Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihan

#7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihan

Diposting pada

Rambut yang rontok menjadi salah satu masalah rambut yang sering dialami oleh wanita Indonesia. Penyebab rambut rontok sendiri bervariasi dari karena rambut yang kurang ternutrisi, terkena panas matahari, hingga karena proses kimia.

Lalu bagaimana cara tepat merawat rambut rontok berlebihan agar bisa kembali sehat dan kuat? Berikut caranya.

Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihan

1. Masker Rambut 2 Kali Seminggu

Rambut yang rontok bisa disebabkan oleh akar rambut yang kurang ternutrisi, agar bisa ternutrisi dengan baik maka lakukan masker rambut minimal 2 kali dalam seminggu. Gunakan masker rambut yang memiliki formula khusus untuk rambut rontok.

Rambut yang rontok karena kurangnya nutrisi akan berkurang jika rajin memakai masker rambut.

Setelah memasker rambut, agar nutrisi bisa terserap baik, gunakan handuk hangat untuk menutup rambut selama 10-15 menit. Masker rambut juga bisa dilakukan di salon.

2. Menggunakan Sisir yang Sesuai

Selain karena kulit kepala yang kurang ternutrisi, penyebab lain dari rambut rontok adalah penggunaan sisir yang terlalu rapat sehingga menarik rambut pada akarnya atau mematahkan rambut bercabang.

Bagi yang memiliki rambut rontok, pilihlah sisir khusus rambut rontok yang tidak akan membuat rambut tertarik dan rontok.

Sisir dengan pangkal membulat bisa membantu mengurangi rambut rontok karena rambut yang kusut. Hindari sisir sasak saat menata rambut karena bisa menyebabkan rambut bercabang dan mudah rontok.

3. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya mampu menutrisi rambut sehingga bisa mengurangi rambut rontok. Selain itu, minyak zaitun juga bisa membantu mengurangi rambut bercabang dan melembabkan rambut yang kering. Gunakan minyak zaitun setelah keramas dengan memijat perlahan dibagian kulit kepala.

Lakukan ini setidaknya 2 kali seminggu agar akar rambut tetap kuat dan rambut dapat tumbuh kembali untuk mengganti rambut yang sudah rontok.

4. Menghindari Pemakaian Alat Catok dan Curler

Banyak rambut yang menjadi rusak karena pemakaian alat catok dan juga curler yang berlebihan. Beberapa wanita sangat membutuhkan alat-alat ini karena tuntutan penampilan dalam kerja, namun menggunakan terlalu sering akan merusak rambut dan menyebabkan rambut jadi rontok.

Usahakan untuk tidak menggunakan terlalu sering dan tetap menggunakan vitamin sebelum mencatok dan menggunakan curler agar rambut tetap sehat.

5. Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat akar rambut menjadi rapuh karena tertarik dan menyebabkan rambut rontok.

Hal ini sering terjadi pada wanita yang mengenakan hijab karena harus mengikat rambut seharian. Usahakan agar tidak mengikat rambut terlalu kencang dan berikan waktu agar rambut tergerai bebas.

Gunakan ikat rambut yang tidak terlalu kencang dan jangan mengikat rambut terlalu tinggi agar akar rambut tidak terlalu tertarik karena ikatan ikat rambut.

6. Hindari Smoothing Terlalu Sering

Banyak wanita Indonesia yang mendambakan rambut lurus namun meluruskan rambut dengan proses kimia ternyata meningkatkan resiko rambut rontok dalam jangka panjang. Banyak kasus rambut rontok dalam waktu yang lama karena masalah ini.

Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengekspos rambut melalui proses kimia seperti Smoothing atau rebonding terlalu sering karena dapat membuat rambut rontok.

7. Gunakan Perawatan Khusus Rambut Rontok

Gunakan perawatan khusus rambut rontok mulai dari sampo, kondisioner, vitamin dan juga masker rambut. Perawatan khusus rambut rontok akan membantu mengurangi rambut rontok hingga 70 persen dibandingkan dengan perawatan lain.

Pastikan juga untuk melakukan perawatan secara rutin. Ikuti cara tepat merawat rambut rontok berlebihan di atas untuk hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *