tersebut bisa mendorong pemilik selalu menjaga kebersihan rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *