wisata

Informasi wisata paket komplit Gili Trawangan Lombok NTB dari A-Z

Gili Trawangan adalah tempat yang sudah dikenal oleh banyak orang.  Wisatawan yang pergi ke Bali juga biasanya menyempatkan berkunjung ke sana.

Gili berarti pulau kecil dan Gili Trawangan adalah gugusan pulau kecil dengan ukuran yang paling besar diantara Gili Air dan Gili Meno.

Gili Trawangan memiliki pantai yang tidak kalah indah dengan pantai Bali. Jika dibandingkan dengan Bali, beberapa wisatawan yang ingin merasakan ketenangan alam lebih memilih Gili Trawangan sebagai tempat liburan yang tepat.

Lokasi Gili Trawangan

Gili Trawangan terletak di Desa Gili Indah Kabupaten Lombok Utara. Pulau ini menjadi tujuan wisata utama yang ada di Lombok.

Walaupun Gili Trawangan merupakan pulau kecil, namun fasilitas yang ditawarkan sudah bagus dan lengkap.

Untuk menuju Gili Trawangan, Anda bisa menggunakan fast boat dan naik perahu kayu dari Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara.

Namun, transportasi paling umum adalah menggunakan fast boat dikarenakan perjalanannya yang cepat sekitar 2 jam saja.

Eka Jaya Patagonia Xpress, dan Wahana Gili Ocean merupakan beberapa rekomendasi fast boat yang dapat Anda gunakan menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan yang diinginkan.

Jika Anda pergi dari Senggigi, Anda juga bisa menggunakan Golden Queen Fast Boat.

Destinasi Wisata Gili Trawangan

Gili Trawangan terkenal dengan pemandangan pantainya yang eksotis dan indah.

Wisata yang ditawarkan juga sangat beragam, Anda bisa mencoba berbagai aktivitas menarik yang ada di sana. Beberapa destinasi wisata dan aktivitas yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:

  •       Snorkeling

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan bawah laut yang indah, Anda bisa mencoba aktivitas snorkeling. Paket snorkeling yang ditawarkan adalah aktivitas snorkeling di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

snorkling gili trawangan
source:tripadvisor.com

Spot yang biasanya dikunjungi adalah spot coral garden, spot turtle point, dan spot blue coral. Biaya yang dikeluarkan untuk paket snorkeling juga sudah termasuk makan siang di Gili Air. Umumnya, dalam sehati terdapat dua kali keberangkatan, yaitu pagi dan siang hari.

Keindahan bawah laut Gili Trawangan disebut-sebut juga tidak kalah indah dengan taman laut Bunaken.

  •       Diving

Apabila Anda sudah terbiasa dengan diving maka jangan sampai Anda melewatkan aktivitas diving di Gili Trawangan.

diving gili trawangan
source:gili-fastboat.com

Terdapat banyak spot indah dan menarik yang bisa Anda pilih. Harga untuk aktivitas diving yaitu sekitar R490 ribu per spot.

Namun, jika Anda belum memiliki driving license maka Anda bisa membayar Rp950 ribu untuk introduction diving.

  •       Menikmati kuliner seafood segar

Hampir sama dengan daerah pantainya, di Gili Trawangan Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan seafood yang ada.

kuliner seafood
source:blogspot.com

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Night Market. Di sini, Anda bisa membeli sate seafood yang bervariasi mulai dari harga Rp20 ribu per tusuk.

Sate seafood yang dijual, seperti cumi-cumi, ikan tuna, ikan kakap, ikan marlin, dan sebagainya.

  •       Nonton film di open air movie

nonton movie diatas air
source:booking.com

Jika biasanya bioskop adalah ruang tertutup, di Gili Trawangan terdapat open air movie di mana Anda bisa menikmati film di ruang terbuka. Terdapat dua tempat yang Anda pilih yaitu di Hotel Aston dan Ombak Villa.

  •       Keliling pulau menggunakan cidomo

cidomo gili trawangan
source:hipwee

Berbeda dengan di kota besar, di Gili Trawangan hanya ada tiga kendaraan yang dapat digunakan, cidomo atau delman, motor listrik, dan sepeda. Keberadaan motor listrik sendiri sangat jarang digunakan oleh wisatawan.

Jika Anda berkunjung dengan anak tentu saja berkeliling menggunakan cidomo akan menjadi aktivitas yang seru.

  •       Berkunjung ke tempat penetasan penyu

Dari Night Market ke arah utara maka Anda bisa menemukan tempat penetasan penyu.

penetasan penyu
source:blogspot.com

Di tempat tersebut, penyu-penyu kecil dilestarikan untuk akhirnya dilepaskan kembali ke habitatnya. Oleh karena itu, jika beruntung Anda bisa melihat penyu ketika snorkeling atau diving.

  •       Yoga

Salah satu olahraga favorit yang banyak dilakukan oleh turis asing adalah yoga.

yoga gili trawangan
source:tripadvisor.com

Apabila Anda menyukai yoga, Anda juga bisa mencoba melakukan yoga di Gili Trawangan. Kegiatan ini bisa dilakukan di Quiet Yoga Centre yang berada di Trawangan Hill.

Aktivitas yoga ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang mencari ketenangan

  •       Berkuda di pinggir pantai

Selain menaiki cidomo atau delman, Anda juga bisa merasakan sensasi yang menyenangkan dengan berkuda di pinggir pantai.

berkuda di gilitrawangan
source:tempo.co

Anda bisa menunggangi kuda di pinggir pantai dengan mengeluarkan uang sekitar Rp350 ribu per jam.

Ketika berkuda, Anda akan merasakan ketenangan dan menikmati sensasi angin pantai yang sejuk. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dengan indah apalagi saat matahari terbenam.

  •       Melihat matahari terbenam

Tentu saja Anda tidak ingin melewatkan pemandangan matahari terbenam yang indah ketika berlibur di pantai.

Saat sunset, Anda bisa mengabadikan foto pemandangan sunset atau foto Anda dengan latar belakang sunset yang cantik.

Jika Anda ingin menikmati sunset di Gili Trawangan, Anda bisa coba pergi ke arah selatan dari pasar yang merupakan sunset point.

  •       Mencicipi Gili Gelato

Selain kuliner seafood, jangan sampai Anda tidak mencicipi gelato yang ada di Gili Trawangan.

gili gelato
source:tripadvisor.com

Terdapat banyak penjual gelato dengan nama Gili Gelato yang menjual gelato dengan harga sekitar Rp20 ribu per scoop.

Selain gelato, Anda juga bisa mencoba berbagai menu ringan lainnya, misalnya creper atau french fries sambil menikmati pemandangan.

Paket Tour Gili Trawangan

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Gili Trawangan mungkin Anda masih bingung tujuan wisata dan rekomendasi menarik lainnya.

Solusi yang dapat Anda pilih adalah dengan menggunakan paket wisata atau paket tour lengkap.

Anda juga tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang besar ketika berlibur di Gili Trawangan.

Di sana juga sudah tersedia beberapa gerai ATM sejak Anda turun dari fast boat. Beberapa rekomendasi paket tour Gili Trawangan, yaitu:

  •       Tourlombok.co.id

Bagi Anda yang berangkat dari Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, atau kota lainnya maka Anda bisa menggunakan paket wisata yang ditawarkan oleh tourlombok.co.id.

Tourlombok.co.id menawarkan fasilitas penjemputan di bandara saat Anda tiba di lombok.

Mulai dari Rp1,3 juta Anda bisa menikmati wisata di Gili Trawangan selama tiga hari dua malam.

Biaya tersebut sudah meliputi tempat penginapan, driver guide, sarapan, transport, biaya masuk objek wisata, makan, lokal guide, dan private speed boat.

  •       Bliputu.com

Ketika Anda berada di Bali mungkin Anda juga ingin sekalian berkunjung ke Gili Trawangan.

Bliputu.com menawarkan paket wisata singkat selama dua hari satu malam dari Bali. Anda akan dijemput dari Kuta, Legian, Sanur, Ubud, atau Seminyak menggunakan fast boat.

Harga paket yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp1 juta yang sudah termasuk dengan biaya antar jemput hotel di Bali, menginap di bungalow dengan pemandangan kolam renang, serta tiket fast boat PP Bali- Gili Trawangan.

  •       Hargapaketwisatalombok.com

Paket tour yang ditawarkan oleh hargapaketwisatalombok.com sudah termasuk pergi ke Gili Trawangan dan Gili Meno, Bukit Malimbu, Pantai Selatan Pulau Lombok, Desa Adat Suku Sasak, Desa Sukarara, dan Gallery Budidaya Mutiara Air.

Wisatawan juga akan mengunjungi Monkey Forest, kota tua, Islamic Center NTB, dan pusat kerajinan tenun dan gerabah.

Hotel dan Vila Rekomendasi Gili Trawangan

Ada banyak tempat penginapan yang bisa Anda pilih ketika berlibur di Gili Trawangan.

Mulai dari harga yang murah sampai dengan tempat penginapan mewah juga ada di sini. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dengan fasilitas yang disediakan oleh tempat penginapan.

Selain itu, banyak masyarakat yang menawarkan rumahnya untuk dijadikan guest house ketika keadaan ramai.

Beberapa rekomendasi hotel dan vila sebagai tempat istirahat saat berlibur di Gili Trawangan, yaitu:

  1.   Marc Hotel Gili Trawangan

Salah satu hotel rekomendasi yang dapat Anda pilih ketika berlibur ke Gili Trawangan adalah Marc Hotel Gili Trawangan. Hotel ini berada di lokasi yang cukup strategis dan berjarak kira-kira 100 meter dari Pelabuhan Gili Trawangan.

Selain itu, di sini tamu dapat memililih tiga tipe kamar. Anda bisa memilih opsi kasur yang bermacam-macam, kasur paling empuk sampai keras juga tersedia. Marc Hotel Gili Trawangan adalah hotel bintang empat yang memiliki berbagai fasilitas yang memadai.

Bagi tamu yang ingin menikmati keindahan pemandangan langit Gili Trawangan dengan cara yang berbeda, Anda bisa mencoba berenang di kolam yang ada di rooftop hotel.

Berbagai hidangan untuk sarapan juga tersedia di hotel yaitu menu masakan lokal, Amerika, makanan halal, dan menu vegetarian. Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp900 ribuan untuk bisa menikmati berbagai fasilitas dan pelayanan yang baik dari Marc Hotel Gili Trawangan.

  1.   Pearl of Trawangan

Apabila Anda ingin merasakan keeksotisan daerah tropis maka Pearl of Trawangan bisa menjadi pilihan untuk Anda. Hotel ini memiliki desain yang menggabungkan desain Western dan Eastern, sehingga Anda akan dibuat terpesona dengan desainnya yang menarik.

Selain itu, Pearl of Trawangan juga menyediakan berbagai tipe kamar dan cottage yang dapat tamu pilih berdasarkan keinginan. Setiap kamar yang ada di hotel memiliki pemandangan yang indah yaitu pemandangan Gunung Agung dan Gunung Rinjani.

Salah satu fasilitasnya adalah kolam renang yang dapat dinikmati untuk bersantai menikmati indahnya Gili Trawangan. Terdapat hot tub dengan pemandangan taman yang membuat kesan lebih asri dan sejuk.

Harga kamar per malam di Pearl of Trawangan dipatok mulai dari Rp900 ribuan.

  1.   White Bamboo Resort

Ketika Anda berlibur bersama keluarga tentu Anda memerlukan hotel yang ramah keluarga. Suasana dan pelayanan yang ditawarkan oleh White Bamboo Resort dirasa sangat cocok untuk dipakai sebagai tempat istirahat selama liburan dengan keluarga.

Selain itu, White Bamboo Resort juga menawarkan layanan kamar, sehingga tamu yang membutuhkannya akan merasa sangat terbantu. Lokasi hotel juga dekat dengan Masjid Agung Baiturrahman yang merupakan tempat terkenal di Gili Trawangan hanya sekitar 500 meter.

Anda juga akan mudah mencari makanan disekitar hotel, terdapat beberapa tempat makan Spanyol yang berdekatan dengan White Bamboo Resort.

  1.   Pera ONE Villas

Ingin suasana yang lebih private maka Anda bisa memilih tempat penginapan berupa vila dibandingkan hotel. Pera ONE Villas dengan lokasi yang hanya berjarak sekitar 8 menit dari pantai menawarkan berbagai fasilitas yang mewah.

Di dalam setiap unit, Anda bisa mendapatkan fasilitas TV LCD, AC, teras yang nyaman, kamar mandi, kolam renang pribadi, dan sepeda gratis. Saat menginap di Pera ONE Villas, Anda akan merasa kenyamanan yang ditawarkan.

Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar vila, salah satunya adalah mengunjungi Pasar Seni Gili Trawangan dan Konservasi Penyu Gili Trawangan.

  1.   Gili Treehouse

Berlibur ke Gili Trawangan untuk menghindari dari kebisingan kota akan lebih lengkap sambil menginap di Gili Treehouse. Vila ini memiliki bentuk desain yang menarik yaitu seperti rumah pohon. Pemandangan yang ditawarkan juga luar biasa indah penuh dengan area hijau.

Fasilitas yang tersedia yaitu seperti AC, balkon, mini bar, dapur pribadi, kolam renang pribadi, sepeda gratis, dan fasilitas lainnya. Sarapan yang disediakan oleh pengelola akomodasi yaitu sarapan kontinental atau vegetarian.

Kuliner Khas Gili Trawangan

Ketika berlibur tentu Anda harus mencoba berbagai makanan khas tempat tersebut.

Namun, agar budget yang sudah direncanakan memadai Anda harus bisa memilih tempat makan yang sesuai dengan keinginan dan budget tersebut.

Selain makanan lokal khas Gili Trawangan, sudah terdapat banyak tempat makan yang menawarkan berbagai menu masakan, baik itu menu lokal maupun internasional. Berikut ini merupakan beberapa kuliner yang dapat Anda nikmati saat berlibur di Gili Trawangan, yaitu:

  1.   Kuliner lobster khas Gili Trawangan

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Gili Trawangan tanpa menikmati kelezatan masakan lobster. Anda bisa menikmati hidangan lobster di beberapa restoran yang ada.

  •       Scallywags Organic Seafood Bar & Grill

Scallywags adalah restoran yang banyak direkomendasikan oleh wisatawan yang pernah mencicipi masakan seafood di sana. Seafood yang ditawarkan selalu segar dengan bumbu khanya yang enak.

Jika Anda ingin menikmati lobsternya maka Anda harus cepat pergi ke restoran, karena biasanya selalu habis diburu oleh pembeli.

  •       The Beach House

Walaupun Scallywags adalah restoran yang terkenal, namun tidak ada salahnya Anda mencicipi masakan seafood di The Beach House. Umumnya, pembeli yang ingin merasakan lobster namun kehabisan di Scallywags akan pergi ke The Beach House.

  1.   Kuliner murah

Tidak hanya ada restoran mahal, para wisatawan juga bisa mencari makanan dengan harga yang murah secara mudah di Gili Trawangan. Berikut beberapa pilihan tempat makan yang dapat Anda coba, yaitu:

  •       Warung Dewi

Warung Dewi menjadi salah satu tempat makan murah favorit banyak wisatawan. Warung ini berlokasi di belakang Pasar Tradisional Gili Trawangan. Selain itu, Kamu juga bisa memesan makanan khas yaitu ayam taliwang.

Apabila dibandingkan dengan restoran, tentu saja masakan yang dijual di Warung Dewi ini memiliki harga yang murah dengan menu khas Lombok enak yang beragam.

  •       Warung Sasak

Jika Anda sedang berada di dekat Pelabuhan Gili Trawangan, Anda bisa makan di Warung Sasak. Beberapa menu yang disajikan di Warung Sasak yaitu nasi plecing, nasi ayam lalapan, nasi bajo, dan menu lainnya.

  •       Art Market

Saat malam hari tiba, Anda bisa menikmati berbagai makanan yang dijual di Art Market atau Night Market. Art Market berlokasi di dekat pelabuhan, tepatnya di bagian tengah pesisir timur Gili Trawangan.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai menu makanan laut, hidangan mie, dan nasi. Harga yang ditawarkan juga murah, sehingga Art Market selalu ramai dikunjungi oleh turis lokal maupun asing.

  1.   Kuliner Lainnya

Tidak hanya terdapat makanan lokal, namun terdapat beberapa tempat makan lainnya yang menyediakan berbagai jenis makanan lainnya. Misalnya, Ryoshi yang menjual masakan Jepang, Karma Kayak yang menjual masakan Spanyol, dan Pesona Indian Restaurant yang menjual kuliner India.

Gili Trawangan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin backpacker, honeymoon, atau liburan bersama keluarga. Pemandangan yang indah didukung dengan berbagai fasilitas yang sudah memadai akan menambah pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker