Cara Mencegah dan Deteksi Dini Kanker Usus Besar

Awas 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek
Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek
Desember 3, 2019
Macam Macam Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pengobatannya
Macam Macam Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pengobatannya
Desember 5, 2019
Show all

Cara Mencegah dan Deteksi Dini Kanker Usus Besar

Cara Mencegah dan Deteksi Dini Kanker Usus Besar

Cara Mencegah dan Deteksi Dini Kanker Usus Besar – Apa itu usus besar? Secara awam, pengertian usus besar adalah ujung akhir dari pencernaan manusia.

Sebagai tempat pencernaan terakhir, maka di dalam usus besar seringkali terdapat timbunan-timbunan zat-zat yang antri untuk dihancurkan.

Bila di dalam usus besar ini terdapat hambatan berupa sel sel yang berbetuk kecil-kecil atau biasa disebut polip adenoma, kemudian menyebar ke seluruh usus tersebut, maka akan terjadi kanker usus besar.

Akan lebih baiknya jika setelah merasakan gejala dari usus besar, maka segera memeriksakan diri ke dokter. Karena jika sudah pada stadium lanjut, maka akan sangat susah untuk disembuhkan.

Lalu apa saja gejala dari kanker usus besar tersebut? Bagaimana pula pencegahannya? Berikut adalah Cara Mencegah dan Deteksi Dini Kanker Usus Besar, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Kanker Usus besar

Gejala yang diderita para penderita kanker usus besar berbeda-beda, sesuai dengan keadaan kesehatan masing-masing. Karena ada gejala yang menyebabkan rasa sakit, namun juga ada yang tak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Biasanya yang tak menimbulkan rasa sakit terlihat pada BAB nya yang keras. Berikut penyebab kanker usus besar :

  1. Merokok

Merokok merupakan cerminan pola hidup yanga tak sehat. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok, banyak yang menyebabkan persoalan-persoalan pada organ tubuh, salah satunya mengotori usus besar penyebab kanker usus besar.

  1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan yang jauh melampaui berat badan ideal, sangat berpotensi menyebabkan adanya kanker usus besar.

Hal ini biasanya dikarenakan tertutupnya saluran pencernaan karena lemak yang menumpuk disekitarnya, sehingga zat-zat yang seharusnya keluar dari usus besar membusuk membuat sampah di dalam usus besar.

  1. Diabetes

Diabetes adalah ‘ibu’ dari segala penyakit itu benar adanya. Diabetes bisa menjadi pemicu segala macam penyakit salah satunya adalah kanker usus besar. Timbunan gula baik dalam darah maupun di dalam tubuh itu sendiri dapat menyebabkan terhalangnya pencernaan di usus besar untuk keluar.

  1. Genetik

Bila salah satu anggota keluarga atau orang tua yang memiliki gen amilial adenomatous polyposis, atau gumpalam polip yang terdapat di usus besar, maka ada kemungkinan keturunannya pun memiliki gen yang sama.

  1. Ganguan Pencernaan

Ganguan pencernaan bisa menimbulkan radang pada usus besar, yang akhirnya akan menyebabkan kankel usus besar.

Mendektesi dan Mencegah Kanker Usus Besar

Cara mendeteksi kanker usus besar dapat dilakukan dengan cara selalu mendengar dan menyadari alarm yang muncul dalam tubuh. Alarm tersebut diantaranya :

  • Sakit perut melilit yang tak berkesudahan.
  • Mudah lelah walaupun sudah istirahat cukup.
  • BAB terasa sudah dan tinjanya sangat padat.
  • Terjadi pendarahan di anus sering.
  • Perut sebah atau kembung.

Sementara itu cara mencegah kanker usus besar dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • STOP merokok dan jauhi asap rokok.

Baik perokok aktif maupun perokok pasif, resiko terkenan kanker usus besar besar sekali. Maka sebaiknya kerahkan keberanian anda untuk menegur orang-orang yang merokok, karena bagaimanapun korbannya adalah kesehatan anda.

  • Berolah Raga

Olah raga ringan namun dilakukan rutin dapat mencegah segala penyakit masuk ke dalam tubuh dan pikiran anda. Lakukan olah raga rigan seperti jalan kaki atau lari kecil keliling komplek rumah anda selama 30 – 60 menit, sudah cukup.

  • Diet Karbohidrat

Bagi anda yang menderita kelebihan berat badan yang mengarah pada obesitas, lakukan diet secara displin mulai sekarang. Lakukan diet karbohidrat, kemudian perbanyaklah makan sayur dan buah.

Demikianlah tadi informasi seputar Cara Mencegah dan Deteksi Dini Kanker Usus Besar. Kesehatan anda adalah tanggung jawab anda terhadap sang pemberi tubuh dan juga tubuh anda sendiri. Untuk itu sudah sepantasnya anda menjaganya dengan mendengarkan alarm dalam tubuh anda sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *