Cara Efektif Menangani Komplain Pelanggan

5 Cara Efektif Menangani Komplain Pelanggan

Posted on 58 views

Cara menangani complain pelanggan-Complain pelanggan sudah menjadi bagian dari aktivitas jual beli di toko anda, mereka berusaha menyampaikan keluhan dan pendapat yang mereka miliki sehingga anda harus bisa menerimanya meskipun terkadang apa yang dikatakan pelanggan anda tidak benar.

Sebuah usaha yang anda miiki memang harus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan anda.

Pelayanan yang baik menunjukkan kualitas toko anda dan begitupun sebaliknya. Inilah cara menangani complain pelanggan agar dia tetap tenang dan tidak kecewa.

Cara menangani complain pelanggan yang pertama adalah memahami maksud pelanggan anda.

Anda harus jeli dan berusaha mengerti apa yang sebenarnya dikeluhkan oleh pelanggan anda. Misal saja jika pelanggan anda complain karena barang yang ia dapatkan mengalami kerusakan sesaimpainya dirumah.

Maka anda harus berusaha menerima complain itu dan menjelaskan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Jika maksud dari pelanggan tersebut adalah meminta ganti rugi, maka anda harus meminta bukti kerusakan dan segera menggantinya.

Atau jika pelanggan menginginkan pelayanan dari pihak anda yang harus diperbaiki, maka berilah pengertian kepada pelanggan anda bahwa anda akan lebih hati-hati dan lebih baik dalam member pelayanan.

Cara menangani complain pelanggan kedua adalah memahami motifnya. Ketika seorang pelanggan melakukan complain maka anda harus mencoba mengerti apa keinginannya,

apakah menginginkan barangnya diganti, uangnya dikembalikan, menginginkan anda meminta maaf atau hanya menginginkan anda mendengarkan complain pelangga tersebut.

Terkadang, dengan tidak sengaja anda atau karyawan anda melakukan kesalahan ketika melayani pelanggan sehingga anda cukup mendengarkannya ketika pelanggan mengadukan kompain mengenai pelayanan kemudia berusaha untuk memperbaikinya.

5 Cara Menangani Komplain Pelanggan dengan Efektif

Cara menangani complain pelanggan ketiga adalah pahami apa dampak yang akan terjadi.

Menaggapi complain pelanggan dengan cara yang tidak mengenakkan justru akan mengancam usaha anda karena bisa saja pelanggan tersebut mengadu kepada pelanggan lain mengenai pelayanan yang anda berikan.

Bisa juga mereka melaporkan anda ke pihak yang berwajib jika mereka merasa dirugika oleh anda terlebih jika itu menyangkut uang yang banyak.

Oleh karena itu seburuk apapun keadaan yang dikomplainkan pelanggan anda, carilah solusi terbaiknya agar semua tetap baik-baik saja.

Cara menangani complain pelanggan keempat adalah jangan terlalu lama menanggapi complain pelanggan.

Ketika pelanggan melakukan complain baik secara langsung Maupin secara online, segeralah menanggapinya dan menyelesaikannya agar masalah tidak semakin memburuk.

Jika ia meminta barang diganti, maka segeralah untuk menggantinya atau meminta uangnya kembali maka segeralah mengembalikannya.

Cara menangani complain pelanggan kelima adalah membuat mereka tetap tenang.

Meskipun terkadang mereka melakukan complain dengan nada yang kasar dan marah, namun anda harus tetap tenang dan menanggapinya dengan bahasa yang jelas dan ramah.

Sikap anda yang terus baik dan menyenangkan perlahan akan membuat pelanggan anda membaik perasaanya.

Itulah beberapa cara menangani complain pelanggan yang bisa anda coba ketika ada pelanggan anda yang complai akan produk ataupun pelayanan anda.

Bisa jadi dengan complain tersbut membuat anda lebih berhati-hati dlam memberikan pelayanan bagi pelanggan.

Sebagai penjual anda memang harus memiliki kesabaran ekstra dan lebih mengalah kepada pelanggan, hanya saja tetap menjalankan prinsip yang anda miliki.

Bagaimanapun pelanggan anda adalah raja, mereka menjadi penentu usaha dan bisnis anda.

Apabila mereka merasa senang dengan produk dan pelayanan yang anda berikan maka mereka tidak lagi segan untuk berbelanja di toko anda. Cara menangani compalain tersebut harus benar-benar anda terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *