Mengontrol Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

#5 Solusi Guna Memantau dan Mengontrol Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Posted on 45 views

5 Solusi Guna Memantau dan Mengontrol Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh – Jika kita paham, kolesterol bukanlah sesuatu yang membahayakan.

Kolesterol merupakan sejenis lemak yang berguna untuk proses pembentukan sel dan hormon di dalam tubuh. Namun semua itu jika dalan lingkup kadar kolesterol yang pas. Atau tidak berlebihan.

Lain lagi ceritanya jika kadar kolesterol tersebut berlebihan. Kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah sehingga mengakibatkan aliran darah yang tidak lancar dan terasa berat. Inilah yang kemudian menyebabkan kolesterol sangat ditakuti.

Nah, untuk menjaga agar kolesterol tetap pada kadar yang semestinya, maka diperlukan tindakan untuk mengontrolnya. Apa saja yang bisa dilakukan untuk Mengontrol Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh agar tidak berlebihan? Mari kita simak beberapa tips berikut ini.

Olah raga

Salah satu cara terbaik untuk menekan pertumbuhan klolesterol dalam tubuh adalah rajin berolah raga. Dengan olah raga, maka sistem metabolisme tubuh makin lancar. Selain itu kalori dan lemak mudah terlepas dan tertekan kandungannya.

Olah raga juga bisa mengantisipasi aktifitas dinding-dinding pembuluh darah dari kolesterol yang menempel kepadanya, sehingga aliran darah menjadi lancar tidak terhambat dan tersumbat.

Pola makan

Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, seperti kue kering, potato chips, cookies, mentega, keju, kulit ayan serta daging merah. Anda tidak perlu takut,

hanya bijaklah dalam mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Jangan terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebiha tentunya tak akan baik.

Sebaliknya rajinlah mengkonsumsi makanan yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, yaitu misalnya susu kedelai beserta produk kedelai lainnya, sayuran dan juga buah-buahan.

Suasana hati

Latihlah diri untuk menahan emosi dan perasaan yang mendalam. Tanangkan diri sejenak. Tarik nafas dalam-dalam ketika memori yang memancing perasaan muncul, kemudian lepaskan secara perlahan.

Dengan perasaan tenang, maka adrenalin tidak mudah terpicu. Sebab adrenalin yang meningkat, biasanya memicu kolesterol yang meningkat pula.

Atau bisa pula Anda melakukan sesuatu hal yang menyenangkan hati, seperti bercengkrama dengan keluarga, menyalurkan hoby dan lain sebagainya.

Obat

Jika kadar kolesterol terlanjur tinggi, tidak ada salahnya menggunakan obat-obatan yang sebelumnya telah mendapatkan rekomendasi dari dokter.

Konsultasikan setiap ada gangguan dari efek samping obat-obatan tersebut. Sebab pemakaian yang tidak tepat justru akan mengundang keluhan lainnya, seperti liver, gangguan pada jaringan otot hingga jantung.

Check up

Lakukan cek secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol yang ada. Untuk mengantisipasi terjadinya kelebihan kolesterol di dalam tubuh.

Tips di atas bisa Anda coba sebagai referensi untuk mengontrol perkembangan kadar kolesterol di dalam tubuh. Demikianlah tadi beberapa tips untuk Mengontrol Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, salam sehat selalu !!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *