Cara Merawat Rambut Rusak

#7 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Sehat Kembali

Posted on 42 views

Rambut adalah mahkota wanita yang perlu dijaga kesehatannya. Banyak faktor yang bisa merusak rambut seperti polusi dan radikal bebas, penggunaan blow dryer dan alat catok, hingga proses kimia pada rambut. Berikut metode atau cara merawat rambut rusak agar sehat.

Cara Merawat Rambut Rusak Agar Sehat

Memakai Minyak Kemiri

Salah satu bahan alami untuk mengembalikan kesehatan rambut adalah dengan memakai minyak kemiri. Minyak kemiri mengandung senyawa yang mampu menyuburkan rambut, mengembalikan warna hitam rambut, dan mencegah tumbuhnya ketombe. Gunakan minyak kemiri saat rambut setengah kering setelah keramas.

Tuangkan minyak kemiri pada telapak tangan, lalu pijat kulit kepala dan rambut menggunakan minyak kemiri. Jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, tapi biarkan rambut sampai kering secara alami.

Mengaplikasikan Masker Rambut Seminggu Sekali

Rambut rusak seringkali kering dan bercabang karena penggunaan alat catok dan hair dryer. Agar menyehatkan akar rambut dan mengembalikan kesehatan rambut, pastikan untuk mengaplikasikan masker rambut minimal seminggu sekali. Jika repot mengaplikasikan sendiri, salon juga menyediakan layanan ini agar rambut tetap sehat.

Menggunakan Vitamin Rambut

Polusi dan radikal bebas membuat rambut rusak dan juga merah bercabang. Untuk mengurangi resiko rambut semakin rusak, gunakan vitamin rambut sebelum beraktifitas. Vitamin rambut bisa digunakan setelah keramas saat kondisi rambut setengah kering. Vitamin juga bisa digunakan sebelum mencatok atau mengeringkan rambut.

Oleskan vitamin dari kulit kepala, lalu sisir dengan jari hingga ke ujung rambut. Pastikan setiap rambut yang bercabang juga terkena vitamin rambut.

Memotong Rambut yang Bercabang

Rambut yang bercabang meningkatkan resiko rambut rontok. Rambut bercabang akan membuat rambut yang sehat menjadi kusut. Oleh karena itu rambut-rambut yang sudah bercabang sebaiknya langsung dipotong agar tidak merusak rambut lainnya. Hindari penggunaan sisir sasak yang bisa membuat rambut semakin rusak.

Menggunakan Kondisioner Rambut

Membersihkan rambut dengan sampo saja tidak cukup, untuk menyeimbangkan pH dan juga melembutkan rambut, gunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo. Ada beberap tipe kondisioner yang bisa disesuaikan dengan tipe masalah rambut seperti rambut rontok, rambut kering dan bercabang, dan rambut berketombe. Dengan menggunakan kondisioner, rambut akan tetap terjaga kelembabannya.

Menggunakan Lidah Buaya

Cara alami lainnya untuk mengatasi dan menjaga rambut rusak agar bisa sehat kembali adalah dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya mampu meremajakan kembali kulit kepala, memberikan nutrisi pada akar rambut dan mencegah tumbuhnya ketombe. Jika kulit kepala sehat maka rambut pun juga akan sehat.

Cara penggunaannya ialah dengan memotong lidah buaya dan menempelkan cairan lidah buaya pada kulit kepala lalu pijat perlahan. Lalu diamkan selama beberapa menit sebelum mencuci rambut menggunakan shampo.

Tidak Terlalu Sering Mengikat Rambut

Kebiasaan mengikat rambut, merupakan salah satu penyebab rambut menjadi sangat mudah rontok dan patah.Jika rambut sudah terlebih dahulu rusak karena proses kimia seperti rebonding atau smoothing, lebih baik untuk tidak terlalu sering mengikat rambut agar akar rambut bisa tetap kuat dan tidak mudah patah.

Selain cara diatas, langkah pencegahan yang perlu dilakukan adalah dengan tidak terlalu sering mencatok rambut, mengeringkan rambut dengan hair dryer, atau menggunakan bahan kimia yang cukup keras. Pakai juga aksesoris seperti topi jika panas matahari sedang sangat terik untuk menghindari rambut kering & bercabang.

Itulah tips dan cara merawat rambut rusak agar bisa menjadi sehat kembali. Cara ini cukup mudah dan dalam waktu singkat rambut akan sehat kembali. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *