lifestyle

Desain Canopy Carport Minimalis – Bahan Rangka dan Atap

Desain Canopy Carport Minimalis Bahan Rangka dan Atap – Canopy (Baca: Kanopi) adalah penutup area outdoor yang biasanya ada di depan, samping atau belakang rumah.

Fungsinya sebagai penutup untuk menghindari hujan maupun panas. Selain itu canopy juga berfungsi sebagai eksesoris rumah untuk menambah keindahan penampilan rumah.

Dewasa ini fungsi canopy sebagai aksesoris rumah justru lebih dominan, artinya orang tidak sembarang dalam memilih model canopy.

Namun demikian kesalahan memilih model dan desain canopy justru membuat penampilan rumah menjadi tidak serasi.

Desain canopy seharusnya mengikuti model rumah dimana ada  model rumah minimalis, rumah klasik, rumah tradisional dan rumah modern.

Trend rumah minimalis membuat Desain Canopy Carport Minimalis menjadi pilihan orang kebanyakan.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan orang memilih canopy selain desain dan model juga tentunya mempertimbangkan Bahan Rangka dan Bahan Atap Canopy.

Bahan Rangka Canopy/Kanopi

Rangka Canopy Bahan Baja Ringan : Rangka canopy dari baja ringan ini paling banyak di gunakan untuk rumah minimalis.

Keuntungannya adalah mudah di bentuk, modifikasi dan dikreasikan sesuai dengan model atapnya.

Selain ringan material baja ringan ini juga awet dan tentu saja anti karatan. Selain itu dari sisi harga juga terbilang lebih murah, sehingga paling banyak menjadi pilihan utama.

Rangka Canopy Bahan Stainless Steel : Stainless ada yang berbentuk pipa bulat dan ada juga yang kotak.

Stainless steel kelebihannya selain tidak mudah berkarat juga cocok untuk rumah modern karena kesannya yang wah dan elegan.

Bahan stainless Steel banyak di pakai untuk kerangka canopy model lengkung atau atap model kaca dan biasanya di pakai untuk rumah-rumah mewah. Harganya pun lebih mahal di banding baja ringan

Rangka Canopy Bahan Kayu : Buat anda yang menyukai model-model natural dan alami serta melihat sisi keindahan dalam hal seni, rangka canopy bahan kayu ini banyak di pakai.

Rangka kayu ini juga cocok di pakai rumah model apa saja, bahkan rumah modern dan mewah pun banyak memakai kayu karena pertimbangan keindahan seninya.

Kekurangan untuk rangka kayu ini tentu saja karena kayu mudah lapukm jadi butuh perawatan lebih jika menggunakan bahan kayu.

Bahan Atap Canopy/Kanopi :

Selain rangka canopy jangan lupa juga bahan untuk atap canopy, yaitu lapisan penutup canopy. Berikut adalah beberapa bahan yang pada umumnya sering dipakai sebagai atap penutup

  • Atap Canopy Bahan Polycarbonate (Polikarbonat) : Bahan ini paling umum di pakai dewasa ini, selain murah juga mudah di bentuk dan cocok untuk rumah minimalis. Karena Sifatnya transparan dan tembus cahaya matahari ini jenis bahan ini juga sering dipakai canopy untuk penutup jemuran. Kekurangannya adalah mudah kotor dan kusam untuk jangka panjang.
  • Atap Canopy Bahan Kaca : Atap canopy dengan bahan kaca ini mulai nge trend dan kebanyakan di pakai untuk rumah-rumah mewah. Dengan model desain yang kreatif akan membuat canopy kaca ini jadi keliatan elegan dan mewah. Kaca yang digunakan biasanya memang khusus untuk outdoor dan lebih tahan thd panas, rata-rata ketebalannya antara 8 – 10 mm. Namun atap canopy bahan kaca ini juga tidak mudah dalam hal pemasangannya, biasanya tukangnya juga punya keahlian khusus dalam hal ini. Selain itu kelemahan lainnya tentunya lebih beresiko jika terjadi bencana atau gempa bumi karena bahan kaca ini mudah runtuh.
  • Atap Canopy Bahan Membrant : Bahan ini juga cukup populer di gunakan, walaupun harganya relatif lebih mahal di banding polikarbonat namun bahan membrant ini lebih awet dan tidak mudah robek walaupun kelihatan tipis, warnanya pun juga bermacam-macam sehingga kita mudah menyesuaikan untuk pilihan canopy rumah kita.

Model Desain Canopy Carport Minimalis untuk garasi / carport juga biasanya menyesuaikan dengan model desain teras rumah dan juga model desain pagar rumah. Sehingga antara desain teras, canopy dan pagar rumah akan terlihat selaras baik bentuk maupun tipenya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker