cara membuat bibir tidak kering saat pakai lipstik matte

#5 Cara Membuat Bibir tidak Kering Saat Pakai Lipstik Matte

Posted on 29 views

Lipstik matte kini lebih tren dibandingkan dengan lipstik tradisional yang biasanya menghasilkan tekstur glossy.

Lipstik matte menghasilkan finishing yang terlihat lebih natural sehingga banyak wanita yang menyukainya. Akan tetapi lipstik matte sering kali membuat bibir menjadi lebih kering. Lalau bagaimana cara membuat bibir tidak kering saat pakai lipstik matte? Berikut caranya.

Cara Membuat Bibir tidak Kering Saat Pakai Lipstik Matte

Menggunakan Pelembab Bibir

Sebelum menggunakan lipstik matte, gunakan pelembab bibir tanpa warna yang akan membuat bibir lembab dan tidak pecah-pecah saat diaplikasikan dengan lipstik matte.

Jika takut finishing akhirnya akan terlihat glossy, pakaikan pelembab dari bibir setidaknya 5 menit sebelum menggunakan lipstik (bisa digunakan setelah mandi).

Selain itu pelembab bibir juga membantu melindungi bibir agar tidak kering karena tekstur lipstik yang matte.

Menggunakan Lip Sleeping Mask

Berbeda dengan lip balm, lip sleeping mask digunakan pada malam hari sebelum tidur. Tujuannya tidak hanya untuk melembabkan bibir tetapi juga untuk membantu mengangkat sel kulit mati agar bibir tidak terlihat hitam.

Bibir yang lembab tanpa kulit yang mengelupas akan menghasilkan sentuhan lisptik yang lebih merata dan lebih cantik.

Gunakan lip sleeping mask dengan mengoleskan ke bibir pada malam hari sebelum tidur. Bagi yang memiliki bibir kering dan hitam wajib menggunakan ini setiap malam.

Mengoleskan Sunscreen pada Bibir

Seringkali bibir yang kering bukan hanya karena lisptik yang matte tapi juga karena panas matahari yang penuh dengan radikal bebas dan sinar ultraviolet. Untuk melindungi bibir dari radiasi dan pengelupasan kulit bibir, aplikasikan Sunscreen secukupnya pada bibir.

Kamu bisa memilih sunscreen khusus untuk bibir dengan kandungan tingkat SPF tertentu. Dengan menggunakan sunscreen maka bibir tidak akan cepat kering dan mengelupas saat terkena terik sinar matahari.

Menggunakan Scrub Bibir

Cara lain agar bibir tidak kering sebelum dan sesudah memakai lipstik matte adalah dengan melakukan scrub bibir. Scrub bibir bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan juga noda bebas pada bibir. Scrub bibir juga bisa berfungsi untuk mengangkat bekas lipstik yang masih menempel di bibir.

Scrub bibir bisa dilakukan dengan menggosok bibir menggunakan gula pasir dan madu. Tesktur kasar dari gula pasir mampu menjadikan kotoran dan kulit mati pada bibir terangkat secara alami. Lakukan scrub bibir setidaknya 2 kali seminggu untuk menjaga bibir agar tidak kering.

Memilih Lip Cream yang Cocok

Meskipun sudah melakukan perawatan yang teratur agar kulit bibir tidak kering, jika menggunakan lip cream dengan kandungan yang tidak cocok, maka bibir akan tetap kering.

Beberapa ciri/tanda sebuah lip cream kurang cocok untuk bibir adalah munculnya kerak bibir setelah pemakaian, muncul bintik gatal pada bibir, bibir terasa panas dan gatal, dan juga warna bibir menghitam.

Jika gejala ini terjadi pada bibir maka segera hentikan penggunaan lip cream tersebut. Lakukan scrub bibir dan hanya gunakan lip balm sebelum menggunakan lip cream baru untuk mengembalikan kesehatan bibir.

Kesimpulan

Menggunakan lipstik matte memang menghasilkan warna natural yang cantik di bibir, namun resiko bibir menjadi lebih kering menjadi tinggi dan bibir akan membutuhkan perawatan ekstra agar terjaga kelembabannya.

Pastikan untuk selalu melalukan langkah-langkah menjaga kesehatan bibir dan memilih lipstik yang cocok agar bibir tidak menjadi rusak. Sediakan waktu di mana bibir bisa bebas dari lipstik agar bibir tidak jenuh dan menjadi kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *