barang bekas

Barang Bekas? Jangan Dibuang dan Disingkirkan!

Posted on 53 views

Setiap orang dalam hidupnya pasti memiliki kebutuhan yang apabila habis, tidak jarang pasti akan membeli yang baru. Tetapi tidak semua barang harus dibeli baru, selain karena boros dan menghabiskan banyak biaya, masih ada segelintir barang bekas yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Demi mendukung gerakan berhemat serta menjaga kelestarian lingkungan, tentu ada baiknya jika kita mengasah kreativitas dengan memanfaatkan barang bekas yang masih layak.

Apa saja barang bekas yang dapat dimanfaatkan? Berikut ini kami akan membagikan sedikit informasi tentang kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya untuk Anda.

Kantong Kertas Berbahan Kuat dan Absorben yang Baik

Biasanya ketika berbelanja, kita mendapatkan kantong kertas untuk membawa hasil belanjaan. Jangan membuangnya seakan kantong kertas ini tidak penting, karena ternyata masih bisa bermanfaat, utamanya saat musim penghujan tiba.

Caranya cukup mudah, Anda bisa memotong atau merobek kantong kertas hingga menjadi beberapa bagian lalu masukkan potongan tersebut ke dalam sepatu yang basah karena kehujanan.

Kertas yang cukup tebal ini nantinya menyerap kelembaban secara baik dan membuatnya lebih cepat kering. Kantong kertas berbeda dengan kertas koran, karena tidak akan meninggalkan noda tinta ke kain basah.

Pecahan Ubin, Tegel dan Genteng menjadi Hiasan Cantik Memperindah Rumah

Coba tengok dan perhatikan di sekitar lingkungan Anda. Apabila menemukan barang pecah belah seperti contohnya pecahan genteng, ubin, atau tegel, jangan langsung disingkirkan.

Pecahan benda yang seakan tidak berharga itu ternyata bisa dijadikan karya hiasan yang benar-benar baru.

Beberapa contohnya antara lain hiasan pot tanaman yang polos dikreasikan dengan pecahan kaca, tegel, maupun ubin sehingga lebih berwarna, mempunyai motif unik yang cantik.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menerapkan pecahan ubin tersebut pada hiasan dinding, jalan setapak di taman dan masih banyak lagi lainnya. Kreativitas serta darah seni bisa terus diasah menggunakan barang bekas tersebut.

Jerigen Minyak Bisa Multi Fungsi menjadi Sekop Cantik

Biasanya di sudut rumah terdapat tumpukan jerigen tak terpakai bekas minyak goring maupun minuman tertentu.

Jangan langsung dibuang, karena masih bisa dimanfaatkan untuk kegunaan lain yang tidak terduga, contohnya adalah sekop mini yang serbaguna.

Caranya cukup mudah, Anda bisa menggunting bagian jerigen di daerah pegangannya sampai ke bagian dasar hingga membentuk sebuah sekop.

Anda bisa memanfaatkan hasil potongan tadi yang sebelumnya sudah dirapikan terlebih dahulu guna mengeruk maupun memindahkan sesuatu seperti tanah dan pasir.

Karton Bekas Tisu Gulung Bisa Diubah Menjadi Tempat Pensil atau Wadah

Biasanya setelah menggunakan tisu gulung sampai habis meninggalkan karton yang tak terpakai, jangan langsung dibuang begitu saja karena masih bisa bermanfaat.

Karton tersebut diberi warna atau dicat sesuai kreativitas kemudian dihias sedemikian rupa untuk dijadikan kerajinan tangan unik seperti contohnya alat lukis, wadah pensil, hingga wadah sepatu untuk karton yang ukurannya sedikit lebih besar dari biasanya.

Pengait Bungkus Roti Dapat Dimanfaatkan Kembali

Bagi Anda yang setiap pagi sarapan dengan roti tawar, biasanya menemukan pengait bungkusan roti yang kelihatan tidak berguna dan siap dibuang.

Jangan dulu, karena Anda bisa memanfaatkannya untuk merapikan kabel-kabel atau sambungan agar enak dilihat. Sebagai penanda, Anda bisa mencat ulang dengan warna berbeda kemudian bisa ditulisi sesuai kegunaan.

Kaleng Teh atau Kaleng Roti Sebagai Tempat Lilin

Coba tengok ke dapur Anda, apabila menemukan kaleng bekas wadah kopi maupun teh, ataupun kaleng wadah biskuit tak terpakai, jangan dibuang begitu saja.

Anda bisa memanfaatkannya untuk kresi tertentu contohnya tempat lilin. Anda bisa mencairkan lilin kemudian memindahkannya ke kaleng, ataupun lilin menggunakan sumbu kompor serta minyak tanah sesuai kreasi sendiri.

Kaos Bekas yang Kekecilan dan Tidak Terpakai Bisa Dikreasikan

Anda bisa menengok lemari, dan mendapati kaos bekas yang sudah kekecilan atau sudah belel, untuk kemudian menumbuhkan ide serta kreativitas untuk dijadikan tas yang unik dan cantik.

Kerajinan tas ini bisa dijual kembali dan bisa menjadi bisnis menjanjikan. Untuk menambah daya tarik, Anda bisa mewarnai ulang kembali, atau melukisnya sesuai selera.

Kreasi Koran Bekas Menjadi Wadah, Kotak Pensil, Kotak Kado

Jangan buang Koran bekas di rumah Anda! Jangan juga langsung dijadikan alas minyak penggorengan, karena Koran bekas ini bisa dimanfaatkan lebih baik lagi menjadi kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas.

Caranya cukup mudah untuk dilakukan, pertama hancurkan lembara-lembaran Koran bekas menjadi bubur, lalu dicampurkan dengan lem kayu dan diaduk merata.

Jangan lupa diberikan tambahan pewarna kertas agar lebih menarik. Adonan bubur kertas dipipihkan kemudian dijemur hingga setengah kering menjadi kertas atau karton yang lebih tebal dan baru.

Selanjutnya Anda bisa segera membentuk karton atau kertas tadi sesuai keinginan, menjadi bentuk baru seperti contohnya kotak kado, tempat pensil, bingkai pigura, ataupun bentuk laci susun minimalis.

Sebagai finishing, kita bisa melapisi permukaan kertas tadi menggunakan lem kayu agar mengkilap dan lebih halus.

Anda juga bisa berkreasi dengan toples selai bening yang tak terpakai, dengan mencucinya hingga bersih, kemudian memberikan sentuhan warna warni cat yang menyemarakkan suasana sehingga menjadi toples cantik yang bisa digunakan kembali.

Demikian beberapa ulasan informasi mengenai kerajinan tangan yang berasal dari bahan bekas, yang sayang untuk dibuang. Semoga memberikan banyak manfaat serta inspirasi dalam memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan bernilai seni tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *