Cara Mudah Merawat Kulit Berjerawat

#7 Cara Mudah Merawat Kulit Berjerawat dengan Baik

Posted on 28 views

Jerawat menjadi momok bagi banyak orang. Benjolan yang muncul karena bakteri dan pori-pori tersumbat ini bisa sangat mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat kurang berseri. Lalu bagaimana cara mudah merawat kulit berjerawat dengan baik agar sembuh dan tidak semakin parah? Simak tipsnya berikut ini.

Cara Mudah Merawat Kulit Berjerawat

1. Gunakan Masker Tea Tree Oil

Tea trea oil dikenal menjadi bahan alami sangat cocok untuk meredakan jerawat. Ada beberap produk skincare seperti masker yang menggunakan bahan tea tree oil. Agar jerawat bisa hilang dan tidak muncul lagi, gunakan masker tea tree oil pada rangkaian skincare harian.

Selain menghilangkan jerawat, tea tree oil juga mampu membantu mendinginkan dan menyejukkan kulit yang terkena inflamasi akibat jerawat.

2. Gunakan Toner Setelah Mencuci Muka

Penggunaan toner membantu untuk menyeimbangkan pH pada wajah. Wajah dengan kandungan pH terlalu asam atau basa lebih rawan terkena jerawat. Oleh karena itu penting untuk menggunakan toner setelah mencuci muka dan sebelum melakukan rangkaian skincare lainnya.

Toner biasanya berbentuk cair yang bisa ditepuk langsung ke seluruh area wajah dan teksturnya yang ringan tidak akan membuat wajah terasa berat.

3. Hindari Begadang

Banyak yang begadang karena harus menyelesaikan suatu pekerjaan dan lupa pada fakta jika begadang akan membuat kulit kurang beristirahat sehingga terlihat kusam dan gampang berjerawat. Oleh karena itu pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup yaitu 6-7 jam dalam sehari agar kulit tetap sehat.

Selain itu begadang juga membuat wajah terlihat kusam dan tidak cerah serta glowing sehingga akan mempengaruhi bagaimana wajah terlihat meskipun sudah ditutup dengan makeup.

4. Hindari Penggunaan Krim Berlebih

Kulit yang rentan berjerawat akan lebih mudah tumbuh jerawat lebih parah jika menggunakan terlalu banyak krim. Tekstur krim yang kental bisa menyumbat pori dan mengakibatkan jerawat.

Untuk perawatan wajah yang rentan berjerawat, skincare yang digunakan sebaiknya dalam bentuk gel yang lebih ringan dan lembut untuk wajah. Hindari penggunaan krim secara berlapis seperti pada proses makeup karena bisa menimbulkan jerawat dan komedo.

5. Rutin Membersihkan Wajah

Penggunaan makeup seperti foundation, bedak, blush on dan sebagainya sangat rawan menimbulkan jerawat dan komedo. Oleh karena itu wajib membersihkan wajah setiap usai memakai makeup. Bersihkan wajah dengan face cleanser atau micellar water setiap habis memakai makeup. Selanjutnya bersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Pakai toner setelah mencuci muka untuk menjaga keseimbangan pH wajah dan mendinginkan wajah yang habis terkena polusi dan radikal bebas.

6. Menggunakan Baking Soda

Baking soda ternyata ampuh untuk merawat wajah berjerawat dan membantu mengangkat komedo. Kandungannya yang cukup kuat bisa membantu mengempeskan jerawat dengan lebih cepat.

Bisa gunakan baking soda yang sudah dibuat menjadi pasta dengan air lalu oleskan ke daerah yang berjerawat atau berkomedo. Lakukan setiap 1-2 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

7. Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Tangan yang sudah digunakan untuk menyentuh banyak benda bisa mengandung banyak bakteri. Jika terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan maka kemungkinan bakteri akan masuk dan menyebabkan jerawat sangatlah tinggi.

Terutama jika wajah sudah terlanjur berjerawat, menyentuh bagian yang berjerawat dan juga bagian wajah yang belum berjerawat bisa menularkan jerawat menjadi lebih banyak. Oleh karena itu hindari menyentuh wajah terlalu sering.

Itulah tips merawat wajah berjerawat dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *