4 Cara Menghadirkan Perpustakaan Mini Di Dalam Rumah (Inspirasi Desain Ruangan)

Posted on

Sebuah rumah terasa lengkap dan menarik dengan adanya ruang favorit. Selain ruang keluarga, keberadaan ruang baca di dalam rumah juga menjadi area penting. Terlebih lagi bagi pecinta buku, ruang baca menjadi tempat impian di dalam rumah.
Untuk mewujudkan hal tersebut, terkadang muncul kecemasan tersendiri. Ini karena banyak yang berpikir memerlukan ruang tersendiri sehingga mengeluarkan biaya renovasi penambahan ruangan. Padahal dengan memanfaatkan sedikit ruang sudah cukup untuk menciptakan perpustakaan mini.

  • Menyediakan Ruangan Khusus

Untuk rumah yang cukup besar dan memiliki ruangan lebih, tak ada salahnya dimanfaatkan sebagai ruang baca di rumah. Tentu ini akan menjaga privasi dari keramaian keluarga. Anak-anak juga bisa lebih berkonsentrasi saat membaca.
Ruangan khusus untuk membaca bisa didesain lebih rapi. Rak besar lebih mudah ditempatkan di dalam satu ruangan. Sistem penyimpanan yang tepat akan membantu mencari buku yang hendak dibaca.
Ruangan khusus digunakan sebagai perpustakaan dapat digabungkan dengan ruang kerja. Meja kerja bisa digunakan sekaligus sebagai tempat membaca. Polesan cat tembok berwarna putih atau pastel dapat memberikan ketenangan yang diperlukan saat membaca buku.
Untuk menciptakan kesan santai, perlu menambahkan sofa berukuran kecil dengan konsep pencahayaan dari lampu utama. Jangan lupa menyediakan tangga agar mudah menjangkau buku yang ada di rak bagian atas.
Sebagai penerangan, lampu baca bisa diletakkan di atas meja. Lampu ini bisa nyalakan ketika malam hari ingin membaca buku atau bekerja. Karena tersedia ruang baca sendiri, maka tema desain ruangan bisa dirancang sesuai dengan keinginan.

  • Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Bawah tangga seringkali menjadi bagian rumah yang luput dari pandangan. Banyak orang yang menganggap enteng keberadaan ruang kecil di bawah tangga. Bahkan terkadang dibiarkan hingga berdebu. Sangat disayangkan apabila pemilik rumah memaksimalkan fungsi ruang yang ada.
Meskipun kecil, ruang bawah tangga berguna sebagai tempat menyimpan koleksi buku. Dengan sedikit kreatifitas, area ini bisa disulap menjadi area baca yang menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, ruang ini tidak akan terbengkalai begitu saja.
Perpustakaan mini yang lengkap dengan buku bacaan dapat didesain semenarik mungkin. Tentu saja kenyamanan menjadi faktor utama. Tidak perlu repot-repot menghadirkan perpustakaan yang mewah.
Desain sederhana bisa diciptakan dengan menempatkan rak yang ditempel pada dinding dibawah tangga. Rak terbuat dari papan kayu panjang dengan siku besi sebagai penopangnya. Kemudian buku-buka bisa ditempatkan pad arak tersebut.
Jendela yang ada di dekat ruangan bawah tangga dapat membantu penerangan saat membaca di siang hari. Cahaya alami dari sinar matahari tidak membuat mata cepat letih. Selain itu, keberadaan jendela kaca membawa kesan alami.

  • Memaksimalkan Fungsi Loteng Rumah

Selain bisa dimanfaatkan sebagai kamar, loteng rumah juga cocok diubah menjadi tempat yang nyaman untuk membaca. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan yang membutuhkan ketenangan karena letaknya di bagian atas rumah yang jauh dari keramaian.
Agar menjadi ruang baca yang nyaman, loteng perlu dirancang dengan penuh pertimbangan. Loteng harus memiliki akses sirkulasi udara yang lancar agar tidak menimbulkan hawa pengap dan panas.
Pencahayaan di siang hari menjadi poin penting karena membaca perlu cahaya yang cukup agar tidak merusak mata. Tidak perlu memberi dekorasi yang berlebihan untuk ruang baca di area loteng. Hal tersebut hanya menimbulkan ketidaknyamanan.
Karena tidak terlalu tinggi, rak-rak setinggi pinggang bisa diletakkan mengelilingi dinding. Tempat duduk kecil yang empuk, seperti sofa atau bean bag dapat diletakkan pada tengah ruangan agar terkesan santai.
Penggunaan karpet dengan warna senada dengan cat tembok dapat memberikan kesan luas. Dengan begitu, bisa membaca sambil selonjoran kaki dan bersandar pada rak buku. Pastinya anak-anak akan semakin rajin membaca buku.

  • Dekorasi Pojok Ruangan

Menyediakan arena baca di rumah tidak harus berbentuk ruangan utuh. Sudut ruangan yang tak terpakai bisa dimanfaatkan menjadi arena baca yang menyenangkan. Arena baca di sudut ruangan merupakan ide cerdik untuk memanfaatkan setiap meter ukuran rumah.
Selain menghemat uang untuk renovasi menambah ruangan khusus baca, akses pengambilan buku di sudut ruangan terasa lebih mudah. Buku dapat tersusun rapi pada rak dan meningkatkan konsentrasi. Bisa juga menerapkan rak gantung untuk meletakkan buku.
Pojok ruangan yang berdinding cukup tinggi, bisa menciptakan perpustakaan kecil yang unik di dalam rumah dengan lantai mezanin. Dengan konsep lantai mezanin, tidak perlu melakukan perombakan rumah.
Meski sudut ruangan tidak terlalu besar, mengubahnya menjadi ruang baca terbuka di dalam rumah dapat terkesan luas. Koleksi buku dapat tersimpan dengan rapi dan aman. Anak-anak pasti senang karena dipojok baca ini mereka masih bisa berinteraksi dengan orang rumah.
Ada banyak cara untuk mewujudkan perpustakaan mini di rumah. Keterbatasan ruang bukan lagi menjadi alasan utama menyediakan ruang baca yang nyaman. Memaksimalkan ruangan kosong dengan penataan yang tepat menjadi cara mengatasi keterbatasan ruang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *