Apa Sajakah Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan ?

Apa Sajakah Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan ?

Diposting pada

Apa Sajakah Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan ?-Siapa sajakah yang saat ini tidak kenal dengan buah lemon ? Buah ini sangat segar sekali jika di buat es jeruk dan di minum saat cuaca sedang panas – panasnya. Bahkan tidak sedikit produsen minuman yang menggunakan jeruk lemon sebagai perasa utama. Tidak jarang juga, masakan tradisional hingga masakan modern banyak yang menggunakan jeruk nipis sebagai bagian dari bumbu – bumbu yang di gunakan.   Nah di balik penggunaan jeruk lemon yang sangat banyak, ternyata banyak sekali khasiat yang terdapat di dalam jeruk lemon. Mulai dari vitamin C yang sangat tinggi, melebihi kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis. Ada banyak sekali manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang sangat penting untuk Anda ketahui. Nah di artikel kali ini kami akan mengupas tentang berbagai manfaat jeruk lemon yang ternyata banyak sekali di gunakan sebagai bahan – bahan utama dalam pembuatan produk – produk kecantikan dan obat herbal dari viptrulum.com. Simak penjelasannya di bawah ini.

Berbagai Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Kandungan Jeruk Lemon, Si Buah Kaya Manfaat

Jeruk lemon, atau yang biasa kita sebut dengan lemon, atau Citrus lemon ( dalam Bahasa Amerika Latin ) merupakan salah satu jenis buah jeruk yang paling banyak di konsumsi oleh manusia dan hewan. Di dalam buah jeruk lemon ini terdapat kandungan asam sitrat sebanyak 6 % yang membuatnya terasa lebih masam.   Penggunaan jeruk lemon ini sendiri tidak hanya di Indonesia yang sering di buat jus, limun, es jeruk, bumbu masakan, pancake, dan lainnya. Di daerah Asia Selatan seperti India dan Bangladesh hingga ke daerah Timur Tengah dan Pakistan, jeruk lemon ini di gunakan sebagai bagan utama pembuat salad hingga acar.

  • Buah yang berasal dari China dan Myanmar ini di ketahui memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari, maka Anda bisa memenuhi hampir 89 % kebutuhan harian / 100 gram.

  • Bahkan kandungan asam sitratnya mencapai 50 gram / liter. Selain itu juga terdapat vitamin B6, zat besi, kalsium, potasium, hingga berbagai senyawa fitokimia.

Berbagai Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan   Adapun manfaat jeruk lemon untuk kesehatan sangat banyak, yaitu meliputi :

  1. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Masalah Pencernaan Dan Sembelit

Kebiasaan banyak makan namun tidak melihat jenis makanan yang di makan baik kandungan hingga kebersihannya terkadang membuat banyak orang sering mengeluh tentang pencernaan yang terganggu atau kesulitan buang air besar atau konstipasi. Nah untuk mengatasi hal tersebut, jangan terburu – buru untuk pergi ke apotik dan meminum obat sembarangan karena Anda bisa memanfaatkan buah lemon ini.   Caranya pun cukup mudah yaitu Anda hanya perlu untuk memberikan beberapa tetes cairan jeruk lemon ke dalam makanan lalu campur hingga merata. Cairan lemon ini akan ikut masuk ke tubuh dan berfungsi untuk mencuci dan membersihkan darah. Setelah itu, Anda juga bisa menggunakan jeruk lemon sebagai minuman setelah makan. Akan lebih sedap jika di buat jus atau es lemon.

  1. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Mengobati Flu Dan Infeksi Tenggorokan

Seperti jeruk yang lainnya, jeruk lemon ini juga bagus untuk mengatasi orang yang terkena flu dan radang tenggorokan. Kandungan vitamin C yang tinggi membuatnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga flu dan demam bisa sembuh dalam beberapa hari. Selain itu, jeruk lemon juga memiliki anti oksidan yang baik untuk mencegah bakteri yang masuk dan bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan.

  1. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Menurunkan Berat Badan

Setiap wanita tentunya ingin tampil cantik dan percaya diri, salah satunya di tandai dengan berat badan yang ideal sehingga tidak terlihat kurus atau pun gemuk. Namun apabila Anda memiliki berat badan yang lumayan besar maka Anda bisa menurunkannya hanya dengan mengkonsumsi jeruk lemon ini.   Minimnya kandungan kalori, lemak jenuh, kolesterol, hingga indeks glikemik yang rendah membuat jeruk lemon ini sering di gunakan untuk menu diet, baik itu para artis atau atlet. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya tinggal mencampurkan sari jeruk lemon dengan madu dan air hangat. Minum setiap hari hingga tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

  1. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Koroner Dan Stroke

Saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki peluang besar untuk terkena penyakit jantung koroner yang berlanjut pada stroke. Nah agar Anda bisa terhindar dari kedua penyakit ini ada baiknya jika mulai sekarang Anda mencoba untuk mengkonsumsi jeruk lemon secara teratur.   Kandungan minyak esensial dan vitamin C pada buah ini mampu untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu di dalam jeruk lemon ini juga terdapat kandungan senyawa fitokimia yang bisa memperbaiki pembuluh darah dan sistem peredaran darah. Dengan sistem peredaran darah yang lancar, maka pengangkutan oksigen oleh darah ke dalam tubuh juga akan lancar.

  1. Menfaat Jeruk Lemon Untuk Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Asam sitrat yang menyebabkan rasa masam dalam buah lemon ini ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa. Menurut studi yang telah di lakukan, asam ini mampu membuat urin semakin encer sehingga volume urin yang di keluarkan semakin meningkat. Hal ini tentunya mampu mengurangi risiko terkena gagal ginjal. Oleh karena itu, menurut studi ini dengan meminum 2 liter air jeruk lemon dalam satu hari mampu meningkatkan volume asam sitrat di dalam tubuh.

  1. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengurangi Risiko Anemia

Penyebab utama mengapa seseorang terkena anemia atau kekurangan sel darah putih adalah karena kurangnya zat besi di dalam tubuh. Penyakit ini sering di derita oleh para remaja dan wanita pre dan menopause. Walaupun jeruk lemon ini hanya mengandung zat besi dalam kadar yang sedikit, namun kandungan asam sitrat dan vitamin C yang sangat tinggi mampu meningkatkan kadar penyerapan zat besi yang berasal dari bahan makanan yang di konsumsi.

  1. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh ARS atau Agricultural Research Service dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa tubuh manusia mampu menyerap senyawa limonin yang memang memiliki sifat yang sama dengan vitamin C di buah jeruk. Selain mudah di cerna, senyawa ini juga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama di bandingkan senyawa anti karsinogenik yang lainnya.   Di dalam buah jeruk lemon ini juga terdapat zat limonoid atau limonin dalam jumlah besar, dan di ketahui dapat mencegah munculnya sel kanker mulut, kanker paru – paru, kanker payudara, kanker usus, hingga kanker kulit. Jadi apakah Anda masih ragu dengan manfaat dan khasiat dari jeruk lemon ?

  1. Manfaat Jeruk Lemon Untuk Mengatasi Penyakit Scruvy

Mungkn penyakit ini masih jarang Anda dengar, karena penyakit ini memang jarang terjadi pada kebanyakan orang. Scruvy ini sendiri merupakan suatu gangguan yang di alami oleh tubuh ketika kadar vitamin C di dalam tubuh menurun. Beberapa gejala yang sering di tunjukkan adalah anemia, radang gusi, dan lemas. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi jeruk lemon untuk meningkatkan vitamin C di dalam tubuh.   Demikianlah beberapa manfaat jeruk lemon untuk kesehatan. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa membuka situs resmi viptrulum di viptrulum.com agar Anda semakin mengetahui seluk beluk produk Viptrulum dengan bahan dasar jeruk lemon. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *