jenis dan fungsi kuas makeup

8 Jenis dan Fungsi Kuas Makeup yang Wajib Diketahui

Diposting pada

Para wanita umumnya menyukai make up dan mengikuti tutorial dari beauty blogger. Akan tetapi memiliki make up saja tidak cukup, ada beberapa skill yang perlu dilakukan dengan alat makeup tertentu salah satunya kuas. Apa saja jenis dan fungsi kuas makeup? Simak penjelasannya berikut ini.

Jenis dan Fungsi Kuas Makeup

1. Kuas Foundation

kuas foundation.jpg

Foundation akan lebih merata jika menggunakan kuas foundation dibandingkan menggunakan tangan. Kuas ini memiliki bulu yang lebih lembut karena akan bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Bentuk kuasnya biasanya lebih kecil dengan gagang panjang 7-10 cm. Fungsinya adalah untuk meratakan foundation sebelum memakai bedak.

2. Kuas Powder

kuas powder

Berbeda dengan kuas foundation, kuas Powder biasanya memiliki bentuk yang lebih bulat dengan bulu yang lebih renggang dibandingkan kuas foundation. Selain itu bentuk kuas ini biasanya membulat dan tidak pipih agar powder bisa menempel dengan sempurna di kulit. Kuas ini digunakan dengan menepuk ringan kuas ke wajah.

3. Kuas Kontur

kuas kontur

Kuas Kontur atau contour brush adalah kuas untuk membentuk kontur yang memberikan bentuk baru bagi wajah. Teknik kontur biasanya digunakan untuk memperjelas tulang rahang dan membuat kita terlihat lebih tirus atau lebih mancung. Selain itu kuas ini memiliki panjang yang tidak simetris agar bisa lebih mudah membentuk kontur pada wajah.

4. Kuas Blush On

kuas Blush on

Memakai bedak tidak lengkap jika tidak menambahkan sedikit warna pada pipi agar wajah tidak terlihat terlalu pucat. Pemakaian blush on terutama yang berbentuk powder atau padat lebih mudah jika menggunakan kuas blush on. Berbeda dengan kuas sebelumya, kuas ini memiliki bentuk membulat dengan bulu pendek hingga panjang (tidak sama panjangnya). Gagang kuas blush on juga biasanya lebih langsing dibandingkan kuas powder.

5. Kuas Concealer

kuas concealer

Jika foundation biasanya digunakan untuk meratakan warna wajah, concealer memiliki fungsi untuk menutupi bagian-bagian wajah yang tidak bisa tercover oleh foundation seperti kantung mata, bekas jerawat, dan tahi lalat. Kuas concealer lebih kecil dan ramping agar kita bisa menjangkau spot terkecil pada wajah menggunakan concealer. Concealer biasanya digunakan setelah memakai foundation dan sebelum memakai bedak.

6. Kuas Eye Shadow

kuas eyeshadow

Kuas yang sedikit mirip dengan kuas concealer karena ukurannya yang kecil adalah kuas eye shadow. Eye shadow berfungsi untuk memberikan warna pada kelopak mata. Dengan menggunakan kuas ini maka kita bisa menambahkan warna eye shadow palette pada kelopak mata dan mengatur ketebalannya dengan mudah. Bentuknya kecil dan pipih dengan gagang yang pipih dipangkalnya agar bisa mencapai sudut kelopak mata dengan mudah.

7. Kuas Bibir

kuas bibir

Memberikan warna lipstik pada bibirnya tidak hanya diaplikasikan langsung menggunakan batang lipstik namun juga lebih detail dengan menggunakan kuas bibir. Kuas ini berbentuk kecil dan runcing agar kita bisa membentuk garis bibir dengan mudah dan membuat lipstik teraplikasi dengan merata pada bibir.

8. Kuas Alis

kuas alis

Berbeda dengan kuas lainnya, kuas alis lebih jarang dipakai. Kuas alis biasanya digunakan untuk merayakan warna alis yang sudah diwarnai dengan pensil alis. Selain itu kuas ini juga bisa membuat alis terlihat lebih rapi dan simetris. Bentuk kuas ini pipih pada ujungnya dengan panjang asimetris. Ada juga yang bentuknya spiral atau disebut juga spooli untuk menyisir alis agar terlihat lebih rapi.

Itulah 8 jenis dan fungsi kuas makeup yang wajijb diketahui sebelum mengaplikasikan make up pada wajah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *