#6 Cara latihan Khusus Bagi Penderita Sakit Punggung

Latihan Khusus Bagi Penderita Sakit Punggung

Latihan Khusus Bagi Penderita Sakit Punggung – Bagi yang pernah mengalami sakit nyeri punggung pasti tidak ingin rasa sakit itu datang lagi.

Maklum rasa sakit yang ditimbulkannya bisa menyebabkan sulit berjalan, sesak nafas dan keluhan lainnya yang seringkali dapat mengganggu dalam beraktifitas sehari-hari..

Banyak yang berpendapat, sakit punggung hanya dialami oleh orang yang tidak suka olah raga, atau jarang melakukan gerak tubuh.

Sebenarnya pendapat ini tidaklah sepenuhnya benar, sebab ternyata atlet seperti pemain sepak bola juga tidak luput dan bisa mengalami cidera sakit punggung.

Untuk itu diperlukan trik latihan yang hanya khusus dilakukan guna mencegah hadirnya sakit nyeri punggung ini. Bagaimana cara latihan tersebut? Berikut ini adalah beberapa Latihan Khusus Bagi Penderita Sakit Punggung yang bisa Anda coba.

  1. Jalan kaki. Dalam sebuah penelitian disebutkan, bahwa olah raga jalan kaki yang dilakukan secara rutin selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko sakit punggung.
  2. Berdiri, lalu kaki membuka dan lutut ditekuk. Kemudian posisikan tangan di atas pinggul di belakang punggung. Lalu dengan posisi tersebut, lekukkan punggung dan kepala kea rah belakang. Tarikan otot yang dirasakan akan membuat punggung makin nyaman.
  3. Berbaring telentang, tekuk lutut dan posisikan telapak kaki menatap tanah. Punggung diratakan dan perut dikencatngkan. Tahan beberapa hitungan, lalu lepaskan. Lakukan beberapa kali secara rutin.
  4. Berbaring dengan lutut ditekuk. Kemudian kencangkan otot perut. Lalu angkat pantat beserta punggung dari lantai smpai membentuk garis lurus. Gunakan kaki sebagai penopang. Tahan dalam posisi tersebut dalam bebrapa hitungan. Lakukan gerakan tersebut secara rutin.
  5. Lakukan posisi tubuh seperti merangkak. Lalu kencatngkan otot perut. Gunakan tangan dan kaki sebagai penopang. Tahan posisi tersebut dalam beberapa hitungan. Dan lepaskan hingga terasa rileks. Lakukan secara rutin.
  6. Masih dalam posisi merangkak. Namun tangan kiri direntangkan ke depan, sedangkan kaki kanan ditarik ke belakang. Tahan dalam beberapa hitungan. Lakukan posisi sebaliknya, yakni kaki kiri ke belakang dan tangan kanan ke depan. Bernafaslah secara rileks dalam melakukan gerakan ini.

Sebenarnya banyak cara yang dapat Anda lakukan. Pada prinsipnya adalah sebisa mungkin meluangkan waktu melakukan olahraga rutin dan berkala dapat mencegah timbulnya rasa nyeri punggung.

Hindari olahraga dapat memicu nyeri punggung anda kambuh atau anda dapat konsultasi dengan instrukstur olahraga ketika melakukan olahraga yang berat.

Namun jika sakit punggung anda sdah terasa mengganggu, silakan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnose penyebabnya agar dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian beberapa Latihan Khusus Bagi Penderita Sakit Punggung yang dapat Anda coba untuk mencegah nyeri punggung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *