kemandulan

Ciri-Ciri Kemandulan Pada Wanita dan Pria

Diposting pada

Bagi anda yang sudah menikah tapi sampai sekarang belum dikarunia momongan tidak ada salahnya kalau kita membaca pernyataan dari ” dokter Made sanitca indah yang  akan membahas tentang ciri-ciri kemandulan pada pria dan wanita

Apa itu kemandulan?

kemandulan itu sendiri adalah proses gagalnya sel telur bertemu dengan sperma atau tidak terjadinya pembuahan antara sperman dan ovum.tapi menurut dokter made sanitca Jangan sedih dulu kalau misalnya baru awal menikah kemudian tidak langsung mendapatkan anak belum tentu itu di sebabkan kemandulan. biasanya kemandulan itu apabila kamu sudah melakukan hubungan seksual secara berturut-turut selama kurang lebih 12 bulan Kemudian kamu mengalami kegagalan untuk pembuahan itu baru disebut kemandulan

Apa saja ciri-ciri kemandulan pada pria?

ciri-ciri secara fisik untuk kemandulan tidak dapat dilihat begitu saja tapi biasanya kalau dari ciri-ciri Seksual itu bisa kelihatan.dan berikut ini adalah ciri-cirnya :

  • rambut pubis atau rambut di kemaluan tumbuh tipis atau tidak ada, dan biasanya karena hormonal.
  • Gangguan pada testis atau buah zakar misalnya salah satu testisnya tidak ada atau tidak normal sejak lahir, atau bisa juga terjadi pembengkakan atau kemerahan pada buah zakar atau bisa juga buah zakar lebih kecil dari pada laki-laki kebanyakan.
  • Pria yang obesitas juga memiliki potensi dari kemandulan
  • Pria perokok juga mempunyai potensi juga dari kemadulan ini
  • Hidup tidak teratur ( jarang olah raga secara rutin, kemudian ada beberapa penyakit penyerta misalnya memiliki riwayat di keluarga yang mempunyai kemandulan juga)
  • ciri yang lain dari kemandulan ini bisa disebabkan penyakit pada sperma.
  • Kemudian trauma atau kecelakaan yang terjadi pada daerah kemaluan pria bisa menyebabkan kemandulan juga.

Apa yang menyebabkan kemandulan pada pria?

Biasanya yang paling sering sih gangguan pada testis dan menurut dokter Made sanitca bisa terjadi karena adanya infeksi testis misalnya terpelintir nya testis itu juga bisa menyebabkan kemandulan karena testis itu adalah tempat terbentuknya sperma jadi apabila proses pembentukannya saja sudah tidak baik maka kualitas dari spermapun kualitasnya menjadi tidak baik pula.

biasanya yang paling berpengaruh pada proporsi tubuh itu adalah kualitas dari sperma, jadi sperma itu kan kita mencari yang tepat kemudian bisa sampai ke sel telur itu dengan tepat dengan kualitas yang baik. Tetapi kadang-kadang kalau misalnya pria obesitas itu biasanya gerakan spermanya lebih lambat, kemudian bentuk sperma yang kurang sempurna misalnya tidak ada kepalanya, ekor saja maka itu tidak akan bisa terjadi pembuahan.

Apa saja ciri-ciri kemandulan pada wanita?

Biasanya kalau ciri-ciri kemandulan pada wanita yaitu biasanya pertama kadang wanita ini yang biasa

  • memiliki siklus menstruasi yang kurang teratur Jadi biasanya dalam 3 bulan atau dalam setahun kadang menstruasi nya agak terlalu lama bisa kan 5-7 hari ini bisa sampai 10 hari 15 hari.
  • Pendarahan lebih saat menstruasi->siklus menstruasi yang 1 kali menstruasi itu perdarahannya banyak ini bisa sampai berapa kali ganti pembalut.
  • Pendarahan diluar siklus menstruasi->kemudian yang selanjutnya bisa juga misalnya ada timbulnya perdarahan di sela atau di jenjang antara siklus menstruasi yang satu dengan yang lainnya itu Kalau sampai ada perdarahan biasanya penyebab untuk penyakit lainnya misalnya seperti miom,kanker itu bisa menyebabkan beberapa kemandulan. terus kalau misalnya sama pada fisiknya kalau pada organ kewanitaan biasanya
  • rambut pubis nya sedikit atau cenderung botak.
  • kemudian wanita-wanita dengan obesitas juga bisa menyebabkan kemandulan.
  • Capek Kerja-> beberapa wanita biasanya terlalu sering bekerja atau terlalu keletihan itu juga dapat menyebabkan penurunan dari produksi sel telurnya.

Apa yang menyebabkan kemandulan pada wanita?

biasanya paling sering itu adalah hormonal jadi dari siklus menstruasi yang paling sering bisa kita lihat. dan inita bisa perbaiki dari sisi medis,yaitu pertama kali yang dilihat ketika dalam 3 bulan berturut-turut itu ada salah satu siklus yang diluar normal maka harus segera diberikan atau dikonsultasikan kepada dokter obgyn.

Biasanya nanti ketika di dokter abgyn akan diberikan terapi hormonal atau beberapa obat hormonal untuk memperbaiki apabila memang masih bisa diperbaiki, kemudian kita lakukan rencana untuk melakukan pembuahan atau pertemuan antara sel telur dengan sel sperma jadi nanti biasanya akan dijelaskan oleh dokter obgyn. salah satu penyebab kemandulan itu bisa juga disebabkan oleh penyakit di rahim salah satunya adalah endometriosis (penyakit rahim).endometriosis ini adalah seperti rahim yang berada diluar rahim jadi bisa aja pembuahan itu terjadi dimana saja salah satunya karena endometriosis ini.

kemudian hal yang lain bisa terjadi di Tuba Fallopi jadi pembuahan terjadi pada saluran pada saat menuju ke rahim itu terjadi pembuahan tetapi kadang bisa menyebabkan namanya kehamilan ektopik atau kehamilan luar rahim hal tersebut bisa menyebabkan kegagalan dari pembentukan janin.

Apa yang harus dilakukan kalau mengalami gejala kemandulan?

apabila sudah ada beberapa gejala-gejalanya seperti disebutkan diatas tentu saja harus datang ke dokter obgyn untuk Periksa dan melihat Apakah ada resiko yang dapat menyebabkan kemandulan, kemudian bisa juga ke dokter spesialis infertilitas untuk melihat apa yang bisa dilakukan selanjutnya.

untuk pemeriksaan apabila memang benar-benar terjadi kemandulan bisa dilakukan juga beberapa pemeriksaan sehingga bisa direncanakan untuk misalnya seperti bayi tabung atau beberapa pemeriksaan lainnya untuk mempermudah kehamilan.

Menurut dokter Made sanitca indah kemandulan itu bukan berarti kita tidak bisa hamil lagi. tapi kalau dari sisi wanita yang merasa paling sedih. biasanya kemandulan bisa terjadi karena tidak bertemunya sperma dengan sel telur, misalnya sel telurnya sudah siap tetapi sperma yang dikeluarkan oleh laki-laki tidak sampai pada sel telur oleh karena itu bisa menyebabkan kemandulan.Jadi bukan berarti laki-laki itu tidak bisa mengeluarkan sperma.

sama juga sperma nya sudah datang ternyata masa ovulasinya atau masa pengeluaran sel telur dari wanita ternyata belum saatnya. jadi kita harus berkonsultasi lebih jauh dengan dokter apabila memang dalam satu tahun setelah dicoba berapa bulan bulan tidak bisa mempunyai momongan.

demikian ciri-ciri kemandulan pada pria dan wanita.dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

sumber : bit.ly/2TJdcOs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *