kerajinan kayu

#7 Kerajinan Kayu Di Indonesia Yang Menjadi Incaran Wisatawan

Diposting pada

Indonesia memiliki banyak kesenian dan budaya yang patut dilestarikan. Salah satu kesenian yang menjadi komoditi ekspor adalah kerajinan kayu.

Beberapa kerajinan kayu di Indonesia sangat populer di luar negri karena kualitas bahan dan pembuatannya yang tergolong masih manual.

Benda yang pembuatannya masih manual sangat bernilai tinggi diluar negri dibanding benda pabrikan yang mudah rusak. Keawetan inilah yang digemari para wisatawan dalam mengoleksi kerajinan kayu dari Indonesia.

Kerajinan kayu saat ini mulai banyak digemari lagi. Selain bahannya yang awet, kayu juga sangat fleksibel dengan hiasan. Baik pewarnaan maupun ukiran, dapat juga diberi gambar agar lebih menarik.

Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai benda-benda dari kayu seperti meja, kursi, almari dan lainnya. Selain sebagai produsen asli, masyarakat Indonesia juga sangat menghargai produk kerajinan dari kayu ini.

Terlihat dari makin ramainya pasar kerajinan kayu dengan persaingan harga yang sangat kompetitif. Para produsen berlomba-lomba membuat kreasi baru yang berbeda sehingga menambah peminat jenis kerajinan ini.

Mereka tidak ingin kalah dalam memberikan ide yang dapat diterima banyak orang dan menarik minat untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Inilah 7 kerajinan kayu di Indonesia yang menjadi incaran wisatawan.

  1. Miniatur Kayu

Miniatur merupakan tiruan sebuah benda dalam bentuk yang lebih kecil atau mini. Beberapa benda yang dapat dijadikan miniatur sangat banyak, hanya saja para pengrajin membuat benda yang banyak diminati oleh orang banyak saja seperti mobil, motor, kapal, dan sepeda.

Apabila anda berminat, anda bisa memesan pada pengrajin sebuah benda yang ingin anda jadikan miniatur misalnya piano, gitar atau drum. Kayu yang digunakan dalam kerajinan ini biasanya kayu karna. Jenis kayu ini dipilih karena teksturnya yang keras dan memiliki serat yang unik sehingga jika dibuat kerajinan miniatur akan lebih cantik dan menarik.

  1. Furniture

Jenis kerajinan yang satu paling banyak penggemarnya karena dapat digunakan sebagai peralatan yang sangat bermanfaat. Tujuan pembuatan furniture yakni untuk mempermudah manusia dalam menjalani aktifitas, jadi ide pembuatan furniture dibuat fungsional.

Artinya, bentuk dan ukurannya dibuat sesuai kebutuhan. Benda-benda yang termasuk furniture adalah kursi, meja, almari, dan rak piring atau rak buku.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan ini sangat bervariasi, ada kayu jati, kayu sonokeling, kayu linggua, kayu sengon dan masih banyak lagi.

Harga kayu linggua dan lainnya juga bervariasi sesuai dengan usia kayu ketika ditebang. Jadi harga furniture yang ditawarkan juga akan disesuaikan dengan bahan dan besarnya ukuran benda tersebut.

  1. Ukiran

Indonesia terkenal dengan seni ukir sangat bervariatif, kota ukiran yang paling terkenal yakni Jepara. Kota ini memiliki desain ukiran yang sangat detail, rumit dan cantik sehingga banyak penggemar ukiran rela datang langsung ke Jepara untuk melihat dan memilih sendiri ukiran yang cocok dengan selera.

Hampir semua kerajinan yang dapat diukir dengan mudah seperti kursi, pigura, atau almari. Bahkan ada juga ukiran nama dari kayu yang bisa dipasang dimana saja. Bisa diukir pada almari, gantungan kunci atau miniatur.

  1. Tempat pensil

Kerajinan yang satu ini ukurannya kecil dan sangat bervariasi. Dapat diletakkan dimeja, di tempel ke dinding atau bisa dibawa kemana saja dengan mudah tanpa tumpah.

Jenis kerajinan ini sangat cocok digunakan sebagai souvenir dalam pernikahan atau acara seminar. Anda bisa menyesuaikan dengan bentuk dan harga sesuai kebutuhan.

Melalui website ini anda bisa membeli berbagai kerajinan yang bisa dipilih dengan mudah melalui gambar. Kami jual kerajinan kayu dengan harga yang bersahabat.

  1. Kaca mata

Benda unik yang satu ini mulai digemari karena kacamata yang terbuat dari kayu masih sangat langka keberadaannya. Indonesia merupakan negara pelopor yang membuat benda unik ini.

Frame yang terbuat dari kayu sangat ringan dan keren karena memiliki warna alami yang cocok dengan kulit wajah. Bentuk kaca mata kayu ini bermacam-macam, ada yang kotak, ada yang bulat dan ada yang bentuk bintang atau lainnya.

Keberadaan kerajinan ini banyak diminati masyarakat di luar Indonesia seperti Amerika Serikat, Qatar, Australia, Malaysia, Singapura, Belanda, dan Denmark.

  1. Lukisan

Kerajinan yang satu ini banyak ditemui di Papua karena daerah ini memiliki kebiasaan menggambar dimana saja. Menggambar di batu, pohon dan lainnya.

Kebiasaan ini terjadi karena adat nenek moyang dan kepercayaan mereka yang bercerita melalui gambar. Dahulu mereka meninggalkan cerita melalui gambar pada gua-gua atau batu besar sebagai bahasa penyampaian untuk generasi penerus.

Lukisan dari kayu memiliki ukuran kecil hingga besar. Kerajinan ini bisa dipamerkan dalam sebuah acara dan menjadi incaran para pelancong yang datang ke Indonesia sebagai oleh-oleh.

  1. Topeng

Kerajinan yang satu ini sangat populer di Indonesia sejak dahulu hingga sekarang. Indonesia dapat membuat topeng dengan beragam mimik wajah. Topeng dengan wajah tersenyum, menangis, tertawa terbahak, sedih, kecewa, melongo dan sebagainya.

Harga topeng bervariasi sesuai ukuran, bentuk dan kerumitannya. Topeng biasanya digunakan dalam kesenian tari atau dalam acara tertentu. Dapat juga digunakan sebagai hiasan dinding dirumah agar rumah terlihat lebih bewarna.

Demikian informasi singkat mengenai 7 kerajinan kayu di Indonesia yang menjadi incaran wisatawan. Beberapa kerajinan tersebut masih tergolong sedikit dibanding kerajinan kayu lain yang masih belum saya sebutkan. Kerajinan kayu di Indonesia sangat banyak hanya saja penjualannya ada yang belum sampai ke luar negri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *