kulit wajah

Manfaat Lemon untuk kulit wajah

Diposting pada

Memiliki kulit wajah mulus yang sehat merupakan keinginan semua orang. Semuanya berupaya untuk memiliki atau menjaga kulit agar tetap terawat. Namun, beberapa orang memiliki masalah kulit. Banyak sekali jenis penyakit yang dialami orang-orang. Mulai dari yang sederhana hingga yang membutuhkan perhatian ekstra. Penyakit kulit yang sangat umum dirasakan orang bisa berupa panu, kurap ataupun jerawat.

Jerawat muncul akibat bertumpuknya minyak yang menyumbat pori-pori. Jerawat bisa muncul di bagian kulit mana saja, walaupun yang banyak muncul di wajah. Ada banyak penyebab munculnya jerawat. Bisa dari hormon berlebih yang dimiliki seseorang. Bisa juga berasal dari kebiasaan. Kebiasaan yang dimaksud adalah tidak rutinnya untuk membersihkan wajah. Apalagi yang memiliki jenis kulit wajah berminyak. Disarankan untuk rajin membersihkan dari kotoran berupa bekas riasan wajah atau polusi.

Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Menggunakan Lemon

Selain dengan rajin membersihkan wajah, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Ada yang memilih untuk menggunakan jasa dokter dan beberapa krim yang disarankan. Bisa juga dengan obat yang terjual bebas di pasaran. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang juga menggunakan obat dari bahan-bahan alami.

Salah satu bahan dari alam yang ampuh membersihkan wajah berjerawat adalah lemon. Lemon memiliki beberapa kandungan yang mampu membuat kulit wajah bersinar tanpa ada jerawat. Di bawah ini beberapa manfaat lemon untuk wajah berjerawat yang harus diketahui.

  1. Menghilangkan bakteri penyebab jerawat

Bakteri penyebab jerawat mampu dilawan oleh lemon. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan anti-bakteri serta anti-mikroba yang mampu menghadang datangnya jerawat. Selain itu, lemon juga mampu menambah imunitas atau kekebalan kulit sehingga bakteri penyebab jerawat sulit untuk datang.

  1. Minyak berlebih di wajah mampu dikurangi oleh lemon

Seperti yang telah dijelaskan di awal, penyebab jerawat adalah penumpukan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Kelebihan minyak yang ada mampu dihambat oleh lemon. Sehubungan dengan hal itu, asam sitrat terkandung dalam lemon. Asam sitrat berfungsi sebagai exfoliant kimia, yaitu hal preventif agar kulit wajah tidak infeksi atau iritasi. Adanya sel mati akan dibasmi agar tidak mengotori pori-pori.

  1. Lemon bisa meredakan peradangan pada jerawat

Pernah mengalami peradangan pada jerawat di wajah? Tentu hal tersebut sangat mengganggu penampilan. Terlebih jika harus menghadiri acara penting yang mewajibkan untuk tampil sempurna tanpa cela. Lemon hadir memberikan solusi. Pemberian lemon pada jerawat yang merah mampu memberikan kesejukan agar jerawat tak lagi meradang.

Setelah memahami manfaatnya, tentulah cara pengaplikasiannya juga ingin diketahui. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa sumber referensi yang mudah ditemukan di sekitar kita seperti dari internet atau buku memberikan penjelasannya secara rinci.

Penggunaan lemon pada wajah berjerawat bisa dilakukan hanya dengan menggunakan lemon atau bisa juga dikombinasikan dengan bahan lainnya. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan ketika tidak mencampurkan lemon dengan bahan apapun.

  1. Siapkan satu buah lemon kemudian peras untuk mendapat ekstraknya
  2. Wajah dibersihkan menggunakan sabun cuci muka yang biasa digunakan dan bilas menggunakan air bersih. Kalau mau bisa menggunakan air hangat
  3. Oleskan ekstrak lemon pada jerawat-jerawat yang ada pada wajah menggunakan kapas atau cotton bud. Jangan menggunakan tangan karena dikhawatirkan ada bakteri atau kuman yang menempel pada kulit tangan sehingga memperparah keadaan jerawat
  4. Biarkan olesan tersebut menempel pada jerawat selama satu malam
  5. Bilas menggunakan air, bisa menggunakan air dingin jika mau, kemudian wajah dikeringkan menggunakan handuk atau kain lembut
  6. Hasil yang lebih maksimal bisa didapat dengan rutin menggunakan ekstrak lemon setiap hari

Selanjutnya, seperti yang telah dijelaskan di atas, penggunaan lemon untuk kulit berjerawat juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain, yaitu air mawar, yogurt, garam laut, gula dan backing soda.

  1. Lemon + air mawar

Air mawar berfungsi untuk mengimbangi sifat asam yang ada pada lemon. Kombinasi ini akan menuntun seseorang memiliki wajah bersih tanpa jerawat yang membandel. Caranya adalah:

  1. Siapkan bahan dengan cara menggabungkan kedua bahan tersebut

  2. Cuci wajah menggunakan sabun wajah yang biasa digunakan kemudian bilas dengan air. Bisa dengan air dingin jika mau

  3. Oleskan campuran yang telah disiapkan pada area wajah yang berjerawat

  4. Biarkan selama 15 hingga 20

  5. Bilas menggunakan air

  6. Langkah-langkah di atas bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang lebih maksimal

  7. Lemon + yogurt

Yogurt bisa digunakan sebagai pendukung manfaat lemon untuk wajah berjerawat. Yogurt bisa mengurangi peradangan jerawat yang ada, sesuai dengan lemon yang memiliki manfaat yang sama. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan yang akan digunakan dengan cara mencampurkan lemon dan yogurt. Perbandingan yang bisa digunakan adalah sebesar 2:1

  2. Cuci wajah menggunakan sabun yang biasa digunakan kemudian bilas menggunakan air hangat

  3. Usapkan campuran yang telah dibuat pada jerawat yang ada menggunakan cotton bud atau kapas

  4. Biarkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit

  5. Bersihkan menggunakan air

  6. Lemon + garam laut

  7. Siapkan bahan yang akan digunakan, yaitu pelembab wajah, toner, pembersih kulit anti mengelupas dan campuran satu sendok teh ekstrak lemon bersama garam laut dengan takaran secukupnya

  8. Cuci wajah menggunakan sabun kemudian bilas menggunakan air

  9. Oleskan pembersih kulit anti mengelupas pada wajah

  10. Usapkan campuran yang telah disiapkan dengan cara menggosok secara ringan pada jerawat di wajah selama kurang lebih 30 hingga 45 detik

  11. Diamkan selama 5 hingga 10 menit

  12. Bersihkan campuran tersebut menggunakan kain basah yang hangat

  13. Aplikasikan toner dan pelembab wajah

  14. Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang lebih maksimal

  15. Lemon + backing soda

Manfaat backing soda hampir sama dengan manfaat yogurt, yaitu untuk mencegah peradangan yang terjadi pada jerawat. Cara menggunakan lemon dan backing soda juga cukup mudah, adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan dengan mencampurkan satu sendok teh ekstrak lemon dan satu sendo teh baking soda. Aduk hingga merata
  2. Cuci wajah menggunakan sabun yang biasa digunakan kemudian bilas menggunakan air
  3. Oleskan campuran yang telah disiapkan pada jerawat di wajah
  4. Biarkan beberapa saat
  5. Bilas menggunakan air dan keringkan menggunakan handuk dengan bahan yang lembut
  6. Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang lebih maksimal
  7. Lemon + gula
  8. Siapkan bahan yang akan digunakan, yaitu pelembab, toner, campuran ekstrak lemon dan satu sendok teh gula
  9. Bersihkan wajah menggunakan sabun yang biasa digunakan kemudian bilas menggunakan air bersih
  10. Oleskan campuran yang telah disiapkan pada jerawat di wajah dengan cara memijatnya perlahan
  11. Diamkan beberapa saat
  12. Bilas menggunakan air dan keringkan
  13. Aplikasikan pelembab dan toner
  14. Langkah di atas bisa diulangi secara teratur untuk mendapat hasil yang lebih maksimal

Selain cara-cara yang telah banyak dijelaskan di atas, orang-orang yang memiliki wajah berjerawat juga bisa menggunakan produk bernama Ampule Trulum yang dikenalkan melalui viptrulum.com. Ampule Trulum merupakan produk kecantikan yang sangat mudah digunakan karena sudah berisi 5 produk unggulan, yaitu brightening serum, toner, day, night dan eye cream. Manfaatnya pun beraneka macam termasuk mengatasi jerawat yang ada pada wajah.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *