Macam Macam Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pengobatannya

Macam Macam Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pengobatannya

Macam Macam Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pengobatannya – Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat berperan penting bagi tubuh kita. Untuk itu wajib bagi kita untuk selalu menjaganya agar tetap sehat.

Jantung terletak di dalam dada sebelah kiri yang berbentuk segumpalan darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Macam – macam penyakit jantung beserta gejalanya dan tak lupa kami akan memberikan beberapa tips mengobati penyakit jantung.

Simak penjelasan tentang Macam Macam Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pengobatannya berikut ini.

Macam – Macam Penyakit Jantung

  1. Gagal Jantung.

Gagal Jantung adalah saat dimana jantung tidak memompa darah keseluruh tubuh secara maximal yang menyebabkan pasokan darah tidak mencukupi.  Sehingga kebutuhan tubuh tidak berjalan lancar.

Hingga dapat menimbulkan beberapa gejala sperti nyeri dada, sesak nafas, detak jantung tidak normal, pusing dan sebagainya.

Penyebab Gagal Jantung

Penyakit ini adalah komplikasi dari penyakit jantung koroner atau bisa juga dari gaya hidup  tidak sehat atau aktivitas berat yang berlebihan.

  1. Jantung Koroner

Nama penyakit ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang karena penyakit ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Kenapa berbahaya? Karena penyakit ini adalah penyakit yang paling banyak menyebabkan orang meninggal dunia.

Bahkan tercatat penyakit ini penyebab kematian tertinggi di dunia. Tercatat 5 tahun terakhir angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner semakin meningkat.

Penyakit jantung koroner adalah kondisi dimana pembuluh darah arteri koroner yang mengirim darah ke otot otot jantung terhambat karena penumpukan plak. Hal ini menyebabkan jantung tidak mendapatkan jumlah darah yang cukup.

Penyebab Jantung Koroner

Jantung coroner disebabkan karena aterosklerosis yaitu tersumbatnya pembuluh darah oleh plak aretomatosa yang terdiri dari lemak dan koleserol. Hal ini menyebabkan pasokan darah jadi terhambat. Factor penyebab jantung koroner adalah dari pola makan, merokok dan  kurang berolahraga.

  1. Imfark Miokard Akut

Imfark Miokard akut adalah kerusakan pada otot jantung yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Karena penyumbatan pada arteri dan tidak mendapatkan paskan darah yang cukup dalam kondisi waktu yang lama maka akan menyebabkan kerusakan pada otot  jantung

Penyebab Imfark miokard akut

Karena penyumbatan pada arteri oleh kolesterol yang berakibat rusaknya otot jantung.

  1. Penyakit Serebrovaskular

Penyakit Jantung yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah yang mengarah ke otak. Penyakit ini perlu penanganan secepatnya karena apabila terlambat dapat menyebabkan penyakit Stroke

Penyebab penyakit Serebrovaskular

Penyebab penyakit ini sama dengan penyebab jantung koroner.

  1. Penyakit Kelainan Katup Jantung

Penyakit selanjutnya adalah kelainan pada katup jantung. Katup jantung yang berfungsi untuk mengatur, mengendalikan dan mengontrol keluar masuknya darah.

  1. Penyebab Kelainan katup jantung

Penyebabnya bisa terjadi karena kelainan saat bayi lahir. Apabila muncul saat sudah dewasa berarti terjadi karena infeksi virus.

  1. Fibrilasi Artial

Fibrilasi atrial adalah gangguan pada jantung akibta ritme atau irama detak jantung yang tidak beraturan. Hal ini menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah secara normal

  1. Penyebab Fibrilasi Artial

Penyebab penyakit jantung yang satu ini adalah karena kelainan pada tiroid. Atau terlalu banyak minum alcohol.

Gejala Penyakit Jantung

  1. Nyeri Di Dada.

Pada umumnya gejala awal penyakit jantung  adalah nyeri di bagian dada. Nyeri di dada merupakan salah satu gejala penyakit jantung akan tetapi nyeri di dada juga bisa disebaban oleh penyakit lainnya.

jadi alangkah baiknya bila anda periksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum memvonis bahwa anda menderita penyakit jantung.

  1. Mudah Lelah.

Gejala selanjutnya adalah mudah lelah. Bila seseorang menderita penyakit jantung maka dia akan mudah lelah walaupun tidak beraktivitas berat atau yang melelahkan. Bahkan bisa saja lelah muncul saat bangun tidur.

Apabila kondisi tidak wajar ini anda alami dan disertai sakit di dada, sebaiknya anda periksakan diri ke dokter.

  1. Nafsu makan menurun

Nafsu makan menurun juga termasuk gejala penyakit jantung karena jantung adalah inti dari tubuh kita dan bila jantung terjadi masalah pasti akan menyebabkan kerja organ lain juga terganggu.

  1. Irama jantung berubah ubah
  2. Sesak di dada / sesak nafas
  3. Pusing atau sakit kepala

Selain ciri – ciri atau gejala di atas, masih perlu dilakukan tes lebih lanjut untuk memastikan seseorang  positif menderita penyakit jantung.

Mengobati Dan Mencegah Penyakit Jantung.

  • Makan makanan yang sehat, rendah lemak dan kaya akan serat. Seperti : Sayur, Buah, asam lemak omega 3. Dan jagalah berat badan agar tetap ideal karena kelebihan berat badan ( Obesitas ) juga menjadi factor penyebab penyakit jantung
  • Stop Merokok. Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, komplikasi dan penyakit berbahaya lainnya
  • Sering Beraktivitas Fisik atau berolahraga rutin. Karena olahraga sangat menyehatkan tubuh dan jantung. Selain itu olahraga dapat menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal
  • Cukupi kebutuhan konsumsi air putih yang dibutuhkan tubuh. Selain dapat menjaga kebugaran tubuh hal ini juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Itulah beberapa hal mengenai Macam Macam Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pengobatannya. Penanganan lebih awal terhadap penderita penyakit jantung akan lebih baik dan menentukan kesembuhan bagi penderita.

Karena penyakit jantung bukan penyakit yang sepele dan patut diwaspadai. Salam sehat selalu untuk anda semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *