Kiat Tepat untuk Memilih Sepatu Anak

Kiat Tepat untuk Memilih Sepatu Anak

Diposting pada

Memilih sepatu untuk anak tentunya bukan hanya dilihat berdasarkan model dan juga ukurannya saja, akan tetapi juga kenyamanan bagi anak yang memakainya, baik sepatu anak anak perempuan maupun juga sepatu anak anak laki laki.

Sepatu yang tepat juga dibutuhkan anak khususnya untuk memberikan penampilan yang baik dan juga rapi saat mereka akan bersekolah.

Baik faktor berdasarkan kenyamanan maupun juga kesehatan untuk kaki agar nantinya tidak sampai membuat kaki anak kesakitan akibat bahannya, seperti halnya lecet pada kaki anak.

Untuk sepatu anak anak laki laki, mereka memiliki banyak aktivitas yang terkadang lebih banyak jika dibandingkan dengan anak perempuan.

Terkadang saat sedang di sekolah dan pada saat waktu istirahat, anak laki-laki akan memilih untuk melakukan kegiatan atau aktivitas seperti halnya bermain sepak bola, kejar-kejaran maupun lainnya.

Sehingga harus benar-benar memakai sepatu dengan bahan yang baik dan juga tahan lama namun tidak menghilangkan kenyamanan saat dipakai.

Pentingnya memilih dengan tepat sepatu untuk anak

Memilih sepatu untuk anak yang perlu diperhatikan oleh para orang tua yaitu sebagai berikut ini;

  1. Ukur kaki anak dengan tepat; merupakan hal yang penting untuk selalu mengukur kaki anak saat akan membelikan sepatu. Perkembangan dan juga pertumbuhan anak yang terkadang tidak terasa dan juga cepat juga kadang tidak disadari. Tentunya pertumbuhan ini juga memengaruhi kaki anak sehingga orang tua tidak bisa selalu menggunakan pengukuran kaki yang sebelumnya untuk membeli sepatu. Terlebih lagi jika tidak bisa bersama dengan anak ke toko sepatu tersebut, tentunya harus teliti untuk membeli ukuran sepatu yang tepat. Tak jarang, banyak orang tua yang juga memilih untuk membuat pola telapak kaki anak agar tidak salah untuk memberikan ukuran sepatu pada anaknya. Ukuran dari karton tersebut juga sebaiknya ditambah sekitar satu hingga dua sentimeter pada bagian jari-jari kakinya. Sehingga saat akan memilih sepatu untuk anak, tinggal pola karton tersebut dimasukkan ke dalam sepatu untuk mengukur sesuai atau tidaknya.
  2. Jangan abaikan ukuran salah satu kaki; dengan kata lain, jangan samakan ukuran antara kaki kanan maupun juga kaki kiri anak. Karena biasanya ukuran kaki antara satu dengan yang lainnya ada sedikit perbedaan. Lebih baik juga jika memakai atau menyesuaikan dengan bagian kaki yang memiliki ukuran lebih besar. Hal lain untuk bisa lebih mudah lagi yaitu dengan memperhatikan saat anak sedang berjalan. Baik tampilannya maupun juga cara atau sikap anak tersebut sedang berjalan. Biasanya akan terlihat jika sepatu yang tidak terasa nyaman akan terlihat saat anak berjalan memakai sepatu yang dipakaikan tersebut.
  3. Pilih model sepatu yang paling nyaman; seperti halnya model sepatu dengan menggunakan perekat akan lebih mudah untuk anak. Seringkali karena sangat aktif, maka sepatu yang dipakai akan mudah lepas sehingga tentunya akan membuat anak menjadi tidak nyaman. Meskipun baik juga jika meggunakan tali pengikat, namun memilih menggunakan perekat lebih baik untuk anak karena lebih mudah. Biasaya anak akan kesulitan untuk menalikan sepatunya kembali atau bahkan juga dibiarkan talinya terlepas hingga berbahaya karena bisa membuat terjatuh jika tali sepatu yang tidak di ikat kembali tersebut terinjak oleh kaki lainnya, misalnya.
  4. Pilih sepatu dengan bahan berpori; misalnya saja sepatu yang berbahan kanvas atau lebih baik lagi jika berbahan kulit. Sepatu yang berpori juga memiliki ketahanan yang kuat dan juga lama, dan dengan adanya celah atau pori akan membuat kaki anak tetap kering dan juga dingin sehingga tidak lembap. Tentunya hal ini juga akan membantu dalam mencegah terjadinya bau pada kaki yang menandakan adanya kuman dan bisa membuat kaki melepuh sehingga anak akan merasa tidak nyaman.
  5. Hindari membeli sepatu dengan tumit tinggi; yang biasanya akan diberikan untuk anak perempuan. Meskipun mungkin itu akan terlihat modis untuk anak, namun seorang anak tetap harus didandani layaknya anak seusianya, termasuk dengan memakaikan sepatu. Tumit yang tinggi bukan hanya akan membuat anak menjadi sulit untuk berjalan, akan tetapi juga akan memberikan dampak yang kurang baik untuk pertumbuhan si anak, khususnya pertumbuhan pada bagian kaki. Sol sepatu yang datar ataupun juga rata masih tetap paling baik untuk anak.
  6. Usahakan tidak mewariskan sepatu;biasanya sepatu akan diwariskan, terlebih lagi dari kakak kepada adiknya. Hal ini sah-sah saja, terutama jika bentuk kakinya pun memang sesuai atau tidak jauh berbeda antara kakak dengan adiknya. Namun yang lebih utama lagi harus memberikan atau menurunkan sepatu yang memang keadaanny telah bersih. Karena jika sepatu dalam keadaan masih kotor, akan banyak kuman yang bersarang di dalam sepatu, terlebih lagi jika telah usang sehingga dapat menimbulkan kutu air dan juga jamur.

Anak-anak memang harus selalu diperhatikan secara khusus, bukan hanya makanan maupun juga aktivitasnya, tetapi juga apa yang dipakainya atau dengan kata lain soal fashion-nya.

Terlebih lagi jika anak telah memasuki masa sekolah hal tersebut tentunya juga sangat penting mengingat sebagian besar waktu yang ada adalah di sekolah.

Sepatu yang nyaman dengan kualitas yang pas untuk anak juga tidak harus selalu memiliki harga yang mahal.

Jika pandai dalam memilih, banyak sepatu anak dengan kualitas yang bagus namun dengan harga yang sesuai dan juga terjangkau. Rata-rata harga sepatu anak sekolah juga tidak lebih mahal namun tetap nyaman saat dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *